Tips & Trik

Wanita Wajib Baca! 5 Tips Mengatasi Gangguan Menstruasi yang Sangat Ampuh

Kaum wanita pasti sudah tidak asing lagi dengan gangguan menstruasi yang kerap dialami. Masalah ini biasanya terjadi pada saat kamu berada dalam masa haid atau datang bulan. Gejalanya pun berbeda-beda, ada yang mengalami pendarahan berlebih, pendarahan yang sedikit, hingga terasa nyeri yang sangat hebat di area perut bagian bawah.

Pada wanita yang memiliki kesehatan cukup baik, maka siklus menstruasi akan berlangsung sangat normal. Gangguan yang dialami hanya sebatas gejala ringan seperti perasaan gelisah, insomnia, timbul jerawat, suasana hati yang berubah-ubah atau mengalami kram perut ringan.

Namun, pada sebagaian wanita lain gangguan menstruasi akan sangat mengganggu aktivitas. Gangguan yang dialami antara lain seperti rasa nyeri pada area perut bagian bawah, lemas, nyeri di bagian pinggul atau dada, diare, hingga rasa pusing yang berlebih. Saat kamu merasakan hal tersebut sebaiknya lakukan beberapa penanganan, bila perlu berkonsultasilah dengan dokter hingga kamu memiliki solusi yang tepat.

Hasil penelitian para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa gangguan menstruasi dan cara mengatasinya memang berbeda-beda, dan gangguan menstruasi dibagi menjadi beberapa hal diantaranya adalah:

  • Amenorrhea (tidak terjadi pendarahan)
  • Dismenore (menstruasi yang terasa sangat sakit)
  • PMS (Sindrom Pramenstruasi)
  • PMDD (Kelainan Disfonik Pramenstruasi)

Lalu bagaimana cara mengatasi gangguan menstruasi yang seringkali terjadi??

Nah, sebelum kita bahas tentang gangguan menstruasi dan cara mengatasinya lebih dalam, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu tentang apa saja yang menjadi penyebab hal tersebut sering terjadi. Ini dia penjelasannya!

Penyebab Utama Terjadinya Gangguan Menstruasi

1. Gejala Anorexia Nervosa

Gejala Anorexia Nervosa

Anorexia Nervosa adalah gangguan makanan yang banyak dialami oleh kalangan wanita muda. Gejala ini biasanya ditandai dengan ketakutan berlebih terhadap berat badan, seseorang akan terus mempertahankan berat badannya hingga terjadi penurunan berlebih. Kondisi inilah yang akhirnya membuat gangguan menstruasi sering muncul.

Selain gejala Anorexia Nervosa, konsumsi makanan yang tidak sehat juga dapat penjadi penyebabnya loh!

2. Polycystic ovary syndrome (PCOS)

PCOS adalah gangguan sistem endokrin dan ovarium yang membesar di mana pada bagian dalamnya terdapat cairan yang disebut folikel. Kondisi ini menyebabkan siklus menstruasi seseorang menjadi tidak teratur dengan terjadinya berbagai macam gangguan.

3. Inflamasi Panggul

Pelvic Inflammatory disease (PID) atau inflamasi panggul ini merupakan suatu kelainan yang hanya terjadi pada sebagian orang, yaitu adanya infeksi pada organ reproduksi yang juga membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Saat inflamasi panggul terjadi, bukan hanya menstruasi yang tidak teratur tapi seseorang bisa merasakan rasa nyeri yang begitu parah.

4. Fibroid Rahim

Gangguan Fibroid Rahim

Gangguan ini merupakan pertumbuhan uterus tanpa bersifat kanker. Meskipun tidak berpengaruh terhadap menurunnya kesehatan seseorang, biasanya dapat menyebabkan menstruasi terjadi secara berlebihan hingga periode haid yang sangat panjang.

5. Stress

Stres merupakan gangguan emosional dan fisik yang memengaruhi proses hormon LH (Luteinizing Hormone), saat seseorang mengalami stress maka dapat menjadi penghalang lepasnya hormon tersebut, bahkan hingga menyebabkan amenorrhea sementara (tidak ada pendarahan) atau pendarah yang berlebih. Tak heran saat kamu merasa stress dan tertekan maka gangguan menstruasi akan muncul seperti rasa pusing, lemas, kram perut, dan gangguan-gangguan lainnya.

Nah, informasi terkait gangguan menstruasi dan cara mengatasinya memang menjadi hal yang sangat penting bagi kalangan wanita. Setelah mengetahui beberapa penyebab utamanya, langsung saja kita simak solusi atau cara mengatasinya. Ini dia uraiannya!

