Tips & Trik

8 Makanan Penurun Berat Badan dengan Cepat

Banyak sekali orang yang ingin memiliki berat badan ideal, di mana selain untuk menambah rasa percaya diri tentu untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat. Diet adalah cara paling utama agar tubuh bisa langsing dan juga sehat. Dalam menjalankan diet inilah dibutuhkan makanan yang memiliki kandungan yang dibutuhkan dalam tubuh. Ada daftar makanan penurun berat badan dengan cepat yang sangat disarankan untuk banyak dikonsumsi setiap harinya.

Makanan penurun berat badan dengan cepat yang diperlukan

makanan penurun berat badan dengan cepat
source via doc24hour.net

Menjalankan diet agar bisa menurunkan berat badan tidak bisa sembarangan. Anda harus memperhatikan kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh.

Jenis makanan yang paling banyak dikonsumsi ketika menjalankan diet kebanyakan dari buah dan sayuran. Buah dan sayur terkenal akan kandungan nutrisi tinggi dan memiliki kalori rendah yang memang sangat diperlukan ketika menjalankan diet.

Tidak hanya itu saja, buah juga terkenal akan kelezatannya sehingga tidak perlu diolah lagi, begitu pula sayur yang beberapa jenisnya bisa dimakan mentah.

Tidak hanya sayur dan buah saja, ada beberapa jenis makanan lain yang dapat dikonsumsi agar kebutuhan gizi dalam tubuh pun dapat terpenuhi dengan seimbang. Karena gizi yang seimbang juga sangat diperlukan supaya ketika sedang menjalankan diet, tubuh tetap dalam keadaan yang bugar.

Jenis buah untuk menurunkan berat badan

Buah sebagai salah satu jenis makanan mengandung banyak vitamin, mineral dan nutrisi yang tentu akan sangat Anda butuhkan ketika sedang ingin menurunkan berat badan. Ada beberapa jenis buah yang sangat disarankan untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah daftarnya:

  1. Buah apel
apel
source via sajiansedap.grid.id

Ketika Anda sedang menjalankan diet, hal yang paling utama selalu makan tepat waktu dengan porsi yang tepat. Tentu saja terkadang, Anda akan merasakan lapar di antara waktu makan tersebut.

Nah, untuk dapat mengurangi rasa lapar ternyata buah apel adalah jenis makanan yang tepat. Apel dipercaya dapat menahan lapar lebih lama karena mengandung pektin, serat yang mudah larut ketika bercampur dengan air sehingga bisa membuat kenyang lebih lama. Anda juga bisa memakan buah apel sehabis makan.

  1. Buah alpukat
buah alpukat
source via fimela.com

Buah alpukat yang terkenal akan rasanya yang enak dan sering dijadikan jus ternyata menjadi makanan penurun berat badan yang cepat. Di mana buah yang satu ini memiliki kandungan karbohidrat yang sangat berbeda dari jenis buah lainnya.

Alpukat mengandung lemak sehat dan terdapat sebuah kandungan yang sama pada minyak zaitun yaitu asam oleat tak jenuh tunggal. Buah alpukat ini juga mengandung banyak sekali mineral dan berserat tinggi, di mana mampu menahan lapar lebih lama.

  1. Labu
labu
source via beritagar.id

Labu juga masuk sebagai salah satu jenis buah yang mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Labu sendiri mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat tinggi, namun memiliki kalori rendah yang tentu saja sangat baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Dalam mengkonsumsi labu sendiri Anda dapat membuatnya menjadi sup, direbus atau dijadikan lalapan. Selain lezat, labu juga sangat mudah untuk didapatkan.

Jenis sayur untuk menurunkan berat badan

Seperti yang sudah disebutkan, sayuran adalah jenis makanan penurun berat badan. Dalam sayuran terdapat berbagai jenis nutrisi untuk tubuh dan juga kebanyakan memiliki kalori yang sangat rendah.

