Wisata

Berbagai Wisata Pantai di Jayapura yang Wajib Dikunjungi

Kota Jayapura memiliki banyak sekali pantai berpasir putih maupun keemasan yang masih sangat asri. Bagi penikmat suasana relaks di tepi laut, maka pantai-pantai ini bagaikan surga dunia.

Banyak sekali hal yang bisa dinikmati dari pantai-pantai di sekitar Jayapura. Anda bisa berenang, menyelam, menombak ikan, mengamati objek bersejarah, atau sekedar menelusuri pantai sambil menikmati pemandangan alam. Dari semua pantai yang ada, manakah kira-kira yang akan menjadi favorit Anda?

Pantai Asri Dengan Suasana Kota Jayapura

Berbagai pantai yang tak jauh dari pusat Kota Jayapura, biasanya ramai dikunjungi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Cocok sekali bila Anda ingin berlibur bersama keluarga, sambil menikmati suasana Kota Jayapura di tempat wisata tersebut. Berikut ini adalah informasi mengenai berbagai tempat Wisata Pantai di Jayapura.

1. Pantai Hamadi

Pantai Hamadi

Bagi Anda yang juga menyenangi tempat-tempat bersejarah, maka Pantai Hamadi bisa menjadi lokasi yang pas untuk menghabiskan waktu liburan. Pantai ini dahulu bernama Hollandia, dan sempat menjadi basis pusat komando tentara sekutu di bawah pimpinan Jenderal Douglas McArthur, pada tahun 1944.

Sisa bangunan bersejarah berupa reruntuhan benteng pertahanan sepanjang kurang lebih 2 kilometer, menjadi salah satu daya tarik wisata pantai ini.

Pantai Hamadi lokasinya masih dekat dengan pusat kegiatan di Kota Jayapura, sehingga mudah dijangkau wisatawan. Konon pantai ini paling menakjubkan bila dinikmati di kala senja, baik untuk berkegiatan di laut atau sekedar duduk di atas pasir yang berwarna keemasan.

2. Pantai Dok 2

Pantai Dok 2

Pantai ini terletak di Jl. Soa Siu Dok II, tepat di depan Kantor Gubernur Provinsi Papua. Berwisata ke pantai ini cocok apabila bersama keluarga, karena selain aksesnya yang mudah dijangkau, ombak di pantai ini tidak terlalu besar.

Air lautnya tenang serta jernih membuat kita dapat menyaksikan berbagai ikan cantik. Di tepi pantai, Anda bisa bersantai pada tempat duduk panjang yang dikenal dengan sebutan ‘Kupang’. Sambil duduk, Anda bisa menikmati indahnya laut, gunung, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Baca juga: Yuk Intip 13 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik dan Kekinian

Selain itu ada pelabuhan kapal tak jauh dari Pantai Dok 2, sehingga memungkinkan Anda untuk menyaksikan kapal-kapal besar yang sesekali lewat untuk berlabuh. Berbagai lampu kapal yang warna-warni menjadi pemandangan indah untuk disaksikan di malam hari. Pantai ini merupakan lokasi wisata yang ramai, selain oleh pengunjung juga oleh para pedagang  jajanan jalanan.

3. Pantai Base G

Pantai Base G

Nama asli dari pantai ini adalah pantai Tanjung Ria. Namun masyarakat sekitar lebih suka menyebutnya dengan sebutan Base G. Konon, ‘Base G camp’adalah nama yang diberikan oleh tentara sekutu pada masa perang dunia ke dua.

Base G terkenal dengan pemandangannya yang indah, pohon-pohon yang tumbuh di sekitar pantai, pasirnya bersih, hingga air lautnya yang biru. Sangat ideal bagi Anda yang suka beraktivitas di laut seperti menyelam, berperahu atau memancing. Pantai ini terletak kurang lebih 10 kilometer dari Kota Jayapura dan bisa dicapai dalam waktu sekitar 20 menit.

Pantai Cantik Penuh Petualangan

Selain berbagai pantai di pusat Kota Jayapura yang ramai dikunjungi wisatawan dan dipenuhi pedagang makanan serta minuman, ada pula beberapa pantai indah di Jayapura yang lokasinya terpencil.

