Wisata

Yuk Intip 13 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik dan Kekinian

Bukan rahasia lagi, Indonesia kaya akan beragam tempat wisata yang banyak diminati baik oleh wisatawan domestik maupun asing. Salah satu tempat wisata yang tak pernah sepi pengunjung adalah di daerah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Jika Anda berencana untuk liburan ke Cilacap, pastikan 13  tempat wisata di Cilacap  ini ada di daftar tempat-tempat yang akan Anda kunjungi untuk liburan. Di mana saja tempat wisata tersebut? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Lebih Dekat dengan Kota Cilacap, Jawa Tengah

Tempat Wisata Cilacap

Kota Cilacap berada di perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, namun, tepatnya terletak di Provinsi Jawa Tengah. Jadi, jangan heran jika penduduk Kota Cilacap memiliki 2 budaya, yaitu perpaduan antara budaya Sunda dan Jawa Banyumasan. Terlepas dari budayanya, kota ini memiliki luas kurang lebih 50, 1 km2.

Pada awalnya, Kota Cilacap berbentuk Kota Administratif, namun sejak otonomi daerah berlaku, kota ini berubah menjadi kabupaten. Lokasi Kota Cilacap yang berada tepat di pantai selatan Pulau Jawa membuat pemerintah daerah banyak mengembangkan objek wisata pantai.

Oleh karena itu, tidak heran jika Kota Cilacap terkenal dengan pantainya yang indah. Selain itu, kota Cilacap memiliki pulau yang sangat indah dengan kontur berbatu yaitu Pulau Nusa Kambangan. Tidak hanya itu, masih banyak lagi tempat wisata di Cilacap yang menarik dan wajib dikunjungi.

Rekomendasi 13 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik

Kepopuleran Pulau Nusa Kambangan, membuat wisatawan yang berkunjung ke Cilacap wajib mampir ke pulau tersebut, namun, selain Nusa Kambangan masih banyak lagi tempat wisata yang wajib dikunjungi dan memiliki daya tarik sendiri. Penasaran? Yuk, intip keindahan wisata di Cilacap berikut ini.

1. Pulau Nusa Kambangan

Tempat Wisata di Cilacap Nusa Kambangan

Banyak yang mengakui, Pulau Nusa Kambangan merupakan ikon Kota Cilacap. Pulau yang terkenal dengan tempat penjara bagi narapidana kelas berat ini memang sangat ikonik. Hal tersebut karena pulau ini memiliki daya tarik tersendiri, seperti wisata hutan tropis dan pantai yang sangat indah.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di Pulau Nusa Kambangan, disarankan untuk menggunakan kapal dari dermaga Pulau Teluk Penyu. Adapun waktu tempuh perjalanannya adalah kurang lebih 5 menit.

2. Pantai Teluk Penyu

Tempat Wisata di Cilacap Pantai Teluk Penyu

Selain Nusa Kambangan, ada satu lagi wisata andalan Cilacap yaitu Pantai Teluk Penyu. Pantai ini berada 2 km dari pusat Kota Cilacap. Kabarnya pantai yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri, yaitu panorama senja yang menakjubkan dan merupakan tempat konservasi penyu.

Selain itu, deburan ombak di Pantai Teluk Penyu sangat ganas namun tetap memikat hati pecinta pantai. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati lezatnya kuliner khas Pantai Teluk Penyu dan masih banyak keindahan lainnya, seperti salah satunya posisi pantai yang dikelilingi oleh Pulau Nusa Kambangan.

3. Segara Anakan

Tempat Wisata di Cilacap Segara Anakan

Pastinya Anda akan terpukau dengan pemandangan Segara Anakan. Perlu Anda ketahui, tempat wisata  yang satu ini cukup unik karena merupakan laguna yang memisahkan antara Pulau Nusa Kambangan dengan Pulau Jawa.

