Properti

7 Inspirasi Warna Cat Dinding Kamar Tidur Yang Menenangkan

Secara psikologis, warna memengaruhi mood dan suasana hati. Ada warna yang dapat menimbulkan semangat ada pula yang dapat menenangkan. Oleh karena itu pilihan warna bisa meningkatkan suasana hati anda. Hal ini sangat penting, terutama dalam dunia penataan interior.

Desain interior mencangkup padu padan semua elemen yang membuat sebuah ruangan terlihat baik. Ada pilihan cat dinding, furniture dan ornamen dekoratif lainnya. Yang paling krusial adalah menetapkan warna cat dinding, karena akan mendominasi isi ruangan dan menentukan semua elemen interior lainnya agar tampilan menjadi serasi.

Baca juga: Inspirasi Desain Interior SD Untuk Murid Tetap Semangat Belajar

Bagaimana Menentukan Warna Cat Dinding Ruangan

Dalam memilih warna cat dinding untuk kamar tidur, setiap orang memiliki warna favorite yang ingin diterapkan pada kamar tidurnya. Kamar tidur merupakan ruangan yang memang diperuntukan untuk pribadi, sehingga, selera pemilik rumah perlu dipertimbangkan.

Untuk memperoleh efek menenangkan dalam kamar tidur tidak selamanya harus berwarna putih ataupun biru, sebab hampir semua warna memiliki pengaruh menenangkan. Warna cat dinding kamar tidur yang menenangkan cenderung berwarna soft dan lembut. Berbagai warna tersebut terkesan halus dan cocok untuk berelaksasi, sehingga saat berada dalam kamar tidur, penghuninya akan merasa santai dan pandangan mata pada kesekeliling ruangan akan terasa nyaman.

Pilihan Warna Cat Dinding Kamar Tidur Yang Menenangkan

Bagi Anda yang merencanakan untuk melakukan cat ulang kamar tidur atau mencari pilihan warna yang memberikan kesan menenangkan, tapi bingung maka coba lihat beberapa inspirasi warna cat tembok berikut ini, karena ternyata banyak pilihan warna cat dinding yang bisa digunakan untuk menciptakan kesan tersebut. Di antaranya adalah:

1. Warna Putih

Warna Cat Dinding Kamar Tidur Yang Menenangkan
sumber bloggersdelight.netdna-ssl.com

Warna netral seperti putih melambangkan kebersihan dan cocok dipadu padangkan dengan warna apa saja. Menata keseluruhan interior dengan dominasi putih selain memberi kesan lega juga menenangkan. Tidak ada perasaan yang lebih relaks dengan berada diruangan yang luas serta tidak penuh sesak.Dengan demikian pemilik kamar bisa dengan santai beristirahat dan melepas kepenatan akibat stress.

Fakta lainnya menyatakan bahwa warna polos putih dipercaya ideal untuk ibu hamil loh, karena warna putih bisa memantulkan cahaya, jadi ruangan lebih terang dan hangat untuk ibu hamil.

Merasa warna putih terlalu “biasa”? Coba warna off white yang lebih beraksen. Gradasi dari warna putih ini tidak secerah warna putih bersih yang justru aplikasinya jadi lembut. Ini salah satu opsi warna cat kamar tidur yang menenangkan dan identik dengan kesan netral.

2. Warna Biru Langit

cat dinding warna biru muda
sumber speedilyearn.club

Nah, kalau warna ini memang populer untuk menciptakan suasana menenangkan. Warna biru muda atau sering disebut juga biru langit mengibaratkan langit yang cerah namun nyaman. Tidak salah dong memilih warna tersebut untuk cat dinding pada kamar tidur. Biru disebut-sebut paling bisa membangun suasana santai dibandingkan warna lain.

Dalam ilmu penataan interior, warna biru langit dipilih untuk hunian yang ingin tetap memberikan tampilan luas namun dengan warna yang lebih lembut. Jadi penghuni rumah akan merasakan kedamaian yang menenangkan. Oleh sebab itu, warna ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk menciptakan ketenangan saat tidur.