Mengkonsumsi sayuran secara teratur sangatlah disarankan, di mana sayur bisa Anda olah terlebih dahulu ataupun dimakan mentah. Berikut ini adalah jenis sayuran yang dijadikan makanan penurun berat badan dengan cepat:

  1. Sayuran cruciferous
Sayuran cruciferous
source via Jitunews.com

Jika Anda bingung apa itu sayuran cruciferous, mungkin akan lebih mudah mengenali lobak, kembang kol, selada air dan brokoli, di mana semua sayuran tersebut masuk dalam badan keluarga cruciferous.

Sama seperti jenis sayuran lainnya, sayuran dari keluarga cruciferous juga mempunyai jumlah kalori yang rendah sehingga cocok untuk dijadikan bahan makanan penurun berat badan. Sayuran yang masuk dalam keluarga ini juga memiliki jumlah protein yang lebih tinggi dari jenis sayuran lainnya.

Tidak hanya itu saja, sayuran cruciferous juga berserat tinggi yang mampu membantu Anda untuk menahan lapar lebih lama.

  1. Sayuran hijau
sayuran hijau
source via kanal247.com

Sudah pasti Anda mengetahui bahwa segala jenis sayuran hijau sangat baik untuk kesehatan tubuh, di mana sayuran hijau juga merupakan salah satu jenis bahan makanan yang mampu membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat.

Sayuran hijau dikenal akan nilai kalori yang sangat rendah dan mengandung mineral dan vitamin yang mampu menjaga tubuh agar tetap bugar.

Sayuran hijau juga memiliki kepadatan energi rendah sehingga mampu membuat Anda merasa kenyang lebih cepat dan lama.Tentu saja sayuran hijau juga mengandung serat tinggi yang sangat baik pencernaan.

  1. Wortel
wortel
source via merdeka.com

Sudah tidak diragukan lagi bahwa wortel merupakan jenis sayuran yang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin A dan juga mineral. Tidak hanya itu saja, wortel juga mengandung lemak jenuh dan tidak jenuh serta karbohidrat yang tinggi.

Namun, wortel memiliki kadar kalori rendah yang sangat cocok untuk dikonsumsi ketika sedang diet. Anda bisa mengkonsumsi wortel sebagai jus, olahan makanan lain dan bahkan dimakan mentah. Untuk konsumsi wortel dalam keadaan mentah pastikan kondisi wortel sudah dalam keadaan bersih.

Jenis makanan penurun berat badan lainnya

Selain buah dan sayur, Anda juga membutuhkan beberapa jenis makanan lainnya yang juga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Di mana tentu kandungan yang ada dalam makanan ini mempunyai peran penting agar tubuh bisa mendapatkan gizi yang seimbang selain dari sayur dan buah. Berikut ini adalah beberapa jenis makan lainnya:

  1. Telur rebus
telur rebus
source via sajiansedap.grid.id

Telur adalah salah satu sumber protein yang dapat dengan mudah didapatkan, di mana telur masuk dalam daftar makanan penurun berat badan.

Selain mengandung protein yang sangat baik untuk tubuh, telur juga bisa menahan lapar. Dalam telur sendiri terdapat kandungan nutrisi tinggi yang sangat baik bagi tubuh ketika sedang menjalani diet, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan gizi saat berdiet.

  1. Yoghurt
yoghurt
source via bisnisukm.com

Yoghurt adalah salah satu jenis olahan susu yang mengandung probiotik, di mana kandungan ini mampu menjaga usus agar dapat berfungsi dengan baik. Kondisi usus yang sangat baik akan mampu menjaga organ dari peradangan dan resistensi lepin yang merupakan faktor utama pendorong hormon penyebab obesistas.

Sangat disarankan bagi Anda untuk memilih yoghurt yang tinggi lemak karena dipercaya mampu membantu Anda terhindar dari obesitas dan juga Diabetes tipe 2. Jika bisa hindari yoghurt yang tidak memiliki kandungan gula atau plain.

Itu adalah beberapa makanan penurun berat badan dengan cepat yang disarankan. Jika ingin menjalankan diet yang lebih aman, tidak ada salahnya berkonsulitasi dengan ahli. Sehingga tubuh bisa menerima diet dengan baik dan tetap dalam kondisi sehat.

Show More

HelloMello

Menulis dengan passion

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close