Tips & Trik

Cara Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil Agar Tetap Cantik

Kehamilan merupakan masa yang indah dan berkesan dalam kehidupan seorang wanita setelah pernikahan. Sayangnya, bagi banyak wanita masa kehamilan tersebut bukan masa yang ‘mudah’ untuk dilewati. Berbagai perubahan pada penampilan termasuk kondisi kulit wajah, kadang kala membuat wanita kecewa sehingga mengurangi rasa percaya diri.

Permasalahan Pada Kulit Ibu Hamil

perawatan wajah untuk ibu hamil
Source via thread.zalora.co.id

Wanita hamil akan mengalami perubahan yang signifikan pada hormon tubuhnya. Secara cepat dan drastis hormon estrogen dan progesterone akan meningkat. Tentu hal ini akan mengakibatkan berbagai perubahan dalam tubuh sang ibu, mulai dari mood atau suasana hati yang tak menentu hingga berbagai perubahan pada fisik.

Perubahan pada kulit wajah cukup umum dialami ibu hamil, dan sayangnya sangat mengganggu penampilan sehingga perawatan wajah untuk ibu hamil perlu dilakukan. Nah, perubahan apa sajakah yang bisa terlihat pada kulit wajah seorang ibu hamil?

  1. Jerawat. Jangan kaget bila kulit wajah yang tadinya mulus dan halus tiba-tiba jadi bermunculan jerawat di mana-mana. Belum tentu karena sang ibu menjadi malas membersihkan wajah, tapi perubahan hormon dalam tubuh memang menjadi biang keroknya.  Hormon progesteron yang meningkat drastis mengakibatkan semakin banyak produksi sebum atau minyak di wajah. Hal ini tentu berpotensi timbulnya jerawat pada wajah ibu hamil.
  2. Kulit menggelap atau kehitaman (chloasma). Salah satu hormon yang produksinya meningkat selama kehamilan adalah hormon yang menghasilkan melanosit (sel kulit penghasil pigmen). Dengan demikian banyak ibu hamil yang mengalami penggelapan dan bahkan bercak kehitaman pada wajah.
  3. Kulit menjadi lebih sensitif. Fluktuasi hormon membuat kulit ibu hamil menjadi lebih sensitif. Berbagai macam kondisi kulit bisa terjadi karena sensitivitas yang meningkat pada waktu hamil, diantaranya kulit yang menjadi gatal dan memerah.

Baca juga: Tak Perlu Perawatan Mahal, Inilah 5 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya yang Sangat Ampuh!!

Perawatan Wajah Untuk Ibu Hamil Yang Tepat Sekaligus Aman

Saat hamil, tidak sembarangan obat boleh dikonsumsi oleh sang ibu. Demikian juga, ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih produk untuk wajah, baik itu produk perawatan maupun kosmetik. Sebab selain kulit ibu hamil cenderung lebih sensitif selama masa kehamilan, calon ibu harus selalu menghindari bahan-bahan kimia yang bisa berpengaruh negatif terhadap tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Produk untuk kulit yang secara umum tidak diperbolehkan untuk wanita hamil adalah yang mengandung accutane, retinol, tretinoin dan hydroquinone. Ada baiknya bila berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, sebelum menggunakan obat jerawat atau produk-produk skin care lainnya agar yakin bahwa kandungan dalam produk tersebut aman baik bagi kulit ibu maupun bagi bayi.

Bukan hanya berhati-hati dalam menggunakan produk skin care, melakukan perawatan wajah pun tak boleh sembarangan, loh. Oleh karenanya kunjungan rutin ke salon kecantikan mungkin perlu dievaluasi terlebih dahulu agar tidak melakukan berbagai treatment yang tidak baik untuk janin.

Ibu yang sedang mengandung sebaiknya menghindari melakukan treatment yang menggunakan arus listrik, melakukan pengelupasan kulit wajah secara kimiawi, dermabrasi serta operasi plastik.

Berikut ini adalah perawatan wajah untuk ibu hamil yang dapat dilakukan sehari-hari agar kulit tetap glowing, mulus dan cantik.

bersihkan wajah
Source via bilkulonline.com

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Saat hamil memang kadang terasa malas untuk melakukan perawatan wajah rutin. Selain mood yang sering tak menentu, tubuh mengalami banyak perubahan yang menyebabkan ibu merasa tak nyaman seharian.

Namun sebaiknya perawatan rutin yang simpel seperti mencuci wajah setiap hari, jangan sampai ditinggalkan. Sebab produksi minyak yang berlebih pada waktu hamil membuat wajah rentan berjerawat. Sempatkan untuk mencuci muka menggunakan sabun wajah yang aman.

Namun juga jangan mencuci wajah terlalu sering dalam satu hari, sebab sabun yang berlebihan mengenai kulit malah bisa membuat kulit wajah menjadi kusam.

