Bisnis Online

Ini Loh Berbagai Hobi yang Bisa dijadikan Bisnis!

Melakukan kegiatan yang merupakan hiburan atau kesenangan di akhir pekan, tentu sudah biasa. Hobi biasanya merujuk pada kegiatan ekstra yang dilakukan di waktu senggang.

Namun benarkah hobi hanya dilakukan saat ada waktu kosong? Apakah kegiatan hobi hanya berfungsi sebagai hiburan semata? Sebenarnya, kegiatan yang kita senangi sebagai hobi, bisa saja menjadi pekerjaan tetap. Berikut ini adalah contoh berbagai kegiatan yang bisa dijadikan bukan hanya sebagai hobi, namun juga sumber penghasilan.

Hobi Bidang Olahraga dan Kesenian yang Bisa Jadi Bisnis

Kini semakin banyak orang yang peduli dengan kebugaran tubuhnya dengan rajin dan serius berolahraga. Apabila kamu dari dulu menyukai kegiatan olah tubuh serta memiliki keahlian di cabang olahraga tertentu, kini peluang berbisnis terbuka lebar.

Sebab, kamu bisa menyediakan jasa kursus, menjadi pelatih atau coach yang dibayar mahal. Misalnya saja untuk cabang olahraga lari, berenang atau fitness membutuhkan coach atau pelatih khusus. Namun berapa penghasilan pelatih tentu tergantung dari keahlian dan pengalamannya.

Selain olahraga, bidang-bidang seni atau yang berhubungan dengan kesenian bisa menjadi sumber penghasilan. Misalnya kamu yang suka melukis, fotografi, design, bermain musik atau membuat berbagai kerajinan tangan. Semua kegiatan tersebut bukan hanya bisa menjadi hobi yang menyenangkan namun juga bisa menjadi peluang bisnis.

Kamu bisa menjual lukisanmu, menjadi fotografer, menjadi musisi atau menciptakan pernak-pernik yang kemudian dapat jual.

Hobi dari Kegiatan Keseharian yang Bisa Jadi Bisnis

Ada berbagai kegiatan yang mungkin sebelumnya hanya dianggap sebagai kegiatan iseng-belaka. Namun siapa sangka, kalau akhirnya kini berbagai kegiatan tersebut ternyata berpeluang menjadi pekerjaan dan sumber penghasilan tetap.

1. Memasak

Hobi Memasak

Kamu bukan seorang koki profesional, namun suka memasak dan sering dipuji karena masakan yang kamu buat selalu enak? Mengapa tidak membuatnya menjadi sebuah bisnis? Kamu bisa menjual makanan, atau kue-kue secara online. Selain itu juga bisa menerima pesanan khusus untuk hari-hari spesial.

2. Kecantikan

Hobi Make Up

Kalau kamu termasuk orang yang selalu memerhatikan kecantikan kulit serta pandai merias wajah, maka harus menjadikan kegiatan ini sebagai pilihan karirmu. Sebab, seorang Make Up Artist yang handal dapat berpenghasilan cukup besar. Atau kamu juga bisa membuka kursus make up atau berbisnis alat-alat make up yang sesuai dengan rekomendasimu.

3. Model

endorsement

Mungkin kamu sering dipuji karena selalu terlihat fotogenic pada foto-fotomu. Kalau begitu mengapa tidak mencoba menjadi model profesional? Sebab pekerjaan sebagai model tersebut bisa jadi pekerjaan yang cukup menghasilkan, lho. Apalagi bila foto-foto kamu di sosial media disukai banyak orang. Maka kamu bisa saja bekerja sama dengan produsen atau distributor produk tertentu, untuk mendapatkan endorsement.

Baca juga: Ingin Jualan di Instagram Laris Manis?? Ini Dia Caranya!

4. Gamer

Hobi Bermain Game

Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa kini bermain game sudah bisa dijadikan pekerjaan sebagai gamer profesional. Bahkan ada yang mulai mengategorikannya sebagai suatu cabang olahraga. Menjadi atlet eSport, kamu bisa mengikuti berbagai turnamen, bukan hanya untuk kelas nasional namun juga internasional. Hadiahnya begitu besar, bisa sampai puluhan hingga ratusan juta rupiah lho.

5. Berbelanja

Hobi Berbelanja

Kamu suka berbelanja? Nah, mulai sekarang cobalah untuk berbelanja bukan hanya untuk dirimu sendiri saja. Sebab kesenanganmu berburu barang bisa dijadikan pekerjaan, yaitu layanan jasa titip barang. Maka dengan begitu kamu akan mendapat penghasilan karena berbelanja untuk orang lain. Selain itu juga bisa berbelanja di saat diskon dan menjualnya kembali dengan harga biasa. Bila hal itu dilakukan maka kamu mendapat keuntungan. Menyenangkan bukan?

6. Travelling

hobi berjalan-jalan

Bila kamu memang hobi berjalan-jalan, cobalah pekerjaan menjadi pemandu wisata. Dengan mengajak orang lain mengunjungi berbagai tempat menarik. Maka begitu kamu bisa menjalankan hobi sambil menambah penghasilan.

