Tips & Trik

Jarang Orang Tahu! 4 Makanan ini Cocok untuk Musang luwak

Para pecinta kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan kopi jenis luwak. Sebagai salah satu jenis kopi termahal di dunia, kopi ini dibuat dengan proses yang sangat unik di mana melibatkan seekor musang.

Pada hakikatnya musang merupakan hewan yang tergolong dalam jenis karnivora (pemakan daging), namun banyak orang berasumsi bahwa musang dapat tergolong ke dalam jenis omnivora alias pemakan segala.

Asumsi tersebut ternyata dapat dibenarkan karena memang musang tidak hanya menyukai daging namun mereka juga menyukai buah dan juga biji-bijian.

Itulah sebabnya kita bisa mengenal kopi jenis luwak yang sangat nikmat. Adapun jenis musang yang cocok untuk proses pembuatan kopi luwak yaitu musang pandan atau yang biasa kita sebut dengan musang luwak. Hal ini karena tidak semua musang cocok untuk proses pembuatan kopi.

Selain digunakan untuk produksi kopi luwak, musang juga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan karena dianggap lucu dan menggemaskan.

Sayangnya tidak semua orang paham tentang makanan yang baik dan cocok untuk musang. Meski termasuk sebagai golongan hewan karnivora, namun ternyata terdapat beberapa makanan yang sangat cocok untuk musangĀ  dan tentunya menyehatkan.

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan musang, khususnya musang luwak tak perlu harus selalu memberikan makanan jenis daging. Selain daging, makanan-makanan di bawah ini sangat cocok untuk mereka. Yuk langsung saja simak uraiannya di bawah ini!

4 Makanan yang Cocok untuk Musang Luwak

Musang luwak merupakan hewan yang harus dijaga dan dirawat dengan baik, terutama jika hewan tersebut digunakan untuk proses pembuatan kopi, maka harus dipastikan bahwa asupan makanannya bergizi dan juga sehat.

Untuk membuat musang sehat ternyata tidak harus selalu diberikan makanan daging saja, inilah dia 4 makanan yang cocok untuk musang luwak. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Buah Pisang dan Pepaya

Makanan Musang Luwak Pisang dan Pepaya

Bukan hanya baik untuk manusia, buah pisang dan pepaya ternyata sangat cocok untuk musang luwak. Kandungan buah pisang memiliki 0,2 % lemak, 2 % protein, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin E yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh, metabolisme, dan kesehatan bulu musang luwak. Selain itu buah pisang juga mengandung zat besi dan kalsium yang sangat baik untuk tulang.

Begitupun dengan buah pepaya yang mengandung 0,5 % protein, 0,2 % lemak, serta vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatannya.

2. Nasi

Makanan Musang Luwak Nasi

Nasi merupakan makanan pokok manusia terutama masyarakat di indonesia. Nasi mengandung serat, karbohidrat, vitamin serta mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan. Selain cocok dikonsumsi manusia, siapa sangka ternyata nasi juga sangat baik jika diberikan kepada musang luwak.

Nasi akan membantu musang menjadi lebih sehat dan gemuk, terutama jika diberikan kepada musang yang memproduksi kopi luwak maka kualitas kopi akan semakin meningkat. Dalam penyajiannya, nasi biasanya dicampur dengan kecap ataupun daging sehingga musang semakin berselera untuk memakannya

3. Daging Ayam

Makanan Musang Daging Ayam

Tidak harus selalu daging sapi, musang luwak juga bisa diberi makan daging ayam. Daging ayam mengandung lemak, kalsium dan juga protein yang sangat tinggi sehingga mampu menjadikan musang memiliki kesahatan yang sangat prima, selain itu daging ayam juga sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan juga kolesterol di dalam tubuhnya.

4. Susu dan Vitamin

Makanan Musang Susu dan Vitamin

Susu dan vitamin merupakan makanan yang sangat cocok untuk musang karena mengandung gizi yang sangat baik. Susu dan vitamin akan menjadikan musang selalu sehat dan bugar serta menjadikannya lebih aktif. Kalsium yang baik dari susu juga akan menghindarkan musang dari resiko cacat seperti pincang.

Jika Anda bingung memilih vitamin yang tepat untuk musang, maka bisa diberikan makanan vitamin yang biasanya diberikan untuk kucing atau anjing di mana banyak dijual di tempat pet shop.

Nah itu tadi 4 makanan yang sangat cocok untuk musang luwak. Untuk membuat musang selalu sehat, pastkan pola makannya terjaga dan terjadwal dengan baik. Selain itu, Anda juga harus tahu makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh musang luwak. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Jenis Makanan yang Tidak Baik untuk Musang Luwak

1. Makanan Snack

Snack merupakan makanan ringan yang biasanya dikonsumsi oleh manusia. Meskipun beberapa snack mengandung gizi yang baik, namun jangan sekalipun memberikannya pada musang karena biasanya snack mengandung banyak MSG atau monosidum glutamat yang berbahaya bagi tubuhnya. Jika dikonsumsi terus-menerus, MSG dapat menimbulkan beragam penyakit hingga menimbulkan kematian.

2. Makanan yang Berminyak

Makanan berminyak sangat tidak direkomendasikan untuk musang luwak karena minyak mengandung asam lemak yang tidak cocok untuk untuk organ tubuhnya. Selain itu makanan berminyak juga mengandung lemak yang akan beresiko membuat musang menjadi obesitas.

Show More

srirejeki

Writing can explain anything without having to say too much, its Cool !!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close