InspirasiProperti

11 Inspirasi Model Gorden Minimalis untuk Ruangan Rumah

Banyak orang bilang mendekorasi rumah itu gampang-gampang susah. Namun, jika kita dapat memilih dan menata isi rumah dengan tepat maka mendekorasi rumah menjadi suatu hal yang mudah dilakukan.

Salah satu hal penting yang patut untuk dipertimbangkan dalam mendekorasi ruangan adalah pemilihan model gorden. Pastinya pilihan gorden minimalis yang tepat dapat memberikan tampilan interior ruangan terlihat cantik dan elegan.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai berbagi tips memilih dan juga rekomendasi model gorden minimalis. Mari disimak baik-baik berbagai informasinya di bawah ini.

Tips Memilih Model Gorden Minimalis

Mungkin Anda sudah mengetahui fungsi utama gorden, yaitu untuk menutup jendela. Ternyata, fungsi gorden tidak hanya itu. Fungsi gorden yang tidak kalah penting adalah sebagai ornamen atau dekorasi untuk menambah nilai estetika ruangan.

Oleh karena itu, dalam memilih gorden tidak hanya dilihat dari jenis bahannya melainkan juga modelnya. Nah, berikut ini akan diberikan secara detail tentang berbagai tips untuk memilih gorden.

1. Pilih Bahan yang Tepat

tips pilih bahan gorden

Salah satu fungsi gorden adalah untuk melindungi ruangan dari paparan sinar matahari yang melewati jendela. Jadi, tidak heran saat memilih gorden Anda harus memperhatikan jenis bahan yang cocok dengan kondisi ruangan. Misalnya, jika ruangan membutuhkan privasi, maka Anda harus memilih gorden berbahan tebal dan tidak transparan.

2. Pastikan Warna Gorden Cocok dengan Fungsi Ruangan

tips pilih warna gorden

Tentu saja dalam memilih gorden kita tidak bisa sembarangan memilih motif dan warnanya. Anda harus memilih motif dan warna gorden yang cocok dengan ruangan supaya terlihat cantik.

Adapun pengaruh pemilihan warna gorden pada ruangan adalah sebagai berikut.

  • Gorden warna cerah dapat memberikan nuansa ceria pada ruangan. Hal tersebut dapat memberikan mood yang baik kepada orang yang berada di ruangan itu, seperti: ruang tamu dan ruang keluarga.
  • Gorden warna gelap dapat diaplikasikan untuk ruangan yang bersifat privasi, seperti kamar tidur dan ruang kerja.
  • Gorden warna pastel dapat diaplikasikan di ruangan dengan cat dinding warna netral. Nah, gorden warna pastel ini dapat memberikan suasana hangat dalam ruangan.

3. Pilih Model Gorden yang Sesuai

tips pilih model gorden

Pastinya Anda akan memilih model gorden yang sesuai dengan gaya desain rumah Anda. Misalnya, jika rumah Anda bergaya minimalis tentunya Anda akan memilih model gorden minimalis.

Adapun jenis model gorden sesuai dengan gaya desain rumah adalah sebagai berikut.

  • Gorden Tunggal (Single Panel)

Gorden tunggal (single panel) merupakan model satu gorden yang bersifat fleksibel dapat dibuka ke arah kiri dan kanan. Pada umumnya, gorden tunggal ini diaplikasikan di rumah bergaya modern.

  • Gorden Ganda (Panel Pair)

Gorden ganda (panel pair) merupakan model gorden dengan dua panel gorden terpisah. Gorden ini cocok diaplikasikan pada jendela berukuran besar, seperti: rumah bergaya kontemporer atau klasik.

  • Model Gorden Full Set (Window Treatment Set)

Model gorden full set (window treatment set) merupakan model golden yang terdiri atas 2 gorden panel pair yang dikombinasikan dengan kelambu penutup di bagian atasnya (valance). Model ini cocok diaplikasikan pada rumah bergaya klasik.

11 Inspirasi Model Gorden Minimalis untuk Mempercantik Ruangan

Setelah Anda mengetahui tips memilih model gorden, tentunya Anda ingin mengaplikasikannya. Namun, sebelum mengaplikasikannya, Anda dapat melihat 11 inspirasi model gorden minimalis berikut ini.

1. Gorden Kombinasi Warna

gorden kombinasi warna

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis, dapat mengaplikasikan model gorden kombinasi warna untuk mempercantik dan memberikan efek cerah di ruangan.

Namun, yang perlu diperhatikan jangan sampai memilih gorden dengan kombinasi lebih dari 3 warna karena akan terkesan ramai. Anda dapat memasang gorden kombinasi warna ini di ruang tamu, ruang keluarga maupun ruang makan.