Baca juga: Jenis Bisnis Untuk Pemula Bermodal Kecil

7. Kolektor barang antik

Hobi Koleksi barang antik

Barang antik sangat menarik bagi kolektor karena memiliki nilai tersendiri. Bila kamu suka mengoleksi barang antik, tak ada salahnya bila hobi tersebut dijadikan sebagai pekerjaan juga. Kamu pasti mengerti barang tua yang masih bernilai tinggi, serta dapat dijual mahal. Dengan mengumpulkan barang antik dan menjualnya kembali, maka kamu bisa berbisnis sambil menjalankan hobi.

8. Hobi minum kopi

Hobi minum kopi

Peminat kopi menyukai kopi bukan hanya dari rasanya. Biasanya mereka mengerti berbagai jenis kopi, bahkan menikmati proses membuatnya. Sebab, untuk menghasilkan kopi yang enak diperlukan keahlian tersendiri. Bila kamu suka mendalami kopi, maka bisa sekaligus menciptakan kopi racikanmu sendiri. Bila kopi buatanmu memang enak, tentu banyak orang mengantri untuk membeli kopi buatanmu.

Hobi Berhubungan Dengan Teknologi yang Bisa Jadi Bisnis

Hadirnya berbagai perangkat teknologi di keseharian kita, membuat semua semakin terbiasa dengan berbagai perangkat keras maupun lunak. Selain untuk sarana bekerja dan berkomunikasi, gadget dan PC bisa jadi sarana hiburan juga. Nah, kira-kira apa saja hobi yang berhubungan degan gadget dan teknologi, yang sebenarnya bisa dijadikan full time job? Berikut informasi lengkapnya.

1. Blogging

hobi menulis

Berbagi pengalaman melalui blog ternyata telah menjadi suatu kegiatan yang juga bermanfaat. Dengan menjadi Blogger, kita tidak hanya menyalurkan hobi menulis, namun dapat menjadi informasi bagi para pembaca. Pastikan blog kamu sarat dengan konten yang menarik, bermanfaat serta berkualitas agar banyak orang yang mengunjungi. Sehingga kamu bisa menarik pengiklan.

2. Membuat video

Hobi Membuat video

Mungkin kamu senang mendokumentasikan berbagai kejadian atau pengalaman melalui video?  Jangan sia-siakan berbagai video buatan kamu, dan jangan hanya dijadikan hobi semata. Banyak YouTuber atau influencer yang sukses meraup banyak keuntungan karena konten videonya dianggap menarik atau bermanfaat.

Baca juga: Penasaran Dengan Sistem Pembayaran YouTube? Ini Jawabannya

Apabila kamu berhasil mengumpulkan banyak viewer dan subscriber, maka akan banyak pihak yang tertarik beriklan di video kamu. Apabila sudah memenuhi persyaratan dari YouTube, jangan lupa untuk mendaftarkan akun kamu ke Google Adsense. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari iklan yang tayang pada video kamu.

3. Segala hal tentang komputer

hobi komputer

Cara mengoperasikan komputer kini seakan-akan wajib dikuasai. Sementara tidak semua orang tertarik untuk mempelajarinya sendiri, terutama bagi generasi yang terlahir di saat dunia digital belum populer seperti sekarang ini. Kamu bisa memanfaatkan keadaan ini untuk menjual keahlianmu tentang komputer dengan memberi kursus dan mengedukasi tentang komputer. Selain itu juga bisa menjual berbagai aksesoris komputer, maupun memberi jasa service ringan perangkat canggih tersebut.

4. Programming

Hobi Programming

Untuk beberapa bidang usaha, program komputer diperlukan sebagai software yang membantu bekerja. Misalnya program yang digunakan untuk akuntansi, penjualan dan lain sebagainya. Keahlian ini tidak umum dikuasai orang, sementara banyak bidang sekarang ini dijalankan dengan sistem komputerisasi.

Baca juga: Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa, Dijamin Cocok!

Ini menyebabkan keahlian programming sangat dibutuhkan. Jangan sia-siakan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari keahlian ini, ya. Kamu bisa menjual software hasil pekerjaanmu maupun memberikan kursus programming.

5. Web Designer

Web Designer

Dengan menjamurnya berbagai situs di internet, maka banyak pula orang yang membutuhkan jasa seorang web designer. Kini banyak perusahaan yang memiliki situs untuk berpromosi atau berdagang secara online. Sehingga dengan adanya hal tersebut, memiliki web yang menarik serta user friendly sangat penting.

Apabila kamu memiliki hobi mendesain website, kini bisa menawarkan keahlianmu pada banyak pihak yang membutuhkan. Selain mendesain website, kamu juga bisa menyediakan jasa mendesain template Blogger atau WordPress yang resposif dan SEO friendly.

6. Peminat berbagai gadget

jasa service gadget

Mengutak-atik gadget buat sebagian orang sangat menyenangkan, sementara mungkin untuk sebagian lainnya terasa membingungkan. Kalau kamu menyenangi dan mendalami seluk beluk gadget termasuk membuat berbagai programnya, maka bisa menjadikan hobi ini sebagai sumber penghasilan.

Dari jasa service ringan, menjual program gadget buatan sendiri hingga menjual berbagai aksesoris gadget bisa kamu lakukan. Review berbagai produk gadget terbaru terutama smartphone merupakan informasi yang dicari banyak orang. Dengan adanya hal itu maka dapat menciptakan peluang bisnis.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close