Wisata

5 Tempat Wisata di Kuningan yang Sedang Hits

Berlibur bersama dengan kerabat atau sahabat memang bisa menjadi cara untuk melepaskan penat karena kegiatan sehari-hari atau menghabiskan waktu luang.

Selama mengisi waktu libur ini sendiri biasanya kita akan mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik. Di Indonesia sendiri banyak sekali daerah yang mempunyai lokasi wisata yang memukau dan mempesona.

Nah, bagi kamu yang tertarik berlibur mungkin bisa mengunjungi daerah Kuningan yang ada di Kota Cirebon. Kota Cirebon sendiri sangatlah strategis, karena bisa dengan mudah dicapai di mana kota ini terletak di jalur alternative antara Provinsi Jawa Tengah dan Kota Bandung. Wisata di Kuningan sangatlah beragam, di mana kamu bisa memilihnya salah satu.

Tips Berwisata ke Kuningan

Ada baiknya sebelum melakukan wisata ke Kuningan, kita mengetahui hal-hal penting apa saja yang perlu dipersiapkan. Tentu saja, dengan mempersiapkan segala hal sebelum berlibur akan membantu menciptakan suasana liburan yang menyenangkan.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kamu lakukan ketika ingin berlibur ke Kabupaten Kuningan, Cirebon:

1. Persiapkan transportasi

Tips pertama yang perlu dipersiapkan ketika mengunjungi Kabupaten Kuningan adalah masalah transportasi. Untuk menuju kota ini, kamu bisa menggunakan dua cara yaitu menaiki kendaraan umum seperti bus dan kereta atau menggunakan mobil pribadi maupun sewa bus pariwisata. Tentu saja kedua transportasi ini dipilih sesuai dengan kenyamanan masing-masing.

Untuk bus sendiri, kamu bisa menggunakan bus yang menuju terminal Kota Cirebon, lalu sambung menggunakan mini bus ke Kuningan.

Sama halnya dengan kereta, kamu bisa turun di Stasiun Cirebon lalu menyambung dengan menggunakn mini bus kea rah Kuningan. Sedangkan untuk mobil pribadi, bisa menggunakan jalur pantura ataupun jalur selatan.

2. Tentukan tujuan lokasi dan menginap di Kuningan

Nah, jika sudah menentukan transportasi yang digunakan maka selanjutnya kamu harus menentukan tujuan lokasi wisata dan tempat menginap.

Dengan mengetahui lokasi tujuan wisata, maka kamu dapat mencari penginapan yang sekiranya strategis untuk mencapai lokasi-lokasi tersebut. Ada baiknya melakukan research terlebih dahulu agar perjalanan wisata ke Kuningan menjadi lebih mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu dalam perjalanan.

Setelah mengetahui tips berwisata di Kuningan, sekarang mari kita lihat objek wisata apa saja yang ada di kota tersebut.

Lokasi Wisata yang Ada di Kuningan

Kota Kuningan sendiri terkenal akan beberapa objek wisata yang hits dan tentu wajib untuk Anda kunjungi. Berikut ini adalah beberapa lokasi wisata yang ada di Kota Kuningan:

1. Situ Cicerem

tempat wisata Situ Cicerem

Lokasi wisata pertama yang sedang hits di Kuningan adalah Situ Cicerem. Situ Cicerem sendiri adalah sebuah telaga yang sangat jernih dan juga dipenuhi oleh ikan mas. Telaga ini sering disamakan dengan Labuan Cermin yang berada di Kalimantan Timur. Lokasi Situ Cicerem adalah diĀ  Desa Kuduela, Kecamatan Persawahan, Kuningan.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bandung

Selama berada di lokasi wisata yang satu ini sendiri kamu dapat menikmati keindahan alam dari cantiknya situ yang dikelilingi pohon, di mana kamu akan merasakan suasana yang tenang dan juga asri. Tidak hanya itu saja, kamu bisa melakukan snorkeling dan bermain bersama ikan yang ada di Situ Cicerem.