Perjalanan menuju pantai-pantai ini bisa dibilang cukup menantang atau berbau petualangan. Namun akhirnya Anda bisa merasakan relaksnya bersantai di pantai yang sepi, dengan suasana yang menyatu dengan alam.

1. Pantai Holtekamp

Pantai Holtekamp

Kini kita beralih pada pantai yang agak jauh yaitu sekitar 39 kilometer ke arah tenggara dari pusat Kota Jayapura, yang berada di salah satu sisi Teluk Youtefa. Di pantai Holtekamp ini Anda akan menemui pasir putih yang luas membentang. Pantai yang landai serta ombak yang cukup tenang membuat pantai Holtekamp cocok untuk dijadikan tempat bermain di atas pasir maupun berenang.

Salah satu yang menjadi keunikan Pantai Holtekamp adalah pantai ini berdekatan dengan tiga pantai natural atau yang masih tersembunyi. Akses ke tiga pantai yang masih ‘perawan’ tersebut masih cukup menantang, karena penuh ilalang sehingga belum banyak orang yang mengunjunginya.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Kuningan yang Sedang Hits

Apabila Anda termasuk yang suka berlibur sambil berpetualang, kemungkinan besar keberadaan ketiga pantai terpencil tersebut justru akan menjadi daya tarik tersendiri.

2. Pantai Yakoba

Pantai Yakoba

Pantai ini memiliki pasir putih serta pemandangan yang cantik dan alami. Lokasinya tidak begitu mudah dijangkau, sebab terletak di balik tebing dan perbukitan.

Pantai Yakoba tidak terlalu jauh dari pusat Kota Jayapura, namun karena lokasinya terpencil maka tidak terlalu banyak wisatawan yang berkunjung. Tetapi karena hal tersebut membuat Pantai Yakoba terasa eksklusif dan cukup sepi.

Baca juga: Barang yang Tidak Boleh Dibawa di Bagasi Pesawat

Pantai Yakoba bagaikan harta terpendam bagi siapapun yang menyukai pantai alami dengan pemandangan menakjubkan. Anda akan menemui penduduk lokal yang tinggal di tepi pantai, bahkan bisa belajar menangkap ikan dengan cara tradisional, yaitu dengan menggunakan tombak!

3. Pantai Pasir Dua

Pantai Pasir Dua

Konon disebut Pasir Dua karena ada dua warna pasir yaitu putih dan hitam. Letaknya di Jalan Tanjung Ria Distrik Jayapura Utara, dan lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Jayapura, kurang lebih sekitar 10 km. Namun tempatnya cukup terpencil dan perjalanan menuju ke lokasi pantai cukup menantang, karena dibutuhkan fisik yang baik.

Anda harus berjalan kaki, serta melewati area yang disebut ‘tangga seribu’. Alasan kenapa dinamakan ‘tangga seribu’ karena terdapat banyak sekali anak tangga yang harus ditempuh oleh pengunjung untuk menuju pantai.

Bagi sebagian orang mungkin perjalanan ini bisa jadi cukup melelahkan. Namun bila Anda menyukai tantangan, tentu ini merupakan bagian dari petualangan yang seru. Apalagi bila mendapat reward berupa pemandangan pantai yang luar biasa indah setelah melalui perjalanan panjang.

4. Pantai Pasir 6 Angkasa

Pantai Pasir 6 Angkasa

Letak pantai ini adalah di Jalan Angkasa Raya, Jayapura Utara, Kota Jayapura. Satu lagi pantai di Jayapura yang tak terlalu mudah dicapai, namun memiliki pemandangan yang begitu cantik. Untuk mencapai Pantai Pasir 6 Angkasa, Anda harus melewati jalan tanah yang berbatu.

Selain itu Anda juga harus melewati area hutan serta bukit. Namun, begitu sampai di lokasi pantai dan menyaksikan keindahan alamnya, maka petualangan menantang untuk mencapai lokasi tersebut akan terasa sangat setimpal.

Baca juga: Oleh-Oleh Cirebon yang Khas dan Wajib Anda Bawa Pulang

Pantai ini masih alami, dengan air laut jernih serta ombak yang cukup tinggi. Area Pantai Pasir 6 Angkasa masih sangat bersih. Walaupun begitu para pengunjung harus tetap berhati-hati, sebab terdapat karang dan kerang yang cukup tajam.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close