Inspirasi

Jarang Diketahui! 9 Manfaat Biji Alpukat

Semua orang pasti pernah merasakan makan buah alpukat, di mana buah ini memang sangat terkenal sekali kelezatannya. Alpukat merupakan buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika tengah, di mana hingga saat ini buah tersebut sudah tersebar di banyak sekali negara termasuk Indonesia.

Alpukat dikenal sebagai buah yang sangat rendah kalori, sehingga sering kali digunakan sebagai alternatif makanan bagi yang sedang menjalani diet. Tidak hanya itu saja, buah alpukat juga mengandung berbagai macam vitamin yang tentu sangat baik bagi tubuh. Tapi ternyata tidak hanya buahnya saja yang baik bagi tubuh, manfaat biji alpukat juga sangat banyak.

Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat biji alpukat untuk kesehatan

Biji alpukat memang sering kali diabaikan, dan kebanyakan pun dibuang begitu saja. Tapi jika Anda mengetahui manfaat dari biji alpukat ini, mungkin akan berpikir dua kali untuk membuangnya. Ternyata ada beberapa penelitian yang telah menyatakan bahwa biji alpukat mampu menjaga kesehatan tubuh manusia. Tidak hanya itu saja, biji alpukat pun dapat menjaga kecantikan secara alami. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari biji alpukat yang tidak banyak diketahui.

1. Menjaga kesehatan usus

menjaga kesehatan usus

Manfaat biji alpukat yang pertama adalah mampu menjaga kesehatan usus. Dalam usus terdapat bakteri yang berfungsi untuk menjaga usus agar dapat berfungsi dengan baik, di mana dengan mengonsumsi ekstrak buah biji buah alpukat maka pencernaan Anda akan lancar dan terhindar dari sembelit. Tidak hanya itu saja, biji alpukat juga berserat tinggi sehingga dapat membantu usus untuk menyerap nutrisi makanan dengan lebih baik.

2. Menjaga kondisi badan tetap fit

menjaga kondisi badan

Tentu saja kita tidak ingin merasakan sakit yang dapat mengganggu segala aktivitas yang ada. Nah, biji alpukat ternyata mampu menjaga kondisi badan agar selalu fit. Dengan mengonsumsi ekstrak biji alpukat secara teratur dapat membuat daya tahan tubuh meningkat.

Hal ini sendiri dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan antioksidan yang ada dalam biji alpukat mencapai 70%, di mana mampu menangkal radikal bebas sehingga membuat tubuh dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya.

3. Mencegah tekanan darah tinggi

menjaga tekanan darah

Dalam buah alpukat terdapat kandungan kalium, tentu saja bijinya mengandung mineral yang sama. Kalium ini berfungsi untuk dapat mengontrol tekanan darah serta pembuluh arteri pun akan selalu lentur.

Maka ketika Anda dengan rutin mengonsumsi ekstrak biji buah alpukat, tekanan darah dalam tubuh akan selalu normal. Tekanan darah yang normal juga dapat membuat Anda terhindar dari penyakit jantung dan juga stroke.

4. Menurunkan kolesterol dalam darah

biji alpukat dapat menurunkan kolesterol

Dalam daging alpukat terdapat kandungan lemak tak jenuh tunggal yang ternyata sangat baik untuk tubuh. Di mana kandungan ini dapat mengurangi tingkat lipoprotein atau biasa kita kenal sebagai kolesterol jahat.

Nah, tentu saja kandungan tersebut juga ada pada biji buah alpukat, di mana terdapat nourishing oil serta antioksidan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

5. Membantu sembuhkan radang

biji alpukat sembuhkan radang

Manfaat selanjutnya dari biji alpukat adalah mampu menyembuhkan peradangan. Jika Anda mengalami peradangan di bagian tubuh, mengonsumsi ekstrak biji alpukat dapat membantu menyembuhkannya. Hal ini karena dalam biji alpukat terdapat kandungan antiinflamasi yang memang dibutuhkan untuk dapat meredakan peradangan.