3. Warna Abu-abu Muda

Tapi dalam pemilihan warna yang satu ini hindari warna abu-abu mutiara sebab akan memberikan kesan kusam untuk ruangan ruang tidur.

4. Warna Hijau Tosca

warna cat dinding tosca
sumber 7bedroomideas.com

Ada sensasi tentram berada dialam terbuka yang hijau dan teduh. Perasaan itulah yang bisa diaplikasikan kala memilih warna hijau tosca untuk kamar tidur. Bila ditata dengan apik maka bukan suatu hal yang mustahil anda merasa santai dan dapat menikmati berlama-lama dalam kamar tidur, karena suasananya yang begitu nyaman. Hal tersebut disebabkan warna hijau tosca yang lembut dan diaplikasikan diseluruh kamar tidur.

Warna ini memancarkan ketenangan yang sulit ditiru warna lain. Selain itu warna tosca sangat cocok dengan warna cokelat yang merupakan warna umum untuk kebanyakan perabotan. Jadi tampilan akan terlihat sangat harmonis sekali dengan paduan kedua warna tersebut.

5. Warna Dusty Pink

warna cat dinding dusky pink
sumber fiihaamay.com

Jangan langsung antipati dengan warna pink atau merah muda, karena pilihan warna cat dinding tersebut sangatlah menenangkan. Dijamin tidak akan terkesan girly atau terlalu romantis. Warna dusty pink yang lembut bisa memberikan nuansa menenangkan pada kamar tidur anda.

Pilihan tone warna ini jauh lebih sejuk dan memberi perasaan damai ke dalam ruangan. Bahkan, secara interior warna ini bisa dikombinasikan dengan banyak pilihan warna lainnya. Secara psikologis, merah muda yang lebih mengarah ke warna kemerahadapat menciptakan energi positif yang menenangkan.

6. Warna Ungu Lavender

warna cat dinding lavender
sumber i.pinimg.com

Warna ungu tua sering diasosiasikan dengan kemewahan dan kesan elegan. Dengan shade yang lebih lembut seperti lavender maka menjadi pilihan warna yang dapat mendatangkan ketenangan batin. Warna cantik yang terinspirasi dari bunga lavender ini bisa menjadikan kamar tidur yang tenang dan nyaman. Terutama bila seluruh dekorasi interiornya dibuat dengan paduan berbagai warna soft lainnya seperti putih atau biru.

Memutuskan pilihan warna untuk ruangan yang akan memberi kesan tenang juga perlu mempertimbangkan bagaimana warna tersebut saat berada dibawah sinar lampu. Untuk warna ungu lavender saat berpadu dengan lampu yang sedang menyala akan tercipta warna ungu kemerahan yang sangat serasi dengan konsep feminin yang menenangkan.
.

7. Warna Soft Beige

cat dinding warna beige
sumber avatars.mds.yandex.net

Warna alami seperti beige menggambarkan elemen tanah dengan cara yang paling natural. Warna ini sangat cocok digunakan sebagai cat dinding dan memberikan suasana cozy yang maksimal. Selain mudah dipadu padankan dengan elemen interior yang lain, warna cat dinding ini membuat menjadi betah berlama-lama berada dalam ruang kamar. Hal ini karena tampilan interiornya sangat mendukung untuk berelaksasi.

Mendesain kamar tidur dengan warna beige yang dipadukan dengan warna lembut lainnya akan menambah nuansa yang tepat untuk bersantai dan menikmati me time dengan optimal.

Demikianlah beberapa pilihan warna cat dinding kamar tidur yang menenangkan. Sebagai tempat personal untuk bersantai, sepatutnya kamar tidur memiliki warna dinding yang dapat memberikan suasana yang baik, sehingga bisa beristirahat dengan nyaman. Bukan hanya pilihan perabotan empuk, namun pilihan cat dinding pun harus mendapatkan perhatian karena merupakan elemen penting dalam menentukan mood saat berada di kamar tidur.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close