2. Gorden Model Romance Shade

Gorden Romance Shade

Gorden model romance shade ini merupakan gorden lipat yang dapat dibuka secara vertikal menggunakan rol atau tali. Pada umumnya, gorden model ini diaplikasikan di ruang kerja dan dapur. Modelnya yang minimalis dan simpel memberikan efek mewah pada ruangan.

3. Gorden Model Smoke Ring

Gorden Smoke Ring

Gorden model smoke ring ini merupakan gorden yang menggunakan pengait berbentuk cincin dari bahan stainless atau besi. Anda dapat menggunakan model gorden ini di ruang tamu maupun ruang keluarga. Pastinya ruangan Anda akan terlihat rapi.

4. Gorden Window Treatment Set

Gorden Window Treatment Set

Jika jendela ruangan di rumah Anda besar, gorden window treatment set ini cocok sekali untuk diaplikasikan. Jangan lupa untuk menyesuaikan warna gorden dengan cat dinding di ruangan Anda, supaya terlihat cantik mempesona.

5. Gorden Vitrase

Gorden Vitrase

Gorden vitrase atau dikenal dengan nama gorden transparan. Pada umumnya, vitrase ini digunakan sebagai dasar gorden. Namun, ternyata model ini juga dapat digunakan sebagai pelapis model gorden lainnya. Gorden vitrase ini biasanya digunakan pada ruangan yang membutuhkan banyak cahaya, seperti: ruang tamu dan ruang keluarga.

6. Gorden Blackout

Gorden Blackout

Pastikan Anda memilih model gorden blackout untuk ruangan yang bersifat privasi, seperti kamar tidur dan ruang kerja di rumah. Model ini merupakan jenis gorden yang terbuat dari bahan yang tebal dan dapat menahan paparan sinar matahari.

Baca juga: Interior Kamar Lebih Cantik Dengan Dekorasi Mickey Mouse

7. Gorden Semi Blackout

Gorden Semi Blackout

Sesuai dengan namanya, model gorden semi blackout, yaitu jenis gorden yang memiliki sifat transparansi dan perpaduan antara gorden blackout dan vitrase. Kabarnya model gorden ini cukup diminati pemilik rumah gaya minimalis.

Hal tersebut karena sifat transparansi bahan gorden yang memungkinkan cahaya masuk ke ruangan meski gorden ditutup. Artinya sinar matahari dapat menembus gorden sehingga ruangan mendapatkan cahaya secara semu dari luar.

8. Gorden Model Panel Pair

Gorden Model Panel Pair

Bagi Anda yang memiliki ruangan dengan jendela berukuran besar, Anda dapat memilih gorden panel pair ini. Model gorden yang satu ini terdiri dari 2 gorden terpisah, namun tetap satu panel. Pada umumnya, gorden model ini digunakan untuk ruang tamu, ruang keluarga hingga ruang makan yang menggunakan jendela besar.

9. Gorden Motif Geometris

Gorden Geometris

Gorden motif geometris berwarna pastel dan gelap termasuk dalam salah satu model gorden minimalis. Pastikan juga, motif geometris pada gorden beraturan dan tidak terlalu ramai. Nah, gorden motif geometris warna pastel ini dapat menghidupkan ruangan minimalis di rumah Anda.

Baca juga: Ini Dia Berbagai Dekorasi Kamar Pengantin Baru Simple Nan Romantis

10. Gorden Motif Floral

Gorden Floral

Pastinya Anda menginginkan ruangan di rumah terasa sejuk dekat dengan alam. Nah, untuk menghadirkan nuansa alam yang sejuk, Anda dapat mengaplikasikan gorden motif floral di ruangan minimalis rumah Anda. Namun, perlu diingat pilih gorden motif floral yang tidak terlalu ramai supaya terlihat minimalis dan tetap cantik.

11. Gorden Minimalis Bercorak

Gorden Minimalis Bercorak

Saat ini banyak tersedia gorden bercorak, model gorden bercorak ini sangat cocok diaplikasikan di ruangan dengan cat dinding warna dasar, seperti: putih, krem dan warna netral yang tidak mencolok. Selain itu, disarankan untuk memilih gorden yang memiliki corak sederhana dan tidak terlalu ramai.

Itulah 11 inspirasi memilih model gorden minimalis dan tips memilih gorden yang dapat Anda aplikasikan di rumah Anda. Pilih sesuai dengan kondisi ruangan di rumah Anda dan pastikan Anda dapat memadupadankan model, warna dan motif gorden secara serasi. Selamat mencoba.

Show More

Riza Dwi Aningtyas

Seorang jobseeker yang mencoba keberuntungan dengan menulis

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close