Tips & Trik

Struktur Penulisan Artikel yang Benar

Artikel merupakan suatu bentuk karya tulis yang sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Pengertian artikel sendiri sangatlah beragam. The contemporary english mengatakan bahwa yang dimaksud artikel adalah karangan dalam majalah, surat kabar maupun buku. Webter’s dictionary mengatakan bahwa artikel adalah komposisi atau susunan tulisan dalam jurnal, surat kabar dan media. Sedangkan dalam the advanced learner dictionary of current english mengatakan bahwa artikel adalah susunan tulisan lengkap mengenai masalah tertentu dalam surat kabar, majalah, dan media lainnya.

Dalam penulisan yang dibuat jasa penulis artikel (biasanya), artikel memiliki struktur yang harus ada dalam badan artikel.

Struktur Penulisan artikel

1. Judul

Setiap artikel harus memiliki judul sebagai gambaran dari isi artikel. Judul harus mewakili topik yang ingin disampaikan dalam artikel. Selain itu penulisan judul juga harus sesuai dengan kaidah EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) karena judul merupakan cerminan dari badan artikel. Jika penulisan judul saja sudah salah, maka pembaca akan ragu untuk membaca isi artikel.

2. Pengantar

Dalam struktur penulisan artikel, pengantar bertujuan untuk membuka masalah yang ingin dibahas dan mengantarkan pemahaman pembaca pada topik apa yang ada dalam artikel. Usahakan dalam pengantar, pakailah bahasa yang tidak membuat pembaca pergi, bisa dengan rayuan maupun pertanyaan yang membuat pembaca penasaran untuk kemudian melanjutkan membaca artikel Anda.

3. Isi

Isi merupakan bagian utama dalam badan artikel. Di dalam isi, Anda harus menyampaikan semua topik yang ingin Anda sampaikan. Usahakan menyampaikan dengan detail dan tersusun sehingga pembaca bertahan membaca artikel Anda sampai penutup.

4. Penutup

Penutup merupakan struktur penulisan artikel pada bagian terakhir yang berisi kesimpulan dari apa yang Anda sampaikan, bisa juga Anda tawarkan solusi untuk jenis-jenis artikel tertentu.

Selain struktur penulisan artikel,  dalam penulisannya artikel juga menggunakan pola-pola tertentu agar isi dalam artikel dapat tersampaikan dengan baik.

 

Pola Penulisan Artikel

Pola Penulisan Artikel

Pola penulisan artikel dirumuskan berdasarkan banyak acuan. Salah satunya adalah berdasarkan tingkat kesabaran pembaca:

1. OCAR

OCAR (Opening, challenge, Action dan resolution) menggambarkan pola artikel yang mengandung pembukaan, tantangan, aksi dan penyelesaian. Pola ini cocok dikonsumsi oleh pembaca yang sabar. Pola ini biasanya diterapkan pada jenis tulisan fiksi seperti novel, cerpen, cerbung maupun jenis artikel ilmiah.

2. ABDCE

ABDCE (Action, background, development, climax dan ending) menggambarkan pola artikel yang mengandung aksi, latar belakang, pengembangan, klimaks dan akhir. Pola ini cocok untuk pembaca yang tidak sabar. Biasanya pola ini cocok untuk jenis artikel seperti proposal. Penulisan artikel jenis ini ditulis dengan langsung menggabungkan opening dan action, sehingga pembaca langsung mengetahui maksud dari tulisan tersebut.

3. LDR

LDR (lead/development dan resolution) menggambarkan pola artikel langsung menyasar pada masalah dan pengembangan masalah kemudian berakhir di solusi yang ditawarkan. Pola ini biasanya dikonsumsi oleh pembaca yang lebih tidak sabar dibanding pembaca ABDCE. Jenis artikel yang cocok untuk pola ini adalah berita yang ditulis oleh wartawan majalah.

4. LD

LD (lead/development) menggambarkan pola penulisan artikel yang hanya berisi masalah dan pengembangannya saja. Pembaca artikel ini adalah pembaca yang super sibuk dan tulisan dengan pola seperti ini biasanya ditulis oleh wartawan berita surat kabar. Dalam menulis artikel jenis ini, penulis harus rela mengorbankan akhir dari artikel baik berupa solusi maupun tawaran lain karena pada dasarnya pembaca tidak membutuhkan akhir, pembaca hanya butuh mengetahui masalah apa yang sedang terjadi.

Dengan mengikuti struktur penulisan artikel beserta pola nya Anda tidak akan kesulitan dalam menulis artikel selama Anda masih mempertahankan ide kreatif dalam otak Anda.

Show More

Juragan

Portal Informasi Terbaru dan Kumpulan Kolega Bisnis Online Terpercaya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close