5 Tips Mengatasi Gangguan Menstruasi, Dijamin Ampuh!!

1. Minum Air Putih yang Cukup

Mengatasi Gangguan Menstruasi Dengan Minum Air Putih

Bukan hanya pada saat terjadi gangguan menstruasi saja, mengonsumsi air putih yang cukup memang menjadi kewajiban setiap orang guna mempertahankan kesehatan tubuh. Seperti yang telah disarankan oleh pakar kesehatan, baiknya setiap hari manusia harus mengonsumsi minimal sebanyak 8 gelas atau sekitar 2 liter.

Saat kamu mengalami gangguan menstruasi maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan minum air putih yang cukup, hal ini sangat disarankan karena cairan yang masuk ke dalam tubuh juga akan membantu lancarnya peredaran darah begitupun darah-darah kotor yang akan dikeluarkan melalui vagina.

2. Redakan dengan Rasa Hangat

Mengatasi Gangguan Menstruasi Dengan Rasa Hangat

Gangguan mensturasi yang paling sering terjadi yaitu adanya gejala rasa nyeri di area perut bagian bawah (abdomen), saat kondisi ini terjadi seseorang akan dibuat sangat  frustrasi akibat sakit yang dirasakan begitu parah. Beberapa orang bahkan sampai mengalami pingsan akibat mental dan fisiknya yang lemah.

Untuk mengatasinya, kamu harus segera meredakan rasa nyeri di area tersebut dengan rasa hangat. Bisa dengan meminum air hangat, atau dengan cara mengompres area perut. Jika hal tersebut dirasa kurang efektif, maka berendamlah di air hangat selama kurang lebih satu jam dijamin gangguan nyeri pada saat menstruasi pun akan hilang.

3. Berolahraga

Mengatasi Gangguan Menstruasi Dengan Olahraga

Banyak orang berpendapat bahwa pada saat mengalami menstruasi maka jangan melakukan aktivitas olahraga karena dapat menyebabkan pendarahan yang berlebih. Namun siapa sangka dengan menggerakan tubuh dan otot justru dapat mengatasi gangguan menstruasi yang kerap dialami seseorang.

Baca juga: Cara Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil Agar Tetap Cantik

Olahraga yang dilakukan pun tidak boleh yang terlalu berat atau membutuhkan gerakan fisik yang ekstra, kamu hanya perlu menggerakan tubuh dengan sederhana seperti perenggangan otot pada bagian tangan dan kaki. Atau alternatif lain kamu bisa berjalan santai berkeliling sekitar rumah atau di sekitar area tempat kamu berada.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat

Mengatasi Gangguan Menstruasi Dengan Makanan Sehat

Asupan gizi dari makanan yang kita masukan ke dalam tubuh memang sangat penting. Tak terkecuali pada saat kamu mengalami gangguan menstruasi maka cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Hindari untuk mengonsumsi makanan cepat saji, kafein, gula dan garam yang berlebih atau makanan yang mengandung lemak jahat karena dapat memengaruhi hormon dalam tubuh yang akan membuat menstruasi menjadi tidak lancar.

Makanlah jenis makanan yang sehat seperti sayur-sayuran, buah, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Selain dapat mengatasi gangguan menstruasi, konsumsi makanan yang sehat akan membuat tubuh kamu menjadi lebih bugar dan sehat.

5. Perhatikan Kebersihan

Mengatasi Gangguan Menstruasi Dengan Kebersihan

Cara mengatasi gangguan menstruasi yang paling simpel yaitu dengan selalu memerhatikan kebersihan terutama pada area vagina. Lakukanlah penggantian pembalut dalam jangka waktu 4-6 jam sehingga area kewanitaan akan selalu berada dalam kondisi yang higienis. Selain membuat higienis, penggantian pembalut memang wajib dilakukan untuk menghindari kuman dan bakteri yang dapat mengganggu menstruasi hingga menimbulkan penyakit.

Dalam memilih jenis pembalut, sangat disarankan untuk menggunakan jenis yang sudah terbukti kualitasnya, sehingga aman dan nyaman untuk digunakan. Selain pembalut pastikan juga bahwa tubuh kamu berada dalam kondisi yang bersih.

Nah, itu tadi pembahasan tentang gangguan menstruasi dan cara mengatasinya. Kamu tak perlu khawatir lagi akan terganggu aktivitas akibat gangguan menstruasi yang sering muncul. Jika tips-tips di atas tidak juga membantu gangguan yang kamu alami, jangan segan untuk segera berkonsultasi dengan dokter sehingga kamu dapat menemukan solusi dan penanganan yang tepat.

Show More

srirejeki

Writing can explain anything without having to say too much, its Cool !!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close