Laguna berwarna toska ini memang sangat indah apalagi jika kita melihatnya dari bukit. Selain itu, di Segara Anakan memiliki ekosistem pantai yang unik bahkan ada hutan bakau yang terbentuk secara alami.

4. Curug Penganten

Tempat Wisata di Cilacap Curug Penganten

Tentunya setiap orang senang menikmati sejuknya air yang turun dari ketinggian, seperti berwisata ke Curug Penganten ini. Tempat wisata yang satu ini, terletak di Igir Curug Sawer, Bengbulang, Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bandung

Meskipun tinggi Curug Penganten hanya 20 meter, namun keindahannya begitu menakjubkan. Anda juga dapat melihat indahnya area perkebunan dan hutan pinus di sekitar Curug Penganten. Pastinya liburan Anda akan seru. Selain itu, harga tiket masuk Curug Penganten murah yaitu Rp 5.000,00.

5. Benteng Pendem

Tempat Wisata di Cilacap Benteng Pendem

Selain menikmati indahnya wisata alam saat liburan ke Cilacap, Anda juga dapat menikmati tempat wisata buatan, seperti Benteng Pendem. Benteng ini merupakan benteng peninggalan pemerintah Hindia Belanda. Hal tersebut karena Benteng Pendem dibangun pada tahun 1816.

Pada awalnya, tempat wisata di Cilacap yang satu ini memiliki nama Kustbatterij op de Landtong te Cilacap, kemudian berubah nama menjadi Benteng Pendem karena posisinya tertanam di dalam tanah. Berwisata ke tempat ini dapat menambah pengetahuan sejarah Anda. Jadi, direkomendasikan untuk wajib dikunjungi.

6. Benteng Karang Bolong

Tempat Wisata di Cilacap Benteng Karang Bolong

Jika Anda berwisata ke Pulau Nusa Kambangan, Anda akan rugi jika tidak mampir ke Benteng Karang Bolong. Hal tersebut karena letak benteng ini berada di sebelah paling timur Pulau Nusa kambangan, tepatnya di Pulau Nusa Kambangan, Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan.

Pemandangan di Benteng Karang Bolong ini tak kalah menakjubkan dengan benteng lainnya. Benteng ini berbentuk 1811 model tower.

Perlu diketahui, benteng tersebut berdiri pada tahun 1716 yang terdiri atas: ruang tahanan, barak prajurit, gudang amunisi, gudang logistik, bangunan pengintai, tempat penyimpanan meriam hingga tempat absen para prajurit.

7. Gunung Selok View

Tempat Wisata di Cilacap Gunung Selok View

Sesuai dengan namanya Gunung Selok View, tempat wisata di Cilacap ini menyajikan pemandangan keindahan gunung dan hutan. Tempat wisata ini berada di ketinggian 150 km di atas permukaan laut dengan luas area sebesar 236,7 Ha.

Di Gunung Selok View ini ada tempat yang dianggap keramat oleh penduduk sekitar dan wisatawan, tempat tersebut bernama Jambe Pitu. Nah, jika Anda berwisata ke tempat ini, Anda dapat menikmati indahnya keindahan hutan, hamparan sawah hingga luasnya Samudera Hindia dari atas bukit.

8. Cilacap Kemit Forest

Tempat Wisata di Cilacap Kemit Forest

Tempat wisata  yang satu ini memiliki nama yang unik yaitu Cilacap Kemit Forest. Tempat wisata berbentuk kawasan hutan ini ditumbuhi banyak sekali pohon pinus yang menjulang tinggi dan tertata rapi.

Selain itu, Anda dapat juga dapat menikmati serunya bermain wahana yang dapat memacu adrenalin, seperti: flying fox, ayunan gantung, sepeda udara, swing shaker, paint ball hingga archery dan wahana seru lainnya.

