Bisnis Online

7 Startup di Indonesia Terbaik dan Terpopuler 2019

Menjadi wiraswasta bukan sebuah predikat yang popular di Indonesia. Sedangkan Pegawai di pemerintahan atau karyawan perusahaan adalah cita-cita kebanyakan masyarakat usia produktif saat ini. Hanya sedikit yang berusaha mengadu nasib menjadi wirausahawan dan membangun usahanya sendiri serta bisa berkembang dengan mantap. Hal tersebut perlahan kini sudah mulai berubah.

Kini dunia bisnis di Indonesia kian ramai. Trend yang sedang terjadi adalah melirik pemanfaatan internet dalam membangun berbagai usaha. Semakin banyak orang yang memakai media sosial dan memanfaatkan dunia maya dalam menyokong usahanya. Kemudian bermunculanlah perusahaan startup diberbagai lini usaha di Indonesia.

Menggeliatnya Usaha Startup di Indonesia

Perusahaan apakah yang bisa dianggap sebagai usaha startup? Yaitu berbagai perusahaan yang baru merintis dan masih dalam pengembangan. Biasanya mereka tidak ada sangkut pautnya dengan perusahaan besar dan bukan anak cabang mega Industri. Namun jangan salah tidak sembarangan usaha dikatakan sebagai startup. Hanya yang berhasil mengawinkan bidang usahanya dengan bidang pengembangan website, teknologi, dan internet yang masuk dalam kategori startup.

Ciri dari sebuah startup di Indonesia adalah perusahaan yang masih terbilang muda, kurang lebih sekitar 3-5 tahun, memiliki karyawan kurang dari 20 orang dan kemungkinan berjalan secara online dan belum memiliki kantor permanen yang besar. Namun, keberadaannya mampu memberikan dampak besar bagi khalayak luas. Di informasi kali ini akan menyajikan beberapa contoh perusahaan startup yang ada di Indonesia. Simak ulasannya sebagai berikut :

Berbagai Startup di Indonesia Terpopuler

Lalu apa saja contohnya perusahaan yang tergolong sebagai startup yang terkenal di Indonesia?

Startup bisa dikatakan populer jika memiliki pengguna yang banyak dan tentu paling penting adalah dikenal masyarakat serta diminati investor. Ketika sebuah perusahaan startup menunjukan tanda kesuksesannya, ada saja perusahaan asing yang menanamkan modal sehingga menambah nilai jual perusahaan startup tersebut.

Jangan salah berbagai startup di Indonesia kini sudah mulai mendunia dan bahkan ada yang membuka cabang diluar negeri. Tentu ini adalah hal yang membanggakan bagi Indonesia. Berikut adalah beberapa startup di Indonesia yang paling popular yang wajib kamu ketahui.

1. Traveloka

7 Startup di Indonesia Terbaik dan terpopuler 2-19 - traveloka
Sumber: perfectoutdoormedia.com

Kalau suka jalan-jalan dan mantengin tiket murah, pasti tidak akan asing dengan aplikasi ini. Traveloka sukses mendominasi bidang travel dan berbagai akomodasi perjalanan. Bahkan kini Travloka menggandeng Expedia dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi para pelangganya.

Jadi jangan heran kalau perusahaan yang diprakarsai oleh Albert Zhang, Ferry Unardi, dan Derianto Kusuma, merupakan pentolan startup di Indonesia. Kini ketika membuka aplikasi Traveloka Anda dapat dengan mudah untuk memesan tiket perjalanan, booking hotel, mencari tempat makan sampai pesan tiket bioskop. Bahkan dikabarkan Negara Arab Saudi akan menggandeng Traveloka untuk layanan perjalanan umroh. Wah luar biasa sekali ya startup yang satu ini ya!

2. Gojek

7 Startup di Indonesia Terbaik dan Terpopuler 2019 - gojek
Sumber: jobs9.org

Nah, kalau nama aplikasi playstore yang satu ini tentu tidak asing lagi yaitu GOJEK, apalagi bagi kamu yang bertempat tinggal didaerah perkotaan padat, tentu sering menggunakan layanan aplikasi tersebut. Keberadaan GOJEK telah membuka banyak peluang pekerjaan dan juga membantu masyarakat yang membutuhkan jasa transportasi atau lebih tepatnya jasa antar. Pengaruh adanya aplikasi tersebut di Indonesia sangatlah fantastis, sampai pendirinya dipersunting menjadi salah satu Menteri Indonesia pada tahun 2019.

Usaha rintisan Nadiem Makariem memantapkan posisinya sebagai perusahaan terbaik di Indonesia dengan nilai pendapatan lebih dari 10 miliar dolar US. Hal tersebut membuat GOJEK sebagai startup tersukses serta terpopuler di Indonesia.

Selain memberikan layanan atau jasa transportasi, GOJEK kini sudah merambah pada bidang lain, seperti pengantar makanan, dokumen, membersihkan rumah dan aneka layanan lainnya yang tentu saja membuat para pelanggan aplikasi tersebut semakin senang dan bertambah peminat penggunanya.

.

