Wisata

Makanan Khas Melayu Yang Nikmat dan Menggugah Selera

Suku bangsa Melayu adalah salah satu suku yang banyak tinggal di Indonesia, terutama di daratan tanah Sumatera. Itu sebabnya banyak hasil kebudayaan Melayu yang disukai dan menjadi favorit di negara ini. Salah satunya adalah berbagai makanan khas yang mungkin pernah kita dengar kemashurannya.

Makanan dari budaya Melayu umumnya menggunakan rempah yang cukup banyak, serta ada rasa asam maupun pedas sebagai cita rasa khas. Agar tak ketinggalan pengetahuan saat mencoba makanan enak, ini sederet daftar makanan khas Melayu yang bisa bikin bergoyang lidah. Jangan lupa untuk menjadikan daftar ini sebagai acuan saat hunting kuliner di akhir pekan mendatang.

Makanan Ringan Khas Melayu Yang Cantik Dan Lezat

 

1. Bolu Kemojo

makanan khas melayu Bolu Kemojo
Source via banyumurti.net

Siapapun yang pernah pergi ke kota Pekanbaru pasti pernah mendengar tentang bolu Kemojo. Warnanya yang hijau membuat kita bisa menebak akan adanya cita rasa dan aroma daun pandan pada kue ini. Rasanya juga lembut dan manis, memang paling cocok dijadikan sebagai dessert atau sebagai teman ngopi.

Nama lain dari kue ini adalah bolu Kojo yang berarti bunga Kemboja, karena bentuk kue tersebut menyerupai bunga Kemboja. Bolu yang sering ada pada acara-acara adat ini selain populer di Riau juga bisa ditemui di Palembang, Jambi dan Bengkulu. Kue bolu ini dibuat dengan cara dikukus, sehingga rupanya seperti kue basah khas makanan tradisional Indonesia.

2. Kue Asidah

makanan khas melayu kue asidah
Source via deskgram.net

keluarga raja. Mungkin itu sebabnya makanan yang terinspirasi dari makanan Timur Tengah ini hingga sekarang hanya disajikan sebagai makanan pembuka untuk acara-acara spesial. Misalnya hari raya keagamaan, hantaran pesta pernikahan maupun syukuran.

Bentuk dari kue ini juga disesuaikan dengan keinginan si pembuat kue, sehingga kue ini bisa ditemukan dalam berbagai bentuk dan rupa. Namun yang konsisten tentu kelezatan rasanya, yaitu lembut dan manis ditambah aroma rempah, serta ada rasa gurih dari bawang goreng yang bertabur di atasnya. Cara memakannya juga unik, yaitu dimulai dari bagian bawah. Sebab menurut budaya setempat bila memakan dari bagian atas dianggap kurang etis atau kurang sopan.

Baca juga: Libur Telah Tiba!! Yuk Intip 5 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bandung

3. Kue Bangkit

makanan khas melayu Kue Bangkit
Source via blog.traveloka.com

Kue yang merupakan makanan khas Melayu ini sering kita temui saat lebaran. Rasa kue berbahan dasar tepung ini manis dan memiliki tekstur yang unik sehingga ketika masuk ke dalam mulut, kue ini akan seketika hancur serta lumer. Nama kue bangkit ini konon disebabkan karena pada saat kue ini matang, maka kue ini akan ‘bangkit’ dan mengembang hingga dua kali lipat dari ukuran adonan awalnya.

4. Lempok Durian

makanan khas melayu Lempok Durian
Source via tokopedia.com

Lempok Durian berasal dari Bengkalis Riau dan merupakan kue sejenis dodol. Banyaknya pohon durian membuat penduduk setempat berkreasi mengolah buah durian yang tak dimakan langsung, sehingga dibuat dalam bentuk lempok ini. Durian dalam lempok ini diolah melalui proses fermentasi sehingga kue ini dapat bertahan lama, walaupun tanpa menggunakan bahan pengawet.

Makanan Khas Dari Melayu Yang Mengenyangkan Walau Tanpa Nasi

  1. Roti Jala dan Roti Canai
makanan khas melayu
Source via mieacehseulawah.com

Roti Jala dan Roti Canai menggunakan berbagai bumbu yang kurang lebih sama. Perbedaan antara keduanya terletak pada cara mengolahnya sehingga terlihat perbedaan pada bentuk rotinya. Dari cita rasanya bisa ditebak bahwa makanan ini awalnya dibawa oleh orang-orang India yang merantau ke daratan Melayu. Roti Canai dan Roti Jala merupakan makanan khas Melayu yang sudah terkenal bukan hanya di Indonesia khususnya pulau Sumatera, namun juga di Malaysia. Masyarakat Indonesia sangat suka menyajikan roti tersebut dengan kuah kari kambing.

