Wisata

Oleh-Oleh Cirebon yang Khas dan Wajib Anda Bawa Pulang

Cirebon telah lama dikenal sebagai daerah penghasil udang terbanyak, dan karena hal tersebut maka tempat itu dijuluku Kota Udang. Namun keistimewaan Cirebon sebenarnya bukan hanya itu. Kota yang sering menjadi tempat persinggahan orang-orang yang travelling menuju Jawa Tengah ini ternyata punya banyak makanan khas yang sering dibawa pulang oleh para turis.

Ya, memang banyak oleh-oleh terkenal dari kota ini berupa penganan atau cemilan. Namun bukan hanya itu loh, yang bisa Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan saat berkunjung ke kota ini. Lantas apa sajakah oleh-oleh Cirebon yang sering bikin para wisatawan penasaran? Nah ini dia di antaranya.

Penganan dan Bahan Masakan yang Tak Boleh Terlewatkan

1.Terasi udang

Ini mungkin oleh-oleh yang paling relevan dengan julukan Kota Cirebon, yaitu terasi udang.  Bagi siapapun yang hobi masak, tentu terasi udang ini jangan sampai terlewatkan, sebab untuk masakan Indonesia, terasi merupakan salah satu bahan masakan yang wajib tersedia di dapur. Kualitas terasi dari daerah Cirebon tak diragukan lagi, karena merupakan olahan  udang rebon terbaik dan tidak menggunakan pengawet. Terasi dari Cirebon ini mengeluarkan bau yang cukup menyengat, pastikan untuk mengemasnya dengan rapat saat membawa pulang.

2. Tape ketan

Makanan ini memang bercita rasa khas dari daerah Jawa Barat. Tape ketan yang manis dan asam menyegarkan berbungkus daun jambu ini memang tak boleh dilewatkan. Di berbagai pasar tradisional di Cirebon, kudapan ini banyak dijual dengan harga yang terjangkau. Makanan yang merupakan hasil fermentasi ketan putih dengan ragi ini lebih mantap bila dimakan dengan emping. Sayangnya tape ketan hanya bisa bertahan dua hari sehingga kurang awet bila dibawa bepergian jarak jauh.

3. Serabi

oleh oleh cirebon
Source via: jajananhitscirebon.blogspot.com

Ini merupakan salah satu snack tradisional yang menjadi favorit orang Indonesia. Makanan ini memiliki tekstur khas kue basah yang lembut. Kue ini terbuat dari tepung, telur serta gula. Namun di Cirebon ada yang berbeda dengan kue serabi ini. Sebab di Cirebon bisa kita temui serabi dengan topping oncom atau bahkan tempe orek! Apabila Anda lebih suka topping yang umum seperti cokelat atau keju tentu ada juga, namun tak ada salahnya bila Anda coba serabi dengan kreasi baru ala oleh-oleh Cirebon, bukan?

4. Keripik tempe sagu

oleh oleh cirebon
Source via: limakaki.com

Makanan kecil ini memang cukup unik karena tidak seperti keripik tempe lainnya. Pada penganan ini tempe dilapisi sagu sehingga menghasilkan keripik yang renyah dan gurih. Bila bosan dengan rasa original, Anda bisa mencoba keripik ini dalam rasa pedas, keju maupun rasa sapi panggang.

Baca juga: Tempat Makan Murah di Puncak, Hanya Ada Disini!

5. Kerupuk melarat

oleh oleh cirebon
Source via tokopedia.com

Ada cerita menarik dibalik nama unik kerupuk ini. Ya, kerupuk ini tercipta sekitar tahun 1920, memang diolah dengan cara yang sangat sederhana, yaitu digoreng dengan menggunakan pasir. Hal ini disebabkan karena pada saat itu penduduk Cirebon masih belum mampu membeli minyak goreng. Walaupun kerupuk ini sangat sederhana, namun tetap nikmat apalagi bila nyemil kerupuk melarat dengan tambahan sambal asam.

6. Kerupuk lambak

Bila belum familiar dengan nama ini, maka sebutan lain yang umum untuk makanan ini adalah kerupuk kulit. Nah, tentu langsung terbayang kerenyahan kerupuk ini dengan sedikit rasa gurih yang bikin ketagihan. Apalagi bila menikmati kerupuk ini sambil makan empal gentong, makanan khas Cirebon, maka akan menciptakan paduan yang pas sekali. Itu salah satu sebab kerupuk lambak ini banyak ditemukan di Kota Cirebon.