6. Mencegah kanker

Biji Alpukat Bisa Mencegah Kanker

Dalam biji buah alpukat terdapat kandungan antioksidan yang tinggi, kandungan ini sendiri sudah dipastikan mampu untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

Tidak hanya itu saja, dengan mengonsumsi secara rajin biji buah alpukat maka sel yang rusak dapat diperbaiki secara berkala. Sehingga sel-sel kanker tidak akan berkembang. Selain itu, di dalam biji alpukat terdapat flavonoid, yang sudah dipastikan dapat mencegah kanker.

7. Bagus untuk diet

biji alpukat bagus untuk diet

Jika Anda sedang menjalankan diet, biji buah alpukat mampu dijadikan sebagai alternatif kebutuhan serat untuk tubuh. Biji buah alpukat mengandung serat yang tinggi dan juga mampu menjaga pencernaan tubuh Anda, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Sehingga akan sangat baik sekali bagi Anda yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Anda dapat mengonsumsi ekstrak biji alpukat secara rutin dengan diimbangi pola hidup yang sehat.

8. Mencegah penyakit diabetes

biji alpukat bisa Mencegah penyakit diabetes

Buah alpukat dikenal sebagai buah yang tidak memiliki kandungan glukosa yang tinggi, sehingga sangat baik untuk membantu Anda terhindar dari penyakit diabetes tipe apapun. Maka dari pada itu, manfaat biji alpukat selanjutnya adalah bisa membantu Anda menjaga gula darah tetap dalam keadaan stabil.

Konsumsi ekstrak biji alpukat secara rutin sangat disarankan, terlebih lagi bagi Anda yang sudah memiliki tanda diabetes. Imbangi dengan olaharga teratur dan makanan sehat agar bisa mendapatkan hasil maksimal.

9. Mengobati maag

Biji Alpukat Mengobati maag

Manfaat selanjutnya dari biji buah alpukat adalah dapat mengobati masalah maag. Maag adalah penyakit yang kerap kali menyerang banyak orang. Di mana penyakit yang menyerang lambung ini sering memberikan rasa sakit pada ulu hati serta dapat menyebabkan lemas hingga muntah.

Untuk dapat terhindar dari penyakit ini adalah selalu makan teratur dan minum air putih yang cukup. Di mana bisa Anda imbangi dengan mengonsumsi ekstrak biji buah alpukat yang ternyata dapat menjaga asam lambung untuk tetap dalam kondisi normal.

Cara Membuat dan Mengkonsumsi Ekstrak Biji Alpukat

Cara membuat dan mengkonsumsi ekstrak biji alpukat

Biji alpukat tidak serta merta bisa dikonsumsi secara langsung, di mana Anda harus mengetahui cara mengolah biji ini agar bisa dikonsumsi. Cara pertama yang perlu untuk Anda lakukan adalah mengeringkan biji alpukat di dalam oven selama dua jam dengan suhu sekitar 121 derajat celcius.

Ketika biji alpukat sudah kering, Anda bisa menumbuk ataupun memblendernya hingga halus. Nah, bubuk biji alpukat inilah yang nantinya bisa Anda konsumsi.

Ekstrak biji alpukat sangatlah pahit, maka cara tepat untuk mengonsumsi ekstrak ini adalah dengan mencampurkannya dalam oat meal ataupun smoothie. Anda bisa mencampurkannya pada smoothie buah-buahan sehingga rasanya tetap enak. Sedangkan untuk oat meal bisa Anda tambahkan madu secukupnya.

Tidak perlu takut mencampurkan bubuk ekstrak biji alpukat pada makanan lain seperti sup ataupun teh, selama tidak terganggu dengan rasa pahitnya, maka Anda dapat merasakan manfaat biji alpukat secara nyata.

Untuk mengonsumsi secara langsung, sangat disarankan untuk mengambil setengah sendok teh ekstrak biji alpukat lalu campurkan secangkir air panas kemudian tunggu hingga bubuk mengendap. Proses ini kurang lebih memakan waktu sepuluh menit, baru bisa Anda minum air endapannya.

Nah, bagaimana informasi tentang manfaat biji alpukat di atas? Tentu saja dapat menjadi salah satu pilihan lain untuk mendapatkan asupan nutrisi yang mampu menjaga tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Tapi jika masih ragu, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar mendapatkan hasil pasti akan manfaat dari biji alpukat ini. Selamat mencoba.

Show More

HelloMello

Menulis dengan passion

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close