Apabila habis menggunakan make up, membersihkan wajah dengan sabun saja tidak cukup. Lakukan double cleansing dengan mengangkat make up terlebih dahulu menggunakan produk oil based atau yang berbahan dasar minyak, sebelum mencuci wajah dengan sabun dan air.

Calon ibu bisa menggunakan virgin coconut oil untuk pengangkat make up, karena selain merupakan produk natural, VCO juga dapat melembabkan kulit sekaligus membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

2. Melembabkan Wajah

Salah satu perawatan wajah untuk ibu hamil yang mungkin suka dilewatkan adalah melembabkan wajah. Mungkin ibu hamil takut memberi pelembab pada wajahnya karena merasa produksi minyak yang berlebih akan membuat wajah terasa semakin berminyak.

Tentu kulit tetap butuh diberi pelembab agar sehat, dan Anda bisa memilih pelembab yang aman dan ringan. Penggunaan serum wajah yang ringan bisa dijadikan alternatif sebagai pelembab. Banyak pilihan serum yang ada di pasaran, yang penting pastikan untuk memilih produk yang aman kandungannya.

Baca juga: Tutorial Make Up Natural Super Gampang yang Sangat Rekomended

3. Lindungi dari Sinar Matahari

Kulit ibu hamil cenderung menggelap dan lebih mudah terbakar bila terpapar sinar matahari. Oleh karena itu penggunaan tabir surya sangat penting di kala hamil. Selalu gunakan tabir surya setiap kali bepergian di siang hari.

4. Sesekali, Gunakan Masker

Penggunaan bahan-bahan yang alami untuk masker juga merupakan perawatan wajah untuk ibu hamil yang dapat dilakukan agar kulit senantiasa sehat. Bahan-bahan dasar untuk masker yang alami dan bernutrisi dapat dibuat sendiri di rumah. Proses pembuatannya simpel dan berbagai bahan mudah ditemukan di lemari pendingin atau lemari dapur.

  • Telur dan jeruk nipis. Campurkan air perasan satu buah jeruk nipis dengan putih telur. Oles merata ke seluruh wajah lalu biarkan sampai kurang lebih 20 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat. Masker ini akan membuat kulit wajah menjadi lebih cerah.
  • Madu murni. Oleskan madu murni langsung pada kulit, dan kemudian pijat area wajah dengan lembut. Biarkan masker menempel di wajah selama kurang lebih 15-20 menit dan kemudian dibilas dengan air dingin. Banyak kegunaan madu untuk kulit, diantaranya mencerahkan dan menyamarkan noda bekas jerawat.
  • Tomat dan jeruk nipis. Blender tomat hingga halus, lalu kemudian campur dengan perasan jeruk nipis. Oleskan lalu diamkan masker pada wajah selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air dingin. Khasiat tomat antara lain menyerap minyak berlebih pada wajah serta mencegah jerawat.
perawatan wajah ibu hamil
Source via dermcollective.com

5. Konsumsi Banyak Sayur dan Berbagai Buah Segar

Menjaga keindahan kulit tidak hanya melalui berbagai produk yang dipakai dari luar saja. Apa yang kita konsumsi sehari-hari juga akan berpengaruh terhadap penampilan kulit kita. Itu sebabnya selalu konsumsi makanan yang sehat dan segar.

Apalagi untuk ibu yang sedang hamil, apa pun yang dikonsumsi harus diperhatikan kandungan nutrisinya sehingga tidak hanya baik kesehatan serta kecantikan sang ibu sendiri, namun juga bagi sang jabang bayi. Jangan lupa untuk banyak minum air putih karena akan sangat membantu kesehatan kulit.

Selain itu banyak mengonsumsi sayur dan buah yang kaya serat akan membantu kesehatan kulit dari dalam, sehingga terlihat sehat bersinar.

konsumsi sayur dan buah
Source via rollercoaster.ie

Merawat Kulit Wajah Dengan Bantuan Profesional

perawatan wajah
Source via pnglot.com

Kondisi kulit wanita saat kehamilan akan mengalami perubahan. Namun bukan berarti setiap orang akan mendapatkan perubahan dan kondisi yang persis sama. Demikian juga permasalahan di seputar kulit wajah yang dialami setiap ibu hamil tentu juga berbeda-beda.

Selain melakukan perawatan wajah untuk ibu hamil yang sifatnya umum dan rutin, mungkin beberapa orang membutuhkan treatment khusus sesuai kebutuhan pada kulit mereka.

Karena ibu hamil tidak bisa sembarangan  menggunakan berbagai obat kulit yang dipasarkan secara bebas, maka sebaiknya berkonsultasi dahulu ke dokter sebelum membeli berbagai produk tersebut. Sebab dengan berkonsultasi kepada dokter yang sudah ahli pada bidangnya maka keamanan pada berbagai produk yang akan Anda beli lebih terjamin.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close