9. Wisata Hutan Payau

Tempat Wisata di Cilacap Hutam Payau

Penasaran dengan sensasi berjalan di jembatan bambu menyusuri laut? Anda dapat mengunjungi Wisata Hutan Payau Mangrove. Wisata hutan mangrove ini tepatnya terletak di desa Karang Talun, Kecamatan Tritih Kulon, Kabupaten Cilacap.

Baca juga: Tempat Makan Murah di Puncak

Saat berwisata ke tempat yang satu ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang memukau, yaitu 10 Ha Hutan Payau Mangrove. Kabarnya wisata Hutan Payau ini didirikan pada tahun 1978 hingga saat tempat wisata tersebut banyak diminati wisatawan.

10. Waduk Kubangkangkung

Tempat Wisata di Cilacap Waduk Kubangkangkung

Pastinya Anda akan takjub jika melihat waduk yang satu ini, yaitu Waduk Kubangkangkung. Waduk yang ini terletak di tengah-tengah hutan pinus dan karet. Kabarnya Waduk Kubangkangkung tidak pernah kering meskipun di Cilacap mengalami musim kemarau yang berkepanjangan.

Sejak dikembangkan sebagai tempat wisata oleh pemerintah daerah Cilacap, Waduk Kubangkangkung dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas. Adapun fasilitas tersebut, antara lain: kano, perahu, taman dinosaurus, flying fox, fasilitas outbond, tempat refleksi kaki dengan media ikan hingga wisata kuliner khas Kubangkangkung.

11. Taman Tali Asmoro

Tempat Wisata di Cilacap Taman Tali Asmoro

Jika Anda berencana liburan ke tempat wisata yang instagramable, Anda dapat wisata ke Taman Tali Asmoro yang ada di Desa Pagubugan, Kecamatan Binangun, Cilacap ini.

Di taman ini, Anda akan menemukan spot foto yang bagus dan menarik pas banget untuk dipamerkan di akun media sosial Anda.Hal tersebut karena di Taman Tali Asmoro ini banyak ditumbuhi bunga aneka warna seperti taman bunga yang ada di luar negeri.

Memang sejak Taman Tali Asmoro ini dibuka pada tanggal 8 Oktober 2018 lalu, banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke tempat ini meskipun sekedar berfoto ria.

12. Waterpark Tirta Mas

Tempat Wisata di Cilacap Waterpark Tirta Mas

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan bermain air, Anda dapat berwisata ke Waterpark Tirta Mas di Jalan Ranjani, Sidanegara, Cilacap Tengah. Waterpark ini menyediakan kolam renang khusus anak kecil, kolam renang sedang untuk anak remaja dan kolam renang khusus orang dewasa.

Baca juga: Oleh-Oleh Cirebon yang Khas dan Wajib Anda Bawa Pulang

Selain 3 kolam renang, Waterpark Tirta Mas juga menyediakan wahana bermain untuk anak-anak dan area khusus untuk tempat bersantai ria bersama keluarga. Pastinya liburan Anda bersama keluarga akan seru.

13. Pemandian Air Panas Cipari

Tempat Wisata di Cilacap Air Panas Cipari

Menikmati liburan dengan berendam di pemandian air panas memang sangat menyenangkan. Apalagi jika dilakukan di tempat wisata seperti pemandian air panas yang terletak di Desa Cipari, Kecamatan Cipari, Cilacap, Jawa Tengah.

Pemandian air panas Cipari ini cukup direkomendasikan karena tempatnya yang nyaman dan sejuk membuat wisatawan betah berlama-lama berendam di air hangat. Selain itu, harga tiket masuk pemandian ini terjangkau, yaitu sekitar Rp 5.000,00 per orang.

Nah, bagaimana menurut Anda tempat wisata di Cilacap tersebut? Apakah termasuk dalam daftar rencana liburan Anda? Pastikan memilih tempat wisata yang cocok dengan hati Anda supaya Anda dapat menikmatinya dengan sepenuh hati.

Show More

Riza Dwi Aningtyas

Seorang jobseeker yang mencoba keberuntungan dengan menulis

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close