PropertiTips & Trik

Tips Desain Interior Rumah Mungil Minimalis Untuk Hunian Sederhana

Abad 20 ini merupakan era industri di mana penggunaan lahan secara besar-besaran dimanfaatkan untuk industri pertanian, pertambangan, pabrik, jalan, fasilitas umum, dan lain-lain. Akibatnya lahan yang dapat digunakan untuk membuat tempat tinggal semakin menyempit. Kondisi ini membuat kita harus berpikir kembali tentang bagaimana caranya agar mampu memiliki hunian yang nyaman dan indah dengan lahan yang sempit. Desain interior rumah mungil minimalis dapat menjadi solusinya.

Tips Desain Interior Rumah Mungil Minimalis

Lahan yang sempit seharusnya tidak serta merta membatasi kreativitas Anda untuk mengubah hunian Anda menjadi tempat yang nyaman dan indah. Dari mulai pemilihan bentuk, penataan ruang, pemilihan warna dan properti harus Anda pertimbangkan dengan matang. Berikut beberapa tipsnya:

1. Bentuk rumah

bentuk rumah mungil

Sebelum Anda memulai desain interior, alangkah baiknya Anda juga memikirkan bentuk rumah Anda. Cobalah berpikiran luas dengan tidak membatasi pandangan bahwa rumah itu “harus kotak dan memiliki empat sudut”.  Cobalah Anda mengekplorasi bentuk rumah misal dengan membentuknya dengan bentuk oval, bulat, segitiga, dan bentuk-bentuk anti-mainstream lainnya. Hal ini akan membuat Anda tidak cepat bosan dengan hunian Anda.

2. Warna

warna rumah mungil

Warna dinding bagian luar rumah menjadi kebebasan untuk Anda, tapi jangan sesekali mengaplikasikan warna gelap pada dinding interior Anda yang ukuran ruangnya minimalis. Warna cat gelap pada ruang minimalis akan memberikan kesan sempit dan sesak, cobalah menggunakan warna yang cerah dan memberi efek seperti memantulkan cahaya agar ruangan terkesan luas dan nyaman.

3. Properti

properti rumah mungil
Source: dekoruma.com

Desain interior rumah mungil minimalis juga harus memperhatikan properti yang ingin Anda masukkan ke dalamnya. Jangan memilih barang-barang yang sekiranya tidak diperlukan. Selain itu jika ingin memilih beberapa properti, cobalah pilih properti yang dapat memantulkan cahaya, hal ini akan memberi efek pada ruang menjadi kelihatan lebih luas. Selain itu jika Anda akan menempatkan properti seperti guci yang ukurannya agak besar, cobalah tempatkan di ruang yang belum terlalu banyak barang. Karena jika dalam satu ruang banyak barang dan properti, akan juga memberikan kesan yang sempit dan sesak.

4. Lemari dan perabot

lemari dan perabot rumah mungil
Source: 99.co

Karena ruang yang Anda miliki merupakan ruang minimalis, cobalah menggunakan lemari dan perabotan yang multifungsi. Misalnya Anda hanya perlu satu lemari untuk baju sekaligus buku (lemari yang dilengkapi rak) sehingga Anda tidak perlu menggunakan dua lemari yang justru akan mempersempit ruangan Anda. Atau Anda dapat menggunakan sofa yang sekaligus juga dapat digunakan sebagai kasur untuk tidur. Bagaimana pun caranya, dalam desain interior rumah mungil minimalis Anda harus selalu berusaha untuk tidak terlalu menggunakan banyak benda yang akan menyudutkan rumah Anda pada kesan sempit dan sesak.

5. Cat langit-langit

cat langit-langit rumah mungil
Source: properti.kompas.com

Perhatikan juga cat langit-langit ruangan, usahakan senada dengan warna dinding. Karena jika berbenturan, hal tersebut akan memberikan kesan yang sempit dan sesak.

6. Lukisan besar

lukisan di rumah mungil
Source: Dekoruma.com

Cobalah menempelkan lukisan ukuran besar pada dinding Anda, hal tersebut akan memberi kesan luas pada ruangan Anda.

Dalam desain interior rumah mungil minimalis, Anda benar-benar dihadapkan dengan tantangan “kesan yang sempit”. Untuk mengalahkan tantangan itu Anda harus bekerjasama dengan kreativitas Anda dan memikirkan bagaimana agar rumah mungil Anda tetap terlihat luas, indah, dan nyaman dihuni. Cobalah melakukan beberapa peletakan, jika tidak sesuai dan Anda sendiri merasa sempit, maka cobalah lagi sampai Anda menemukan kenyamanan pada hunian Anda. Intinya jangan takut untuk kreatif dan eksploratif.

Beberapa tipe nuansa desain interior rumah mungil minimalis yang dapat Anda jadikan acuan adalah tipe modern ekletis, pop retro,  vintage, nuansa alami pedesaan, dan original.

Show More

Juragan

Portal Informasi Terbaru dan Kumpulan Kolega Bisnis Online Terpercaya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close