Bisnis OnlineInspirasi

Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa, Dijamin Cocok!

Kewajiban seorang mahasiswa adalah menyelesaikan kuliah dengan sebaik-baiknya. Namun, mencari uang saku sambil kuliah tentu tetap bisa dilakukan. Saat ini sudah banyak pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa yang sedang menjalani kuliah.

Bekerja sebagai tenaga paruh waktu atau tenaga kerja lepas (freelance), memungkinkan mahasiswa untuk menjalankan kegiatan kuliah sambil mendapatkan tambahan uang.

Selain itu, salah satu jenis pekerjaan sampingan yang menarik untuk para mahasiswa adalah berbisnis. Apalagi di zaman digital dan internet ini, telah muncul berbagai jenis bisnis baru yang bisa dijajaki.

Perbedaan Kerja Lepas (Freelance) Dan Paruh Waktu (Part Time)

Persamaan antara kerja lepas dan paruh waktu adalah pekerjaan-pekerjaan tersebut tidak menuntut kehadiran seperti layaknya ketentuan bekerja penuh (full time). Dengan demikian si pekerja lepas atau paruh waktu masih bisa melakukan kegiatan lainnya tanpa melanggar perjanjian kerja. Lalu apa bedanya bekerja freelance dengan part time?

Pekerja part time bekerja hanya di sebagian waktu dari tuntutan atau ketentuan waktu bekerja penuh (full time). Misalnya hanya bekerja dua atau tiga hari dari lima hari kerja dalam seminggu. Atau upah yang diterima dihitung per jam atau harian, atau sesuai dengan berapa banyak pekerjaan yang diselesaikan.

Sedangkan pekerjaan freelance pada intinya adalah tidak adanya komitmen jangka panjang tertentu antara pekerja dengan penyedia pekerjaan. Sehingga dia bebas mengatur sendiri jam bekerjanya, sepanjang memenuhi komitmen pekerjaan yang harus diselesaikan atau dengan kata lain bekerja dengan sistem project based.

Banyak Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Dilakukan Melalui Online

Kelebihan dari pekerjaan part time dan freelance adalah adanya kelonggaran dan fleksibilitas dari segi waktu dan bahkan tempat. Dengan demikian banyak pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan secara online, dan tidak terikat pada tempat atau waktu pengerjaan, asal pekerjaan tidak melanggar deadline yang ditentukan. Begitu juga dengan berbisnis melalui online atau media sosial. Komunikasi dengan klien bisa dilakukan melalui smartphone dimana waktu komunikasi bisa ditetapkan atau disediakan di waktu-waktu bebas dari jadwal kuliah.

1. Penulis, copywriter dan editor

Penulis freelance bekerja berdasarkan project, dimana dia mempunyai kewajiban untuk bekerja sesuai dengan deadline yang telah ditentukan.

Begitu juga dengan copywriter dan editor. Jenis pekerjaan menulis sangat luas. Mahasiswa bisa bekerja sebagai penulis artikel, kontributor di majalah, atau bahkan menulis fiksi. Begitu juga editor, kurang lebih bekerja di bidang-bidang yang sama dengan penulis.

Baca juga: Jenis Bisnis Untuk Pemula Bermodal Kecil

Sedangkan untuk copywriter biasanya lebih spesifik dengan penciptaan kata-kata atau menulis hal-hal yang berkaitan dengan brand atau produk tertentu. Pekerjaan copywriter biasanya erat dengan kegiatan marketing, dimana copywriter membuat content marketing atau bahkan nama brand dari produk itu sendiri.

2. Desainer

Pekerjaan Sampingan Desainer

Jasa desainer semakin lama semakin dibutuhkan. Terutama untuk kebutuhan produksi dan promosi, banyak produsen membutuhkan tampilan visual yang menarik untuk produknya.

Apabila kamu memiliki bakat dalam bidang menggambar, visualisasi atau apapun yang berhubungan dengan desain, jangan lewatkan kesempatan ini untuk mendapatkan uang saku. Sebab biasanya desainer bekerja secara freelance.

3. Penerjemah

Banyak sekali bidang yang bisa dimasuki oleh penerjemah. Dari bidang-bidang yang serius seperti pendidikan hingga bidang-bidang dari dunia entertainment.

Tidak semua orang memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik. Bila kamu adalah salah satunya, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk mendapatkan uang tambahan. Kamu bisa menerjemahkan buku, teks, dokumen hingga subtitle film. Pekerjaan penerjemah biasanya dilakukan secara freelance.