Kerupuk dari kulit sapi atau kerbau ini diolah dengan cara digoreng dua kali dengan minyak suhu rendah serta tinggi. Kerupuk ini bisa Anda beli dalam keadaan matang atau bisa juga dalam keadaan mentah, agar bisa lebih awet untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh Cirebon.

7. Ikan asin

Tentu Anda pernah mendengar tentang nikmatnya ikan asin jambal roti yang dimakan dengan nasi panas. Nah bila sedang mampir ke Cirebon jangan lupa untuk membeli dan membawa pulang ikan asin spesial ini. Ikan asin yang pengolahannya bisa memakan waktu berhari-hari ini menggunakan bahan baku berupa ikan manyung. Maka wajar bila harga ikan asin tersebut terbilang cukup mahal.

8. Rengginang

Ciri khas rengginang dari kota ini adalah adanya terasi udang yang dicampurkan ke dalam beras ketan yang dikeringkan. Dengan demikian rasa rengginang Kota Udang ini menjadi lebih gurih dan spesial dibandingkan rengginang dari daerah lain. Kini rengginang tersebut telah dijual dengan berbagai rasa yaitu rasa pedas, keju serta udang.

9. Kue gapit

oleh oleh cirebon
Source via: blog.traveloka.com

Nama kue ini berarti ‘jepit’, yang diambil dari cara memasaknya, dimana adonan dijepit menggunakan suatu alat sehingga bentuknya menjadi pipih dengan tekstur seperti wafel. Bahan baku kue ini adalah tepung tapioka dan ketika digigit kue gapit terasa renyah dan nikmat. Kue gapit kini tersedia dalam berbagai varian rasa yang bisa Anda pilih.

10. Emping bumbu

Satu lagi penganan tradisional Indonesia yang diolah dengan kreativitas Kota Cirebon. Kerupuk dari bahan dasar buah melinjo yang dijual di kota ini hadir dengan berbagai rasa. Dari emping rasa original hingga rasa rumput laut pun ada. Jangan lupa untuk memilih salah satu yang paling menggoda selera, untuk dibawa pulang.

Bukan Minuman Biasa

1. Gula batu

Mungkin sebelumnya tak terpikirkan oleh Anda, bahwa sebuah gula batu bisa memberi rasa lain selain manis ke dalam minuman yang kita nikmati. Oleh karena itu sebaiknya Anda tidak melewatkan oleh-oleh Cirebon yang satu ini. Gula batu yang terkenal di kota ini akan menambah rasa leci, lemon dan rasa lainnya ke dalam minuman Anda.

2. Sirup Tjampolay

oleh oleh cirebon
Source via: tokopedia.com

Siapa yang tak pernah mendengar tentang enaknya rasa sirup klasik ini. Rasa manisnya khas, dan telah lama menjadi favorit banyak orang untuk menjadi minuman dingin yang satu ini teman bersantai di tengah panasnya siang hari. Sirup Tjampolay diproduksi oleh seseorang bernama Tan Tjek Tjiu dan terus diproduksi secara turun temurun, sejak tahun 1936. Sirup ini telah ada dalam banyak varian rasa yang bisa Anda coba, yaitu rasa pisang susu, kopyor, leci, moka, cocopandan, melon, mangga dan strawberry.

Baca juga: Makanan Khas Melayu Yang Nikmat dan Menggugah Selera

3. Jeniper

oleh oleh cirebon
Source via: tokopedia.com

Nama minuman ini memang unik, karena diambil dari kependekan ‘jeruk nipis peras’. Minuman ini terbuat dari jeruk nipis murni yang ditambah dengan madu. Rasanya tentu sudah terbayangkan bukan? Rasa manis asam yang segar, dan tentunya sehat karena mengandung vitamin C. Jeniper dikemas dalam botol terbuat dari kaca yang praktis. Selain yang dijual dalam kemasan botol satu kali minum, sirup jeniper ini ada juga yang dijual dalam ukuran botol sirup.

Jangan Lupakan Batik Sebagai Oleh-oleh Cirebon

oleh oleh cirebon
Source via: facebook.com

Selain makanan, Cirebon juga terkenal akan hasil budayanya yang lain. Salah satu produk budaya khas Cirebon yang terkenal adalah batik, dimana Cirebon merupakan pusat industri batik tertua di Jawa Barat. Motif Megamendung merupakan motif batik khas Cirebon yang terkenal. Batik Megamendung umumnya berwarna cerah dan mempunyai gradasi warna yang sangat menarik. Selain motif Megamendung, motif batik lain yang terkenal adalah Sawat Pengantin dan motif Kompeni.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close