2. Mie Sagu

makanan khas melayu Mie Sagu
Source via facebook.com

Makanan khas ini memiliki cita rasa campuran dari gurih dan manis. Apa yang membuat mie ini spesial karena di dalamnya terdapat ikan bilis (teri), tauge dan daun kucai. Karena berbahan dasar sagu, maka mie ini terasa lebih kenyal sehingga berbeda dengan mie lain yang pada umumnya berbahan dasar tepung terigu.

Baca juga: 11 Desa Terindah di Dunia, diantaranya ada di Indonesia

3. Mie Lendir

makanan khas melayu Mie Lendir
Source via idntimes.com

Mie yang berasal dari daerah Tanjungpinang ini mempunyai kuah yang agak kental. Hal yang membuat mie ini terasa spesial dibandingkan mie pada umumnya adalah karena adanya kacang tanah dan ubi jalar pada kuah, sehingga mie ini mempunyai rasa yang khas.

Makanan Khas Melayu Yang Cocok Disantap Dengan Nasi Hangat

1. Cencalok

makanan khas melayu Cencalok
Source via pintaram.com

Sebenarnya Cencalok adalah cocolan semacam sambal, yang pedas dan gurih. Makanan ini terbuat dari udang geragau yang konon semakin sulit didapatkan. Proses pembuatan Cencalok juga cukup panjang, dimana udang terlebih dahulu difermentasi selama 20-30 hari. Kemudian setelah itu udang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bumbu rempah sehingga akhirnya siap disantap.

2. Sup Tunjang

makanan khas melayu Sup Tunjang
Source via parenting.orami.co.id

Menikmati makanan berkuah yang gurih dan hangat berisi potongan tulang muda dan iga sapi tentu sangat memuaskan. Saat disajikan, Anda disediakan sebuah sedotan yang akan digunakan untuk menyedot sumsum dari tulang sapi. Selain itu daging sapi yang melekat pada potongan tulang juga masih cukup tebal sehingga dagingnya juga masih bisa dinikmati. Selain tulang sapi terdapat potongan sayur seperti kentang, wortel, tomat serta irisan daun bawang. Rasa khas sop ini berasal dari rempah-rempah yaitu kayu manis, cengkeh dan jahe.

3. Ikan Asap Selais

makanan khas melayu Ikan Asap Selais
Source via gramho.com

Ikan selais merupakan jenis ikan yang populer di provinsi Riau. Biasanya ikan ini diolah dahulu dengan cara diasap selama kurang lebih 8 jam. Mengolah ikan dengan cara ini adalah cara yang telah dipelajari masyarakat secara turun temurun. Setelah diasap, maka ikan akan memiliki aroma khas, serta dapat bertahan hingga setahun.

Setelah diasap, ikan ini bisa diolah lagi dengan berbagai cara. Namun masyarakat Riau senang menikmati makanan khas melayu ini dengan menggoreng ikan asap tersebut, dan disantap dengan tambahan cocolan sambal. Sambal yang digunakan adalah sambal pedas dengan bahan cabai merah, bawang merah dan jeruk nipis.

4. Asam Pedas Patin

makanan khas melayu Asam Pedas Patin
Source via pikdo.net

Salah satu makanan favorit di daerah Riau ini menggunakan ikan patin sebagai bahan utamanya. Ikan ini memang termasuk ikan yang populer dan cukup banyak ditemui di daerah tersebut. Dengan mendengar nama tumisan berkuah ini saja udah bisa dibayangkan apa yang menjadi daya tarik utamanya, yaitu rasa pedas dan asam yang menyegarkan.

Baca juga: Tempat Makan Murah di Puncak, Hanya Ada Disini!

5. Gulai Rampai

Apabila pada umumnya sajian gulai yang kita temui memakai bahan utama daging sapi maupun ayam, tidak demikian dengan sajian kali ini. Gulai rampai menggunakan berbagai macam sayur untuk bahan dasarnya. Sebut saja kacang panjang, terong ungu, oyong, rimbang serta kecombrang. Selain itu ada pula ebi yang ditabur ke dalam gulai, hingga memberi tambahan rasa gurih dan nikmat.

6. Soto Mak Lung Terkejut

makanan khas melayu Soto Mak Lung Terkejut
Source via budayamelayu-riau.blogspot.com

Mendengar namanya, tentu timbul pertanyaan di benak kita, kira-kira apa yang menyebabkan makanan khas melayu ini dinamakan demikian? Bisa jadi karena rasanya yang asam dan pedas sehingga membuat suapan pertama ‘mengejutkan’ orang yang sedang menyantapnya. Namun tentu makanan ini populer bukan karena namanya, namun rasa yang khas dengan rempah-rempah yang banyak. Bahan utama makanan ini adalah daging sapi, tauge, soun, kentang dan kacang kedelai. Ditambah dengan emping sebagai pelengkap membuat rasa makanan ini semakin sedap.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close