TeknologiTips & Trik

4 Cara Mudah Atasi Koneksi Internet Tidak Stabil

Dalam penggunaan perangkat komputer maupun smartphone pasti tidak akan terlepas dari hadirnya internet dalam menjalankan fungsinya. Perangkat teknologi modern yang tidak didukung dengan jaringan internet akan terasa hampa dan sia-sia, bagaikan masakan tanpa garam yang akan terasa hambar!!

Begitulah perumpamaan perangkat teknologi tanpa adanya jaringan internet bagi kebanyakan orang. Tak jarang koneksi internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi seluruh kalangan masyarakat terutama bagi para pengguna gadget.

Di era industri 4.0 ini kehadiran internet bukan hanya digunakan untuk menunjang kegiatan komunikasi saja. Lebih dari itu, saat ini internet sangat berperan penting dalam mendukung kelancaran bisnis seseorang seperti berjualan online, menjadi seorang blogger, atau menjadi seorang youtuber.

Itulah alasan dibalik pentingnya internet khususnya di era modern yang serba digital ini.

Namun seperti kebanyakan teknologi lain, internet tentu saja memiliki kekurangan yang terkadang sering menjadi masalah yang mengganggu seseorang.

Dan masalah yang sering terjadi yaitu koneksi internet sering dirasa tidak stabil bahkan sangat lambat hingga mengganggu jalannya kelancaran kegiatan seseorang.

Saat koneksi internet tidak stabil, para pengguna internet tidak dapat mengakses dunia maya dengan nyaman. Bahkan bisnis online dapat menjadi terganggu dan menimbulkan kerugian.

Tahukah Anda sebenarnya koneksi internet yang bermasalah itu tidak terjadi dengan sendirinya atau tanpa adanya sebab.

Bukan hanya mencari solusi saja yang harus Anda lakukan, namun ada baiknya Anda juga harus mengetahui apa saja hal-hal yang membuat internet menjadi tidak stabil. Dan langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!!

Penyebab Utama Koneksi Menjadi Tidak Stabil

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi koneksi internet yang bermasalah, Anda juga harus mengetahui hal-hal apa saja yang membuat hal itu terjadi. Dan 4 penyebab utamanya adalah sebagai berikut:

1. Jaringan yang Digunakan Belum Didukung dengan 4G

Saat ini hampir setiap perangkat smartphone pasti sudah dilengkapi dengan fitur jaringan 4G yang mana memiliki kualitas jaringan internet paling baik diantara yang lainnya.

Penyebab utama koneksi internet tidak stabil yaitu karena jaringan yang digunakan selalu beralih ke 3G dan 4G. Saat perangkat yang Anda gunakan belum didukung dengan jaringan 4G maka sudah dipastikan koneksi internet akan menjadi tidak stabil hingga sering terasa lambat.

2. Pemakaian Internet dengan Berlebihan

Seorang gamers atau pengguna internet untuk kebutuhan bermain game, pasti akan membutuhkan banyak penggunaan kuota internet untuk menjalankan game online yang disukainya.

Tak heran dalam jangka waktu 1 bulan rata-rata pengguna internet akan menghabiskan kuota sebanyak 10 GB atau bahkan lebih.

Namun tanpa banyak orang sadari, koneksi internet tidak stabil biasanya sering terjadi akibat penggunaan internet yang terlalu over alias berlebihan.

Jika terus menggunakan internet secara berlebihan, maka bukan hanya koneksi saja yang akan melambat dan bermasalah, kuota internet akan cepat habis dan Anda pun akan menjadi orang yang boros.

3. Adanya Malware Atau Virus Pada Perangkat

Malware
lampung.tribunnews.com

Dalam setiap perangkat teknologi tentu saja tidak akan pernah terlepas dari kehadiran virus dan malware yang sangat jahat.

Saat komputer atau gadget terserang virus maka sudah dipastikan seluruh kelancaran sistem di dalamnya akan terganggu atau bahkan mengalami kerusakan. Tak jarang virus atau malware dapat mengganggu kelancaran koneksi internet karena merusak file atau sistem komputer.

