Tips & Trik

Kenali Manfaat Tempe Untuk Kesehatan Tubuh

Tempe adalah salah satu makanan khas Indonesia yang disukai semua orang. Tempe dikenal sebagai warisan dari jaman dulu, di mana bahan utamanya adalah kacang kedelai yang difermentasikan. Tempe juga sangat mudah sekali diolah dan terkenal akan kelezatan rasanya.

Seperti yang sudah diketahui bahwa tempe memiliki banyak sekali kandungan yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Tidak hanya itu saja, dengan mengkonsumsi tempe dengan kadar yang cukup dapat membantu tubuh untuk menjadi lebih sehat dan mendapatkan gizi yang diperlukan. Tentu saja kita juga perlu mengetahui manfaat tempe untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Pada Tempe

tempe mentah

Nah, sebelum kita mengenali manfaat tempe untuk kesehatan tubuh, ada baiknya kita mengetahui kandungan apa saja yang ada dalam fermentasi dari kacang kedelai yang satu ini. Berikut ini adalah kandungan yang ada pada tempe :

1. Protein

Tempe dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi. Hal ini sendiri dikarenakan kacang kedelai yang menjadi bahan utama memiliki kadar protein yang cukup untuk tubuh dalam sehari. Kadar protein yang ada pada tempe sendiri memiliki jumlah yang lebih tinggi dari daging.

2. Kandungan lemak rendah

Kebalikan dari kandungan protein yang sangat tinggi, tempe memiliki kandungan lemak yang rendah. Sehingga akan sangat bagus sekali bagi kamu yang ingin mengurangi berat badan.

3. Kalsium dan fosfor

Dalam tempe juga terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Di mana jumlah dari kalsium dan fosfor ini lebih besar dari pada daging.

4. Antioksidan

Tempe juga ternyata mengandung zat antioksidan yang bernama isoflavon dan tentu saja dapat menolak radiasi bebas serta sangat baik untuk kesehatan tubuh.

5. Kandungan zat dan vitamin lainnya

Selain kandungan yang sudah disebutkan, tempe juga mengandung zat dan vitamin lainnya yang sangat baik untuk tubuh, seperti Vitamin B12 yang sangat tinggi, karbohidrat serta serat yang akan sangat baik untuk tubuh. Selain itu, terdapat juga kandungan mineral lain Thiami, Niasin dan Biotin yang juga memiliki manfaat yang baik.

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Tubuh

Melihat kandungan mineral dan vitamin yang ada pada tempe, sudah dapat dipastikan bahwa tempe memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, dengan cara mengkonsumsi tempe pada kadar yang secukupnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat tempe yang sangat baik untuk tubuh kita:

1. Mencegah osteoporosis

Tempe Mencegah osteoporosis

Manfaat tempe bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah dapat mencegah osteoporosis. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tempe mengandung kalsium dan juga vitamin K. Di mana keduanya merupakan zat penting yang berfungsi untuk pembentukan tulang.

Dalam proses fermentasi tempe inilah yang membuat Vitamin K dan mineral yang ada pada kacang kedelai menjadi meningkat. Maka dengan begitu tempe sangat baik sekali untuk dikonsumsi oleh kamu yang ingin mendapatkan tulang yang kuat dan padat.

Baca juga: Celana Tak Muat Lagi? Berikut Olahraga Mengecilkan Perut Yang Efektif

2. Mampu mencegah kanker

Tempe Mampu mencegah kanker

Tidak hanya untuk masalah tulang saja, tempe juga memiliki manfaat yang mampu mencegah kanker. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang tinggi yang bisa menangkal radikal bebas.

Senyawa polivenol dan isoplavon yang ada pada tempe akan menghambat proses produksi sel kanker dalam darah. Sudah pernah ada penelitian yang mengatakan bahwa kacang kedelai dapat menurunkan angka kematian pada wanita yang terserang kanker payudara.

3. Menurunkan kolesterol dalam darah

Tempe Menurunkan kolesterol dalam darah

Ternyata kandungan isoflavon yang ada pada tempe tidak hanya dapat mencegah kanker, namun juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Kolesterol yang tinggi pada darah dapat menyebabkan berbagai macam jenis penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung.

Isoflavon akan menurunkan kadar kolesterol jahat dengan sangat cepat. Tidak hanya senyawa ini saja, dalam tempe juga terdapat senyawa niasin yang juga dipercaya mampu mengontrol kolesterol dalam darah. Jadi bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi, sangat baik sekali mengkonsumsi tempe.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tempe Meningkatkan kekebalan tubuh

Tempe juga ternyata mempunyai manfaat yang dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, hal ini dikarenakan pada saat proses fermentasi akan terbentuk asam fitat dan mengandung banyak bakteri baik. Salah satu bakteri baik yang ada dalam tempe adalah probiotik yang berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Probiotik juga mampu untuk menjaga kesehatan tulang serta usus. Di mana bakteri yang satu ini dapat memecah nutrisi dalam makanan agar mudah dicerna usus sehingga akan membuat organ pencernaan dapat bekerja dengan sangat baik.

5. Mencegah asma

Tempe Mencegah asma

Seperti yang sudah diketahui bahwa tempe mengandung serat yang tinggi, di mana mampu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Serat yang terkandung dalam tempe sendiri mempunyai peran penting untuk mengurangi peradangan yang berhubungan dengan respon paru-paru. Penelitian sendiri mengatakan bahwa serat yang ada dihasilkan dari fermentasi tempe dapat meningkatkan kekebalan sel pada paru-paru.

6. Menurunkan resiko penyakit diabetes

Tempe Menurunkan resiko penyakit diabetes

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang menjadi momok bagi banyak orang, di mana penyakit ini disebabkan oleh kadar gula darah yang sangat tinggi.

Dalam tempe kaya akan kandungan mangan, vitamin B3, dan protein yang mampu mengontrol kadar gula darah. Seperti yang sudah diketahui bahwa mangan merupakan zat yang sangat yang sangat penting untuk bisa menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

7. Mencegah penyakit Parkinson

Tempe Mencegah penyakit Parkinson

Parkinson adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem saraf sehingga membuat penderita akan selalu bergetar walaupun dalam keadaan diam. Ternyata kandungan Niasin yang ada pada tempe mampu mencegah penyakit ini.

Niasin merupakan sebuah senyawa yang mirip dengan vitamin dan mampu menjaga kesehatan otak dan mencegah gangguan neurologis lainnya. Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi Niasin dalam jumlah yang cukup maka dapat mencegah kamu terserang dari depresi, kelelahan bahkan anemia.

8. Cocok untuk diet

Tempe Cocok untuk diet

Manfaat tempe selanjutnya adalah sangat cocok sekali bagi kamu yang sedang menjalankan diet. Tempe mengandung kadar lemak yang sangat rendah, sehingga akan sangat cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Makanan penurun berat badan ini bila dikonsumsi dengan jumlah yang cukup mampu memenuhi kebutuhan energy pada tubuh karena mengandung protein tinggi, dan tentu saja sangat penting sekali agar tidak lemas ketika sedang menjalankan diet.

Demikanlah beberapa manfaat tempe untuk kesehatan tubuh kita, dan ternyata makanan yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan mineral dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, juga perlu diperhatikan bahwa mengkonsumsi tempe secara berlebihan juga tidak baik, sehingga sangat disarankan untuk memakan tempe dalam kadar yang cukup dan juga diimbangin dengan jenis makanan lain agar kebutuhan gizi dapat terpenuhi.

Show More

HelloMello

Menulis dengan passion

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close