Properti

Yuk Cari Tahu Berbagai Desain Ruang Tamu Mewah Ini!

Ruang tamu bukan sekedar sebuah ruangan untuk menerima orang yang datang berkunjung, atau sekedar ruangan untuk bercakap-cakap. Sebab, sebuah ruang tamu akan menampilkan kesan pertama di mana orang akan melihat serta menilai tentang keadaan rumah kita.

Dengan demikian, penataan yang baik pada ruang tamu sangatlah penting. Apabila ruang tamu kita ditata dengan rapi dan berkelas, tentu kesan positif akan tergambarkan. Gaya penataan ruang tamu yang mewah dan anggun bukan hanya memberi kenyamanan, namun juga akan menunjukan selera tinggi dari sang pemilik rumah.

Desain Ruangan Tamu Mewah dengan Satu Fokus

Mungkin Anda tidak ingin memenuhi seluruh ruangan tamu Anda dengan barang-barang mewah. Bisa karena memang Anda tak menginginkannya, maupun alasan budget. Sebab memang tidak semua orang bersedia menghabiskan banyak uang hanya untuk sebuah ruangan.

Hal ini bukan masalah bila Anda tetap menginginkan kesan mewah. Kesan mewah bisa ditampilkan dari pemilihan ornamen atau perabot dalam ruangan. Bahkan tak perlu banyak perabot yang mewah, cukup satu buah saja bila ditempatkan dengan baik, maka bisa membawa suasana mewah ke seluruh ruangan.

1. Sofa

Sofa

Sofa merupakan salah satu perabot yang paling besar dan menarik perhatian dalam suatu ruangan. Maka sofa sangat cocok apabila dipilih sebagai fokus perhatian dari suatu ruangan. Perabotan tersebut juga dapat dijadikan sebagai elemen yang membawa paling banyak pengaruh style pada ruangan. Sofa juga secara fungsi sangat penting, karena menjadi pusat kegiatan bagi Anda dan tamu. Tak ada salahnya kalau mengalokasikan budget khusus untuk benda yang satu ini.

Untuk memberi kesan mewah, bisa dipilih sofa dengan bahan pelapis yang terlihat mahal, misalnya velvet (beludru) atau sofa dari kulit asli. Bahan dengan warna mengkilap juga bisa dipilih, sepanjang warna mengkilap tersebut tak terlalu mencolok dan masih terkesan elegan.

2. Wall Art

Wall Art

Lukisan atau hiasan dinding yang memiliki nilai seni tinggi akan memberi kesan mewah pada ruang tamu Anda. Sebab, kebanyakan orang sudah memahami bahwa karya seni yang baik bernilai jual sangat tinggi. Bahkan benda tersebut menjadi yang diperebutkan oleh kolektor.

Baca juga: Ini Dia Berbagai Dekorasi Kamar Pengantin Baru Simple Nan Romantis

Pilih karya seni yang berukuran besar untuk ditempelkan pada dinding ruang tamu. Biarkan warna dari karya seni tersebut yang menonjol, dan perabot lain dalam ruangan menyesuaikan. Misalnya perabot lain berwarna yang netral atau mengambil salah satu unsur warna dari karya seni tersebut. Dengan demikian karya seni di dinding tetap menjadi fokus utama dalam ruangan.

3. Lampu gantung

Lampu gantung

Lampu gantung juga merupakan salah satu ornamen yang cukup berpengaruh terhadap style atau gaya dekorasi suatu ruangan. Selain itu, kini berbagai bentuk lampu gantung semakin banyak yang mencerminkan selera seni yang tinggi dari penciptanya.

Sehingga lampu gantung bukan hanya digunakan karena fungsinya, namun bisa menjadi semacam penegasan terhadap kesan yang ingin kita tampilkan. Untuk kesan mewah, bisa dipilih lampu gantung yang elegan, unik serta berkelas. Hal tersebut dilakukan karena akan memberi kesan mewah sebagaimana yang Anda diinginkan.

4. Tekstur Dan Material

karpet

Ruangan tamu yang berukuran mungil bukannya tak bisa dibuat terlihat mewah. Walaupun menggunakan perabot yang tak berukuran besar, asalkan memiliki karakteristik yang tepat maka tampilan mewah bisa didapatkan. Perhatikan barang-barang atau perabot yang besar dan menarik perhatian dalam ruangan, atau pada karpet.

Kuncinya adalah menitikberatkan tekstur serta material dari furniture atau berbagai barang yang menyita perhatian dalam ruangan. Tekstur dan material yang terkesan mahal akan membawa kesan yang mewah ke dalam ruangan.

