Inspirasi

Ini Loh Berbagai Khasiat Daun Cincau untuk Tubuh

Mendengar kata cincau, biasanya langsung terbayang minuman manis dan dingin, yang sering dijadikan dessert atau minuman pembuka pada saat buka puasa. Cincau itu sendiri adalah isian dari minuman ringan, yang memiliki tekstur seperti agar-agar atau gel.

Terdapat dua tipe cincau yang kita ketahui yaitu hitam dan hijau. Antara cincau hitam dan cincau hijau terdapat perbedaan bukan hanya dari warna, namun juga dari cita rasanya. Kedua jenis cincau tersebut bahan dasarnya adalah daun cincau, yang melalui proses pengolahan sehingga menjadi cincau seperti yang kita konsumsi.

Daun Cincau Bukan Sekedar Bahan Minuman Ringan

Cincau yang kita kenal sebagai bahan untuk isian minuman ringan atau minuman penutup, dihasilkan dari tumbuhan. Cincau hijau dibuat dari daun tanaman rambat Cylea berbata Myers dan tanaman perdu Premna oblongifolia. Sedangkan cincau hitam berasal dari daun tanamanĀ Mesona palustris.

Proses pengolahan dari daun hingga menjadi cincau, berbeda antara yang hitam dengan yang hijau. Di mana proses pembuatan cincau hitam sedikit lebih rumit dari cincau hijau. Tambahan bahan yang dicampurkan dalam proses pengolahan juga berbeda.

Nama cincau, berasal dari dialek Hokkian yaitu sienchau. Dialek ini biasanya dilafalkan oleh orang Tionghoa yang tinggal di Asia Tenggara. Tidak heran, bila minuman dengan isian cincau sangat populer di Asia, termasuk Asia Tenggara.

Efek segar dari meminum cincau membuatnya ideal sebagai minuman penyejuk tubuh atau pelepas dahaga. Namun kandungan vitamin dan zat-zat berguna di dalam daun cincau ternyata sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan. Walaupun berbeda jenis tanaman, baik cincau hitam maupun hijau memiliki kandungan vitamin, serat, serta berbagai zat yang sangat baik untuk tubuh kita.

Khasiat Daun Cincau Bagi Tubuh

Khasiat Daun Cincau Bagi Tubuh Kita

1. Meredakan sakit tenggorokan

Manfaat cincau untuk tenggorokan mungkin pernah Anda dengar sebelumnya. Memang ketika dikonsumsi, cincau akan membuat tenggorokan terasa adem. Kandungan kalsium, fosfor serta vitamin A, B1 dan C pada cincau hitam baik untuk dikonsumsi apabila Anda sedang sakit tenggorokan. Jadi, khasiat cincau untuk tenggorokan memang berasal dari zat-zat yang terkandung di dalamnya, bukan hanya karena efek sejuk yang terasa di mulut saja lho.

2. Sebagai anti demam

Gejala demam mungkin sering dianggap seperti penyakit sehari-hari, sehingga kadang Anda malas untuk terburu-buru pergi ke dokter. Sebagai pengobatan awal, Anda bisa mengonsumsi air perasan daun cincau hijau untuk menurunkan gejala demam.

Sebab, daun cincau hijau mengandung zat saponin, alkaloid, fosfor, polifenol juga vitamin A dan B yang dipercaya mampu berfungsi sebagai anti demam dan racun. Namun tentu bila gejala masih terus berlanjut maka Anda harus menemui dokter.

3. Menjaga sistem pencernaan

Cincau adalah semacam gel atau agar-agar alami yang terbuat dari tumbuhan, khususnya daun cincau. Dengan demikian, cincau termasuk panganan yang tinggi akan serat. Seperti yang telah kita ketahui, serat sangat baik untuk sistem pencernaan.

Dengan demikian, mengonsumsi cincau pada bulan puasa memang sungguh tepat. Sebab bukan saja es cincau sangat cocok sebagai minuman pembuka, namun juga bisa sekaligus menjaga sistem pencernaan agar puasa dapat berjalan lancar.

