Internet

4 Jenis Backlink SEO untuk Optimasi Blog

Backlink merupakan gabungan dari dua kata back dan link yang berarti tautan balik. Secara garis besar dapat diartikan memberikan tautan kepada situs yang menjadi referensi dari sebuah tulisan. Setiap orang yang ingin mengoptimasi SEO secara maksimal, mau tak mau harus membangun backlink. Namun, ini bukanlah perkara mudah yang bisa diselesaikan dalam hitungan jam. Perlu waktu dan perjuangan ekstra.

Sebelum membangun backlink, Anda harus memastikan bahwa backlink tersebut kontekstual, relevan, dan datang dari situs yang berkualitas. Jangan sampai tautan Anda berasal dari SPAM, tidak terindex google, atau menggunakan teknik blackhat, karena akan mempengaruhi visitor dan rangking di laman google. Untuk itu Anda perlu mengetahui jenis backlink SEO yang benar dan tepat sasaran.

4 Jenis Backlink Berkualitas

Jenis Backlink

1. Contextual Backlink

Nilai dari backlink ini sangat tinggi, karena orang-orang menautkan konten ke situs Anda. Bayangkan saja, sebuah website dengan pengunjung tinggi meletakkan tautan milik Anda di dalam kontennya yang secara tidak langsung mengarahkan visitor untuk berkunjung ke web Anda.

Memang, Anda cukup membuat artikel untuk mendapatkan backlink ini. Akan tetapi, artikel tersebut harus berkualitas dan layak untuk mendapat backlink. Jika artikel Anda memiliki nilai rendah, apalagi tingkat kevalidan informasinya diragukan, maka sangat mustahil untuk menerima backlink jenis ini..

2. Guestbook backlink

Menjadi penulis tamu di situs milik orang lain memang tidak gampang. Apalagi, situs tersebut sudah memiliki ketenaran dan dikenal banyak orang, kesulitannya akan berlipat ganda. Ditambah pula, Anda hanyalah seorang pemula yang belum masyhur dengan kompetensi yang pas-pasan. Ini akan susah luar biasa.

Sebelum berinisiatif untuk menjadi penulis tamu, sila tingkatkan skill atau kemampuan Anda. Terutama dalam dunia tulis menulis yang mengharuskan penguasaan diksi serta EYD yang memadai.

Jika Anda bisa menghasilkan tulisan yang layak baca, bahkan mampu mempengaruhi pembaca dengan pemilihan kata yang sesuai dan mudah dicerna. Apalagi memiliki branding layak jual, maka dengan sendirinya orang-orang akan mengundang Anda untuk menjadi penulis tamu di situs-situs mereka. Saat itulah kesempatan Anda untuk menanam backlink.

3. Blog Comment Backlink

Untuk cara yang ketiga ini sangat mudah. Anda cukup melakukan blog walking alias jelajah blog. Mencari situs-situs berkualitas dan berkomentar di sana. Namun, tak semua situs blog bisa dikomentari. Dan perlu diingat, carilah blog yang memiliki otoritas tinggi, bersifat dofollow, serta low outbond link (orang yang berkomentar sedikit).

Kemudian, pastikan komentar Anda layak untuk ditampilkan dan dibaca. Sebisa mungkin memiliki nilai dan informatif. Jangan sampai menyebar SPAM yang menyebabkan komentar anda dihapus atau diblacklist.

4. PBN

PBN atau Private Blog Network adalah website yang dibangun dengan tujuan menaikkan keword dari sebuah situs tertentu. PBN merupakan jenis backlink yang dibangun sendiri secara manual. Biasanya jasa backlink menggunakan aged domain dari platform seperti blogspot atau wordpress. Jumlahnya tidak terbatas dan bisa diatur sesuai kemampuan.

Jika Anda enggan membuat PBN secara manual dan merasa terlalu mengambil banyak waktu, tak perlu khawatir, kini sudah banyak penyedia PBN berkualitas dan terpercaya yang bisa Anda temukan di internet kapan saja. Tentu, ada harga yang harus dibayar. Semakin tinggi harganya, semakin terjamin pula kualitasnya.

Demikianlah 4 jenis backlink SEO yang bisa diterapkan di situs Anda. Memang masih Ada beberapa jenis yang belum dibahas, seperti social media backlink, link profile backlink, document sharing backlink, dan semacamnya. Jangan cemas, Anda bisa mempelajarinya secara mandiri.

Show More

Juragan

Portal Informasi Terbaru dan Kumpulan Kolega Bisnis Online Terpercaya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close