3. Bukalapak

7 Startup di Indonesia Terbaik dan Terpopuler 2019 - bukalapak
Sumber: getapk.ooo

Kalau membahas tentang startup terpopuler yang memberikan pelayanan berupa shopping dan internet maka Bukalapak jawabanya. Aplikasi belanja online yang satu ini telah melayani berbagai transaksi sejak tahun 2010 silam. Startup di Indonesia Bukalapak banyak dilirik oleh berbagai pihak yang berani mengucurkan dana besar demi bekerja sama dengan mereka. Itu berarti para pendiri aplikasi tersebut yaitu Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid sukses membawa nama Bukalapak sebagai salah satu perusahaan startup di Indonesia yang berhasil.

Baca juga: 3 Situs Belanja Online Terbaik Saat ini

Bahkan berbagai perusahaan besar di luar negeri seperti Emtek Grup, 500 Startup dan Shinhan GIB telah mengenal dengan baik aplikasi Bukalapak. Sangat mengagumkan bukan?

4. Kredivo

7 Startup di Indonesia Terbaik dan Terpopuler 2019 - kredivo
Sumber: pngkey.com

Nah startup yang satu ini termasuk pioneer dalam hal memberikan solusi untuk masalah keuangan. Kredivo adalah startup di Indonesia dengan solusi kredit instan yang memudahkan orang untuk mendapatkan pinjaman secara online.

Psst, jadi tidak ada yang tahu kalau kita ambil pinjaman atau kredit. Lebih enak kan?

Bagi yang membutuhkan pinjaman secara cepat tentu Kredivo menjadi jawabnya. Aplikasi ini dapat dapat diunduh dengan mudah di Google playstore. Semua pinjaman dalam kurun waktu wajar tanpa adanya tambahan bunga, tetapi tentu terdapat syarat dan tata cara yang perlu dipenuhi.

5. OVO

7 startup di Indonesia Terbaik dan terpopuler 2019 - ovo
Sumber: lh3.googleusercontent.com

Tidak banyak yang tahu bahwa layanan pembayaran elektronik ini adalah hasil garapan Lippo Group. Dengan back up perusahaan besar, maka bukan suatu hal yang mengherankan kalau OVO begitu cepat berkembang sebagai salah satu startup di Indonesia dikala persaingan yang semakin ketat saat ini.

Menkominfo Rudiantara menyebutkan bahwa OVO sudah menjadi salah satu startup asal Indonesia yang memiliki value tinggi. Dengan banyaknya kolaborasi dan kerja sama yang dilakukan oleh aplikasi playstore yang satu ini membuat orang banyak memilihnya sebab dengan begitu berarti terdapat lebih banyak bentuk pelayanan yang ditawarkan.

6. Tokopedia

7 startup di Indonesia Terbaik dan Terpopuler 2019, tokopedia
Sumber: forediku.id

Kalau startup yang satu ini memfokuskan diri untuk menjalin kerja sama dengan berbagai toko offline dan juga online. Tokopedia menjadi startup terbesar kedua di Indonesia dengan banyak pengguna serta toko yang bekerja sama dengan mereka. Startup ini juga mendapatkan sokongan dana dari Alibaba. Dapat dikatakan bahwa William Tanuwijaya dan Leontinus membangun Tokopedia dan sukses.

Dengan berbagai pencapaian Tokopedia maka bukan suatu mustahil kalau platform ini dapat terus berkembang dan menginspirasi banyak pengusaha lainnya. Aplikasi belanja online ini memiliki misi khusus yaitu “pemerataan ekonomi secara digital”.

Baca juga: Tips Membuat Nama Keberuntungan untuk Usaha

7. Akulaku

7 Startup di Indonesia Terbaik dan Terpopuler 2019, akulaku
Sumber: 1.bp.blogspot.com

Gebrakan layanan dompet digital ini merupakan opsi menggiurkan dibandingkan harus berurusan dengan bank atau membuat kartu kredit. Pengguna dapat membeli barang dengan aplikasi Akulaku dan membayarnya dengan cara mencicil. Berselang 2 tahun pengguna Akulaku sudah menggeludak sampai 2 juta orang Indonesia yang memohon pinjaman melalui platform ini.

Apakah sepak terjalnya hanya sampai situ saja?

Akulaku juga telah berencana membuka cabang di negara lain dan menerapkan aplikasi yang sama. Negara yang dituju adalah Filipina dan Vietnam. Bila diperhatikan dengan seksama, masih banyak inovasi lain yang belum dilakukan semua oleh William Li dan Gordon Hu sebagai founder Akulaku.

Dari semua perusahaan startup di Indonesia yang sudah disebutkan tadi, ada beberapa yang sudah mencapai posisi unicorn yakni mencapai omzet sampai 10 miliar dollar USA, sementara perusahaan lainya berada tidak jauh dibelakang. Dengan ide yang original serta bisa menarik minat para penanam modal, baik dari dalam negeri maupun perusahaan asing maka akan menambah valuasi dari sebuah startup.

Selain tujuh startup yang sudah disebutkan tadi, ada lebih dari 20 perusahaan startup lainnya yang kini semakin dikenal di Indonesia serta digunakan oleh orang banyak. Hal ini terlihat dari dukungan negara serta kemampuan perusahaan untuk memaksimalkan internet dan mempromosikan perusahaannya.

Apakah Anda berminat membuat startup sendiri? Kesempatannya terbuka luas loh. Yu mari dipikirkan dan mulai beraksi!

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close