4. Bisnis online atau melalui social media

Pemuda bermain laptop

Di masa sekarang orang sangat umum berkomunikasi menggunakan perangkat yang terkoneksi internet. Bukan hanya untuk sekedar mengobrol, namun kini berbisnis pun bisa dilakukan melalui online. Berbagai bisnis bisa dilakukan online, dari mulai toko barang kebutuhan sampai menjual jasa pun bisa dilakukan melalui internet.

Baca juga: 7 Startup di Indonesia Terbaik dan Terpopuler 2019

5. Pengelola pemasaran dan promosi bisnis online

Kini telah banyak orang berbisnis melalui internet. Seperti bisnis pada umumnya, pemilik usaha tentu membutuhkan asisten untuk mengelola bisnisnya.

Untuk bisnis online biasanya asisten pengelola baik untuk urusan pemasaran maupun promosi online tidak perlu hadir secara fisik di kantor pemilik bisnis. Dengan demikian besar kemungkinan mahasiswa menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingan.

6. Social media influencer

Salah satu pekerjaan yang sangat fleksibel dari segi waktu dan tempat adalah pekerjaan sebagai social media influencer. Influencer bisa tampil melalui berbagai media online atau social media yang ada seperti Instagram atau Youtube. Cukup banyak influencer yang berhasil eksis sehingga telah menghasilkan banyak uang. Tak ada salahnya bila kamu coba juga, bukan?

Related image

Tidak Menggunakan Internet Namun Tetap Fleksibel

Selain pekerjaan-pekerjaan yang mengandalkan internet, masih banyak pekerjaan lain yang cukup fleksibel sebagai pekerjaan sampingan bagi mahasiswa.

1. Fotografer

Fotografer

Seorang fotografer memang membutuhkan sebuah kamera foto yang baik agar bisa menghasilkan foto-foto yang berkualitas.

Namun bukan hanya kamera, seorang fotografer harus memiliki keahlian mengoperasikan kamera serta pengetahuan tentang seni agar foto yang dihasilkan bukan hanya bagus namun juga bernilai seni. Apabila kamu memiliki semua itu, pekerjaan ini patut dicoba.

2. Barista/pelayan kafe

Barista

Kini banyak kafe dan coffee shop yang bermunculan. Dari kelas mahal hingga kelas yang lebih sederhana tampaknya menjamur di kota besar.

Dari kelas manapun, kafe atau coffee shop membutuhkan keahlian seorang barista atau pelayan yang melayani pengunjung. Tidak jarang kafe atau coffee shop menawarkan pegawainya bekerja menggunakan sistem shift atau bergantian. Siapa tahu kamu bisa mencoba pekerjaan menarik ini.

3. Pemandu wisata

Pekerjaan sebagai pemandu wisata mungkin kurang dibutuhkan di Jakarta. Namun di luar kota Jakarta masih banyak turis yang membutuhkan pemandu wisata. Pekerjaan ini tidak mengharuskan kamu pergi ke kantor setiap hari, dan oleh karenanya tidak ada salahnya bila kamu coba melamar.

4. Guru les private

Bila kamu memiliki kelebihan atau keahlian yang bisa dibagi melalui kursus, ini adalah kesempatan bagus untuk mendapatkan uang saku. Sebab untuk jam dan hari pertemuan tentu bisa didiskusikan dengan klien serta disesuaikan dengan waktu luangmu.

Baca juga: Ingin Jualan di Instagram Laris Manis?? Ini Dia Caranya!

5. Penyiar radio

Penyiar radio

Pekerjaan sebagai penyiar radio dari dahulu memang termasuk favorit mahasiswa. Sebab pekerjaan sebagai penyiar radio memang menarik dan tidak membutuhkan waktu banyak untuk bekerja.

Dengan demikian kamu bisa mengatur waktu antara waktu bekerja dan kuliah. Syarat menjadi penyiar radio adalah memiliki pengetahuan yang luas serta tentu saja kemampuan berkomunikasi dan berbicara yang baik.

6. Liaison officer (LO)

Disebut juga sebagai penghubung, atau menghubungkan antara dua pihak dalam rangka melakukan komunikasi dan koordinasi kegiatan yang harus dilakukan. Pada acara-acara musik atau olahraga besar sering dibutuhkan LO selama event berlangsung. Mahasiswa bisa memanfaatkan kegiatan-kegiatan tersebut untuk mendapatkan uang tambahan.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close