Tips & Trik

Kenali Penyebab Bau Tidak Sedap Pada Miss V dan Cara Mengatasinya

Menjaga kesehatan organ intim sangatlah penting bagi kita semua, terutama wanita yang tentu saja harus menjaga kesehatan vagina. Akan tetapi banyak sekali masalah yang sering terjadi pada organ intim wanita ini, yaitu miss V bau yang tentu saja sangat mengganggu. Apalagi bagi yang sudah berpasangan, tentu saja masalah kewanitaan tersebut dapat membuat rasa minder kepada suami.

Nah, bagi Anda yang ingin mengatasi bau tak sedap pada bagian intim ini, hal pertama yang perlu diketahui adalah penyebabnya. Karena setiap penyebab dari bau tidak sedap pada vagina akan memerlukan cara pengobatan yang berbeda-beda. Dalam artikel ini sendiri akan kita bahas penyebab bau menyengat pada miss V dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Miss V Mengeluarkan Bau Tidak Sedap dan Cara Mengatasinya

Vagina memang mempunyai aroma alami tersendiri, di mana aroma yang normal sama sekali tidak mengganggu. Bau yang tidak sedap pada vagina seperti bau amis atau bau busuk. Nah, di bawah ini ada beberapa penyebab kenapa miss V bisa bau dan juga cara mengatasinya:

1. Bakteri

penyebab bau pada miss v

Penyebab pertama miss V bau tidak sedap adalah karena bakteri. Vaginosis bakterialis adalah salah satu kondisi di mana vagina mengalami infeksi dikarenakan bakteri yang ada pada organ ini tidak seimbang. Pada dasarnya bakteri tersebut berfungsi agar bisa melindungi organ intim dari bakteri jahat.

Namun, ketika kamu mengalami vaginosis bakterialis maka bakteri baik berkurang dari jumlah normal. Sehingga bakteri jahat pun masuk dan menyebabkan infeksi. Inilah alasan vagina menjadi bau tidak sedap.

Untuk mengatasi bau tersebut pada miss V yang disebabkan oleh bakteri tersebut, ada baiknya langsung periksa ke dokter ahli. Dokter akan memberikan obat antibiotik dalam bentuk cream dan diminum. Perlu diingat, jangan menghentikan pengobatan ditengah-tengah.

2. Salah pemilihan celana dalam

penyebab bau tak sedap pada miss v

Penyebab selanjutnya kenapa vagina beraroma tidak sedap adalah dari kesalahan pemilihan celana dalam. Di mana kesalahan ini bisa jadi dari bahan ataupun ukurannya. Pemilihan celana dalam yang terlalu ketat dan juga bahan yang tidak menyerap keringat, dapat membuat bagian organ intim wanita menjadi lembab.

Nah, bagian intim yang terlalu lembab inilah yang akan menyebabkan pertumbuhan bakteri semakin banyak. Bakteri yang terlalu banyak akan membuat bau area vagina menjadi kecut dan tentu tidak sedap.

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya kamu memilih celana dalam yang cocok ukurannya dan menggunakan bahan yang menyerap keringat seperti katun.

3. Jarang membersihkan miss V

penyebab bau amis pada miss v

Kebersihan adalah pangkal kesehatan, tentu saja pepatah tersebut juga berlaku untuk kesehatan organ intimmu. Jarang membersihkan miss V merupakan salah satu penyebab yang paling utama munculnya aroma tidak sedap pada area tersebut. Tentu saja ketika jarang membersihkan area kewanitaan kamu, sudah dapat dipastikan bakteri jahat dan kuman akan bersarang.

Baca juga: Cara Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil Agar Tetap Cantik

Maka dari pada itu, ada baiknya kamu selalu membersihkan organ intimmu dengan baik dan benar sehabis buang air kecil, buang air besar ataupun saat mandi. Kamu dapat menggunakan sabun khusus untuk membersihkan area tersebut. Sabun harus sudah terbukti aman dan juga tidak beraroma. Dapat juga membersihkan menggunakan bahan alami seperti air rebusan daun sirih.

4. Ketika haid tidak sering mengganti pembalut

penyebab miss v bau

Haid atau menstruasi adalah hal yang dirasakan hampir semua wanita, dan kondisi ini akan dialami minimal sebulan sekali. Ketika sedang menstruasi, tentu saja menggunakan pembalut untuk menampung darah haid.

Pada saat kondisi inilah kamu harus memerhatikan kebersihan organ intim. Pada saat haid akan ada aroma yang tidak sedap. Maka, sudah dipastikan ketika kamu tidak mengganti pembalut sesering mungkin pada saat haid dapat menimbulkan bau semakin tidak enak.

5. Trichomoniasis

apa penyebab miss v bau

Trichomoniasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit yang bernama trichomonas vaginalis. Parasit yang satu ini menyebabkan infeksi yang membuat vagina memiliki aroma asam yang sangat tajam.

Baca juga: Celana Tak Muat Lagi? Berikut Olahraga Mengecilkan Perut Yang Efektif

Untuk masalah yang tersebut hanya bisa diatasi secara medis. Maka kamu perlu memeriksakan diri lebih dalam jika memang terinfeksi oleh parasit ini. Dokter akan memberikan antibiotic yang hanya bisa didapatkan dari resep yang disarankan.

6. Infeksi jamur

penyebab bau di miss v

Penyebab bau tidak sedap pada miss V yang selanjutnya adalah akibat infeksi jamur yang disebabkan oleh kandida. Di mana jamur kandida ini sendiri akan menyebabkan bau tidak sedap dibarengi dengan rasa gatal dan keputihan berwarna putih kental.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Secara Cepat Dengan Bahan Alami

Jika kamu mengalami infeksi jamur pada area kewanitaan ini, dapat mengatasinya dengan mengoleskan obat jamur khusus yang diresepkan dari dokter. Selama mengikuti resep dan saran dokter, masalah infeksi jamur pada vagina akan cepat terobati.

7. Mengonsumsi makanan beraroma kuat

penyebab bau tak sedap di miss v

Makanan juga bisa menjadi penyebab dari bau tidak sedap pada area kewanitaan. Mengonsumsi makanan yang berbau kuat dan berempah seperti bawang-bawangan maka vagina juga akan mengeluarkan bau yang sama.

Tentu saja ini akan menjadi sangat tidak nyaman. Akan tetapi untuk mengatasi masalah hal ini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengonsumsi air putih yang banyak serta membersihkannya dengan menggunakan air bersih dan sabun khusus.

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Secara Alami, Dijamin Ampuh

Itu adalah beberapa penyebab miss V mengeluarkan bau tidak sedap dan cara mengatasinya. Jika memang aroma tidak sedap disertai dengan kondisi lain yang mengkhawatirkan, maka perlu untuk melakukan pemeriksaan pada dokter ahli.

Show More

HelloMello

Menulis dengan passion

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close