Nah, untuk Anda yang sering mengalami koneksi internet tidak stabil, tak perlu pusing dan khawatir lagi ya!! Dengan mengetahui penyebab-penyababnya Anda tentu bisa menghindar dan meminimalis hal tersebut.

Dan tahukah Anda, sebenarnya terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Cara yang bisa dilakukan pun cukup mudah dan simpel, Anda tidak perlu repot harus membawa perangkat komputer atau smartphone Anda ke tempat ahli internet.

Seperti apa sih cara tersebut?? Yuk langsung saja simak uraiannya di bawah ini!

Atasi Koneksi Internet Tidak Stabil dengan 4 Cara Ini!!

Setelah kita mengetahui dengan jelas penyebab koneksi internet menjadi tidak stabil, maka cobalah cara dibawah ini yang akan mengembalikan kelancaran internet Anda. Dan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Perangkat Sudah Menggunakan Jaringan 4G
Jaringan 4G
source via: liputan6.com

Untuk mengatasi koneksi internet tidak stabil, maka pastikanlah perangkat yang Anda gunakan sudah didukung dengan jaringan 4G.

Seperti yang kita tahu, jaringan 4G memiliki performa akses internet yang stabil dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Dijamin koneksi Anda akan selalu berjalan dengan optimal dan lancar saat digunakan.

2. Bersihkan Perangkat dari Virus dan Malware Secara Rutin

Cara paling mudah mengatasi koneksi internet tidak stabil yaitu dengan membersihkan perangkat dari virus dan juga malware. Untuk itu, sebaiknya lakukanlah pembersihan perangkat dari virus dan malware secara rutin agar koneksi internet dapat selalu berjalan dengan lancar.

Cara membersihkan virus dan malware pun cukup mudah, dalam perangkat smartphone biasanya akan tersedia fitur khusus pembersih virus dan file-file jahat yang mengganggu.

Atau jika perangkat Anda belum dilengkapi dengan fitur tersebut, maka bisa juga menginstal aplikasi pembersih virus dan malware yang saat ini banyak ditemukan di google playstore.

Saat memilih aplikasi pembersih virus sebaiknya jangan dilakukan asal dan sembarangan, pilihlah aplikasi yang terpercaya dengan rating tinggi supaya perangkat Anda tetap aman.

3. Hilangkan Aplikasi Berbahaya dan Auto Run

Koneksi internet tidak stabil
source via: smartponsel.net

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sudah cukup jelas bahwa malware atau virus dapat menjadi salah satu penyebab terganggunya kelancaran internet.

Maka mulai sekarang, sudah saatnya bagi Anda untuk menghapus atau menghilangkan aplikasi-aplikasi berbahaya yang berbau negatif.

Jika dibiarkan bukan koneksi internet saja yang akan terganggu, namun perangkat komputer atau smartphone Anda dapat terancam mengalami kerusakan akibat virus dan malware yang biasanya masuk melalui aplikasi berbahaya tersebut.

4. Berikan Batasan Penggunaan Internet Pada Perangkat Anda

Dalam beberapa keadaan setiap orang akan dibuat tidak sadar atas penggunaan internet yang dijalankan, terkadang dalam satu hari seseorang bahkan bisa menghabiskan banyak kapasitas kuota hingga 5 sampai 10 GB.

Kondisi itulah yang akhirnya membuat koneksi internet menjadi tidak stabil bahkan terasa sangat lambat saat digunakan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka mulailah untuk mengingatkan diri sendiri agar tidak terlalu berlebihan menggunakan internet. Anda pun bisa memberikan batasan internet pada perangkan yang digunakan.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan yang ada di dalam perangkat kemudian dalam menu jaringan internet Anda bisa menetapkan batasan penggunaan.

Biasanya dalam perangkat smartphone, Anda akan disuguhkan dengan pemilihan batasan waktu dalam 1 hari, 1 minggu, hingga 1 bulan atas besaran kuota yang bisa digunakan.

Di menu pengaturan tersebut Anda akan menentukan sendiri besaran kuota yang akan Anda batasi, mulai dari 200 MB per hari hingga 5 GB per harinya. Cukup mudah dan simpel bukan??

Show More

srirejeki

Writing can explain anything without having to say too much, its Cool !!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close