Ruang Tamu Mewah Dalam Berbagai Gaya

Apabila Anda menyukai kesan yang elegan dan mewah di seluruh ruangan tamu, maka sebaiknya pastikan agar kemewahan tersebut dalam satu kesatuan style. Berikut ini berbagai gaya dekorasi ruangan yang bisa diterapkan untuk kesan mewah dan berkelas.

1. Baroque style

Baroque style

Konsep dengan gaya baroque mengingatkan kita dengan gaya klasik ala Eropa. Sehingga sangat cocok bila menerapkannya untuk mendapatkan kesan mewah. Desain dan motif furniture dan ornamen bergaya baroque memiliki kerumitan yang indah dan bernilai seni tinggi.

Baca juga: Ini Dia Cara Ciptakan Kesan Kamar Tidur yang Luas

Tak heran bila para bangsawan di Eropa menyenangi gaya ini dan hingga kini gaya baroque identik dengan kemewahan serta kekuasaan. Apabila ruangan sudah diisi dengan furniture bergaya baroque, sebaiknya elemen dekoratif yang lain serta warna dinding bisa dipilih yang lebih simpel. Dengan demikian desain baroque yang kuat dan mewah tetap menonjol tanpa menimbulkan kesan terlalu ramai pada ruangan.

2. Minimalis dan monokrom

Ruang Tamu Mewah Minimalis

Gaya minimalis juga bisa dibuat berkesan mewah dan elegan. Agar kesan mahal bisa didapatkan, pilihlah warna-warna yang monokrom untuk tampilan keseluruhan ruangan tamu Anda. Dengan menggunakan warna yang senada misalnya abu-abu pada perabot, warna dinding dan lainnya, maka ruangan akan terlihat anggun. Memasukan unsur logam pada furniture serta meletakan karpet yang terkesan mahal akan membuat ruangan terlihat mewah.

3. Moderen klasik

Ruang Tamu Modern Klasik

Anda menyukai gaya modern, sekaligus ingin kesan mewah dalam ruang tamu Anda? Atau menyukai gaya klasik, tapi tak ingin ruang tamu terasa membosankan? Kalau begitu Anda bisa memadukan keduanya, yaitu klasik sekaligus modern. Walaupun modern dan klasik terdengar seakan-akan bertolak belakang, namun hal tersebut bisa disatukan. Salah satu caranya adalah dengan pemilihan perabotan serta ornamen yang tepat.

Gaya klasik bisa diambil sebagai inspirasi pada ornamen rumah seperti bingkai pintu maupun lis pada plafon. Anda bisa bermain pada pemilihan perabot dengan desain yang tidak rumit atau tanpa banyak detail. Ornamen seperti lampu gantung bergaya klasik akan memberi kemewahan tanpa kesan berlebihan.

4. Shabby Chic

Ruang Tamu Shabby Chic

Gaya shabby chic sebenarnya memiliki konsep bergaya usang atau tua. Biasanya gaya ini akan menampilkan suasana yang hangat, vintage serta sentuhan feminin. Warna-warna pastel, putih dan motif floral juga identik dengan gaya ini.

Baca juga: 7 Inspirasi Warna Cat Dinding Kamar Tidur Yang Menenangkan

Apabila Anda menginginkan ada kesan mewah namun menyukai gaya shabby chic, gaya ini tetap bisa diaplikasikan. Kesan usang bisa digantikan dengan penempatan barang yang antik atau vintage yang memiliki nilai seni tinggi. Anda juga bisa menggunakan material kain bermotif untuk sofa dan tirai dengan bahan yang mahal. Perabot yang bergaya modern juga bisa dipadukan, agar ruangan terasa lebih simpel.

5. Gaya Bohemian

Ruang Tamu Gaya Bohemian

Gaya bohemian cocok untuk Anda yang memiliki style yang bebas serta suka petualangan. Sebab istilah bohemian identik dengan kebebasan dari segala peraturan yang kaku dan gaya hidup mengembara. Gaya ini sebenarnya terbentuk dari gaya hidup yang spontan, memadukan segala unsur sehingga kesan ‘tanpa aturan’ namun tetap selaras.

Biasanya ciri dari dekorasi bergaya bohemian adalah dari warnanya yang menyala, dan ada gabungan gaya etnik, vintage serta pajangan berbagai koleksi barang yang dimiliki. Bila gaya ini ingin diadaptasi ke dalam gaya yang mewah tentu bisa saja. Anda bisa letakan barang-barang antik yang berharga, berbagai souvenir dari perjalanan ke luar negeri sebagai pajangan, serta perabot etnik yang unik. Jangan lupa untuk memasukan unsur warna yang menyala.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close