Menjaga sistem pencernaan

4. Mengatasi asam lambung tinggi

Baik karena gaya hidup maupun kondisi tertentu, bisa menyebabkan asam lambung naik dan menyebabkan berbagai gejala penyakit. Antioksidan pada cincau hitam dapat membantu mengatasi gejala-gejala akibat hal tersebut. Selain itu, senyawa yang terdapat pada cincau hitam akan membantu menurunkan aktivitas enzim. Hal tersebut berdampak kepada turunnya asam lambung.

5. Mengobati gangguan diare

Cincau hitam memang baik sekali untuk kesehatan sistem pencernaan. Salah satunya adalah kemampuan cincau hitam ini untuk menghambat bakteri serta membersihkan bakteri di saluran pencernaan. Dengan membersihkan bakteri pada sistem pencernaan, diharapkan gangguan diare yang diderita dapat segera berhenti, dan gejala sakit perut pun akan hilang.

6. Penangkal racun seafood

Seafood adalah salah satu jenis makanan yang sangat digemari. Sayangnya, beberapa jenis hewan laut yang kita konsumsi kadang bisa menyebabkan keracunan. Apabila hal ini terjadi, meminum air perasan dari daun cincau akan sangat berguna untuk pertolongan pertama.

Baca juga: Kenali Manfaat Tempe Untuk Kesehatan Tubuh

Caranya adalah menambahkan air matang pada 5-10 lembar daun cincau yang telah dibersihkan, lalu daun diremas sehingga menghasilkan air perasan. Antioksidan yang terkandung, baik pada cincau hijau maupun cincau hitam akan membantu menetralkan racun dari seafood tersebut.

Cincau Penangkal racun seafood

7. Meringankan gejala malaria

Kandungan alkaloid yang terkandung pada daun cincau hijau mungkin tidak langsung menghilangkan penyakit malaria. Namun kandungan ini akan sangat membantu dalam mengendalikan gejala-gejala akibat penyakit malaria.

8. Meminimalisir resiko penyakit diabetes

Penderita diabetes melitus diharapkan untuk selalu mengendalikan kadar gula dalam darah, salah satunya melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Ada baiknya bagi penderita diabetes untuk rutin mengonsumsi cincau secara teratur. Sebab, daun cincau hijau mengandung zat bisbenzilsokuinolin serta klorofil. Kedua zat ini sangat baik untuk membantu tubuh menstabilkan kadar gula dalam darah.

9. Mencegah masalah darah tinggi

Cincau hijau mengandung senyawa S-S tetandrin yang sangat baik untuk mengatasi masalah darah tinggi. Senyawa tersebut membantu melebarkan pembuluh darah dalam tubuh, yang pada akhirnya akan menyebabkan aliran darah lebih lancar. Dengan mengonsumsi daun cincau secara rutin 3 kali seminggu, diharapkan dapat membantu pasien tekanan darah tinggi.

Cincau Mencegah masalah darah tinggi

10. Membantu mencegah Osteoporosis

Penurunan kepadatan tulang atau osteoporosis dapat dicegah dengan bantuan zat-zat bermanfaat yang kita konsumsi. Pada cincau hitam terdapat kalsium, fosfor serta magnesium yang tinggi. Berbagai senyawa ini berfungsi untuk membantu tubuh meregenerasi tulang sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Baca juga: 8 Makanan Penurun Berat Badan dengan Cepat

11. Mencegah sel tumor

Sel tumor telah kita ketahui sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker. Oleh karena itu lebih baik bila kita melakukan usaha-usaha pencegahan, agar sel tumor tak sempat menghampiri tubuh. Radikal bebas adalah salah satu penyebab timbulnya sel tumor. Antioksidan adalah zat yang sangat baik dalam membantu tubuh kita memerangi radikal bebas.

Pada cincau hitam terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Sedangkan cincau hijau mengandung antioksidan, senyawa isokondrodendrin, alkaloid serta S-S tetandrin yang dapat mematikan sel tumor. Selian itu berbagai zat tersebut juga meningkatkan sistem imunitas pada tubuh.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close