PropertiTips & Trik

Ini Dia Cara Ciptakan Kesan Kamar Tidur yang Luas

Dalam sebuah rumah, memiliki kamar adalah hal yang paling penting. Mengingat kamar ini menjadi tempat kita untuk beristirahat ataupun melakukan hal yang lebih pribadi. Memiliki kamar tidur luas mungkin menjadi impian bagi beberapa orang. Akan tetapi hal ini tidak mudah terwujud, mengingat kamar tidur yang luas tentu harus didukung bangunan yang juga cukup luas.

Bagi kamu yang mempunyai kamar dengan ukuran minimalis tidak perlu khawatir, karena bisa mengatur kamar sedemikian rupa agar mendapatkan kesan yang luas. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dijadikan inspirasi untuk kamu. Mari disimak baik-baik berbagai informasinya.

Cara Membuat Kamar Tidur Terlihat Luas

Membuat kamar tidur agar tampak lebih luas tidaklah sulit, selama kamu sendiri bisa menata dan memilih dekorasi yang tepat. Di bawah ini ada beberapa cara yang mampu menciptakan kesan kamar tidur yang luas. Yuk, kita lihat sama-sama.

1. Pilih Cat Tembok Warna Terang

kamar tidur terang

Untuk menciptakan kesan kamar tidur luas pada ruangan kamar yang mungil adalah dengan memilih cat tembok dengan warna yang terang, salah satu warna tersebut adalah warna putih.

Selain warna putih, kamu juga bisa menggunakan berbagai warna pastel yang mampu membuat kesan yang berbeda pada kamar. Jika warna putih menciptakan kesan luas dan bersih, untuk warna-warna pastel sendiri akan menciptakan kesan lembut dan tenang pada kamar. Sehingga kamu dapat beristirahat dengan sangat baik.

2. Tirai atau Gorden yang Berdesain Sederhana

Gorden Sederhana

Setiap ruangan tentu saja sebisa mungkin memiliki pencahayaan alami yang masuk melalui jendela. Untuk kamar tidur mungil, ada baiknya menggunakan penutup jendela atau biasa kita sebut gorden dan tirai yang sederhana. Hindari penggunaan gorden yang memiliki kesan berat atau berlapis.

Ada baiknya kamu memilih tirai dengan desain minimalis, seperti roller blind atau vertical blind. Jika ingin mendapatkan aksen yang cantik mungkin kamu bisa menggunakan model gorden biasa yang diberikan dekorasi bordir ataupun warna gradasi.

3. Letakan Perabot Seperlunya

perabotan kamar

Sama seperti ruangan lain, kamar tidur juga perlu diletakan perabotan seperti ranjang, lemari dan lain sebagainya. Karena kamar tidur adalah ruangan yang paling sering digunakan, maka untuk membuat kesan luas ada baiknya kamu tidak meletakan perabotan yang berlebihan.

Letakan perabot yang sekiranya memang sangat dibutuhkan di kamar. Jika perlu kamu memilih perabot dengan desain minimalis atau juga menggunakan furniture yang multifungsi. Seperti contohnya kamu menggunakan tempat tidur yang juga bisa dilipat menjadi sofa dan lain sebagainya. Letakan perabot yang ukurannya juga sesuai dengan kamar tidur. Hindari penggunaan perabot yang terlalu memakan ruangan.

4. Ranjang ala Jepang

Ranjang ala Jepang

Pemilihan ranjang pada kamar tidur yang mungil terkadang sangat membingungkan, karena bisa saja salah memilih dan membuat kamar terlihat sumpek. Untuk mengakali hal ini, kamu dapat memilih menggunakan kasur yang cukup digelar di lantai seperti layaknya orang Jepang.

Setelah tidak digunakan kasur pun bisa dilipat atau digulung sehingga kamar akan terlihat luas ketika tidak sedang dipakai beristirahat. Lengkapi dengan meja ataupun kursi yang memiliki kaki rendah, dimana dengan adanya jarak lebih jauh dari langit-langit kamar maka ruangan akan memiliki kesan luas yang diinginkan.

5. Lemari Tinggi dengan Cermin

Lemari Tinggi dengan Cermin

Menciptakan kamar tidur luas bisa kamu akali dengan memilih lemari tinggi dan memiliki cermin. Lemari yang tinggi hingga mencapai langit-langit ini akan memberikan ilusi optik, dimana kamar akan terlihat luas. Tidak hanya itu saja, memilih lemari yang terdapat cerminnya pun juga akan memberikan kesan bahwa ruangan tidaklah sempit.

Untuk warna lemari sendiri ada baiknya memilih warna-warna netral yang tidak begitu bertabrakan dengan warna dominan pada kamar. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kamar terlihat sumpek dan tidak nyaman. Untuk lebar lemari pun bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan lebih baik hindari desain lemari yang terlalu rumit seperti yang berukir.

6. Kamar Tidur Luas dengan Cermin

Kamar Tidur Luas dengan Cermin

Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, penggunaan cermin sendiri sangatlah berpengaruh untuk menciptakan kesan luas pada kamar yang sempit.

Cermin yang memantulkan bayangan dengan sangat baik akan memberikan ilusi bahwa kamar memiliki ukuran yang lebih luas. Letakan cermin pada bagian dinding kosong, lemari, belakang pintu, sudut ruangan ataupun dekat jendela.

7. Kosongkan Satu Sisi Ruangan

kamar mungil

Kamu tidak perlu menghias seluruh bagian kamar dengan aneka dekorasi, karena pada kenyataannya dekorasi ataupun ornament yang berlebihan pada kamar yang sempit malah akan memberikan kesan sumpek. Untuk solusi dari peletakan ornament atau dekorasi pada kamar mungil agar tidak terlalu sempit adalah dengan mengosongkan satu sisi pada ruangan.

Tidak selalu pada bagian lantai atau langit-langit, kamu juga bisa mengosongkan satu sisi dinding untuk dipasang hiasan apapun. Dengan mengosongkan satu sisi ini maka mata akan menangkap situasi yang tidak begitu ramai. Selain membuat mata tidak lelah, tentu saja kamu akan merasa lebih nyaman dan juga tenang ketika sedang beristirahat.

8. Peletakan Dekorasi Secara Vertikal atau Horizontal

Dekorasi pada kamar tidur

Dekorasi pada kamar tidur memang sangat penting, agar desain kamar dapat semakin cantik dan indah. Tapi pemilihan dekorasi kamar tidur agar terlihat luas tidak bisa sembarangan, karena kesalahan motif saja bisa membuat kamar terlihat semakin sempit.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat meletakan dekorasi atau ornament secara horizontal ataupun vertical. Semisalnya kamu memilih gorden dengan motif garis vertical, maka pastikan sisa dekorasi juga memiliki motif yang sama ataupun diletakan secara vertical. Jangan pernah mencoba menggunakan keduanya, karena akan membuat kamu mudah pusing dan kamar tidak akan terasa nyaman.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamar tidur luas bagi kamu yang memiliki kamar yang mungil. Nah, dengan adanya cara tersebut kamu bisa memulai untuk menata ulang kembali kamar dan lihat hasilnya. Selamat mencoba.

Show More

HelloMello

Menulis dengan passion

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close