2. Telaga Nilem

Tempat wisata Telaga Nilem

Satu lagi telaga yang dekat dengan Situ Cicerem, di mana berlokasi di desa yang sama yaitu Telaga Nilem. Telaga yang satu ini sangatlah cantik dan jernih, di mana kamu bisa melihat ke dasar telaga dari atas air. Kamu akan menikmati pemandangan dasar telaga yang sangat mirip dengan dasar laut, yang tentu saja sangatlah indah.

Telaga Nilem ini sendiri juga sangat mudah untuk dicapai dengan mobil atau mini bus, di mana memang fasilitas yang ada cukup lengkap. Dimulai dari mushola, tempat parkir yang luas dan juga cafeteria. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa melakukan beberapa aktifitas seperti wisata sepeda air atau perahu motor.

3. Curug Ceret Linggarjati

Tempat wisata Curug Ceret Linggarjati

Kuningan memang dikenal sebagai daerah yang masih sangat lestari, salah satunya dalah Curug Ceret Linggarjati. Curug ini adalah sebuah air terjun yang terletak di Balai Taman Nasional Gunung Permai, Linggarjati, Cilimus. Walaupun berada di daerah pegunungan, namun curug ini masih mudah untuk dicapai.

Ketinggian dari Curug Ceret Linggarjati ini sendiri sekitar 5 meter, walaupun tidaklah besar namun air terjun yang satu ini sangatlah indah. Sangat cocok sekali bagi kamu yang memang sangat menyukai alam. Air pada curug ini akan deras jika sedang musim hujan dan alirannya akan kecil jika memang sedang musim kemarau.

4. Bukit Panembongan

Tempat wisata Bukit Panembongan

Wisata di Kuningan yang sedang hits dan wajib kamu kunjungi adalah Bukit Panembongan. Bukit ini sendiri merupakan wisata baru yang cukup menarik perhatian, di mana kamu bisa mendapatkan spot foto cantik yang dapat kamu upload di media sosial. Tempat wisata yang satu ini sangat nyaman dan penuhi dengan pepohonan yang sangat asri, sehingga membuat hati tentaram ketika berada di sini.

Baca juga: Oleh-Oleh Cirebon yang Khas dan Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi Bukit Panembongan ini ada di Desa Tembong, Kecamatan Garangwangi, di mana jika ditempuh dari tengah kota sekitar 6,3 km sedangkan dari Kota Cirebon sekitar 38,3 km. Di bukit ini sendiri terdapat jembatan bambu yang akan mengajakmu untuk melihat keindahan kota dari puncak tinggi. Tentu saja ini menjadi salah satu tempat spot foto yang sangat bagus sekali.

5. Telaga Remis

Tempat Wisata Telaga Remis

Satu lagi wisata alam dan air yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Kuningan, yaitu Telaga Remis. Telaga yang satu ini lokasi berdekatan dengan Telaga Nilem, di mana lokasinya berada di Desa Kuduela, Kecamatan Persawahan, Kuningan. Di lokasi wisata ini sudah terdapat resort dan juga Telaga Remis Park dengan fasilitas lain yang ditujukan untuk para wisatawan yang sedang berkunjung.

Selama berada di Telaga Remis, kamu bisa melakukan beberapa wisata yang menyenangkan, seperti menjelajah telaga dengan menggunakan sepeda air ataupun perahu motor yang mampu menampung 6 orang. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner yang lezat dengan harga yang terjangkau. Kamu juga bisa camping, offroad dan juga tracking.

Nah, itu adalah beberapa tempat wisata di Kuningan yang saat ini sedang hits dan wajib kamu kunjungi. Selain lokasi wisata alam, kamu juga dapat mengunjungi beberapa lokasi lain yang ada. Lokasi di atas sendiri adalah lokasi yang saat ini sering dibicarakan dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Show More

HelloMello

Menulis dengan passion

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close