Tips & Trik

9 Dampak Buruk Terlalu Sering Makan Gorengan

Sebagai masyarakat Indonesia, sudah sangat mengenal gorengan. Tidak asing bagi kita untuk menemukan banyak sekali penjual gorengan di pinggir jalan. Biasanya yang dijadikan gorengan adalah tempe, tahu, singkong, ubi, dan lain sebagainya. Berbagai bahan tersebut akan digoreng dengan menggunakan adonan tepung.

Teksture gorengan yang renyah dan juga rasanya yang gurih, membuat makanan ini memang selalu menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi cemilan atau bahkan dijadikan lauk pauk. Tapi, ada hal yang tidak banyak orang ketahui tentang efek makan gorengan terlalu sering, di mana bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Akan tetapi bukan berarti memakan gorengan langsung menimbulkan penyakit. Dalam hal ini jika kamu terlalu sering memakan gorengan bisa menjadi salah satu faktor lain adanya gangguan kesehatan bila tidak diimbangin dengan gaya hidup yang sehat. Untuk lebih jelasnya mari kita simak dampak buruk dari sering makan gorengan bagi kesehatan.

Efek Makan Gorengan Terlalu Sering Bagi Kesehatan Tubuh

Mengenal efek buruk dari terlalu sering makan gorengan bagi tubuh tentu saja sangatlah penting. Hal tersebut dapat membantu kamu untuk tetap menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi yang sehat. Nah, berikut ini adalah beberapa dampak buruk ketika kamu keseringan makan gorengan.

1. Memicu kanker

kanker

Efek makan gorengan terlalu sering pada tubuh yang pertama adalah dapat memicu kanker. Ketika kamu kerap memakan gorengan maka bisa jadi akan terpapar acrylamide, yang merupakan senyawa yang mempunyai sifat karsinogen.

Senyawa tersebut adalah penyebab kanker yang paling utama. Sehingga ada baiknya kamu mulai mengurangi konsumsi gorengan dan mulai atur pola hidup sehat.

2. Obesitas

Obesitas

Sering memakan gorengan dapat memicu obesitas. Obesitas ini dikarenakan dalam gorengan terdapat banyak sekali kandungan kalori. Di mana dalam 1 gram lemak terdapat 9 kalori. Bayangkan jika kamu memakan gorengan yang mengandung lemak 50 gram, maka sudah 450 kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: Celana Tak Muat Lagi? Berikut Olahraga Mengecilkan Perut Yang Efektif

Kandungan kalori tinggi dalam lemak pada gorengan inilah yang mampu membuat tubuh mengalami obesitas. Maka bisa dikatakan bahwa berat badan akan naik secara cepat dalam waktu yang relative singkat. Tentu saja dengan obesitas banyak sekali masalah kesehatan yang menghampiri.

3. Keriput pada wajah muncul lebih cepat

Keriput pada wajah

Munculnya keriput pada usia muda juga menjadi salah satu efek dari makan gorengan yang perlu untuk dihindari. Hal ini dikarenakan dalam gorengan mengandung indeks glikemiks yang tinggi.

Di mana hal tersebut membuat anti aging tidak akan berjalan dan penuaan pun akan cepat terjadi. Tidak hanya itu saja, kolagen pada kulit pun akan rusak, sehingga sudah pasti keriput akan cepat muncul walau umur masih terbilang sangat muda.

4. Kadar kolesterol akan tinggi

kolesterol tinggi

Terlalu sering mengonsumsi gorengan akan menyebabkan kadar kolesterol meningkat dengan sangat tinggi. Kolesterol ini sendiri didapatkan dari minyak yang digunakan untuk menggoreng gorengan, dan tentu saja semakin sering kamu mengonsumsi makanan yang renyah ini maka tidak dapat menghindari kadar kolesterol yang tinggi.

Kolesterol tinggi pada tubuh sangat berbahaya karena dapat menyebabkan serangan jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya. Jadi, bagi kamu yang memang sering makan gorengan agar lebih baik mulai menguranginya sekarang.

5. Adanya gangguan pencernaan

gangguan pencernaan

Sekali lagi yang menjadi faktor utama gorengan memberikan efek buruk adalah minyak. Kandungan lemak pada minyak ini sangat sulit sekali untuk dicerna oleh lambung, sehingga lambung membutuhkan enzim untuk dapat menghancurkannya.

Baca juga: 8 Makanan Penurun Berat Badan dengan Cepat

Dari hal tersebutlah akan menimbulkan gangguan pencernaan, sebab lambung bisa memproduksi asam dalam jumlah yang banyak. Tentu saja asam lambung dengan kadar yang terlalu tinggi bisa berakibat fatal.

6. Menimbulkan tenggorokan gatal dan batuk

batuk

Dalam minyak yang digunakan untuk menggoreng, ternyata juga mengandung senyawa akrolein. Di mana senyawa yang satu ini menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan dan akhirnya akan menyebabkan batuk. Apalagi minyak biasanya akan digunakan menggoreng berkali-kali.

Walaupun terkesan hanya batuk dan tenggorokan gatal, namun jika kamu tidak mengurangi konsumsi gorengan maka masalah kesehatan yang satu ini susah sekali untuk sembuh. Jadi, ada baiknya untuk membatasi memakan gorengan.

7. Masalah jerawat

jerawat

Tidak hanya mempercepat penuaan, mengonsumsi gorengan dalam jumlah yang banyak akan membuat kamu mendapatkan masalah jerawat. Walaupun jerawat terkadang muncul karena masalah hormon, namun gorengan bisa menjadi salah satu faktor jerawat ini sulit dibasmi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya yang Sangat Ampuh

Minyak yang ada pada gorengan ternyata bisa menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah. Tentu saja, ketika wajah terlalu berminyak maka kotoran akan mudah menempel dan menutup pori-pori pada wajah. Ketika kotoran menutup pori-pori wajah, maka sudah dapat dipastikan jerawat akan muncul terus.

8. Diabetes

Diabetes

Sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Harvard T.H. Chan School of Public Healt menyatakan bahwa orang yang sering makan yang mengandung minyak berlebih memiliki resiko lebih besar untuk terserang penyakit diabetes.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Secara Cepat Dengan Bahan Alami

Dalam penelitian tersebut, orang yang makan gorengan 4 hingga 6 kali dalam seminggu memiliki resiko 39 persen terkena diabetes. Apabila mengonsumsi lebih dari jumlah tersebut maka tingkat resiko terserang diabetes mencapai angka 55 persen.

9. Meningkatkan resiko kematian dini

resiko kematian

Mengonsumsi gorengan terlalu sering juga dapat meningkatkan resiko kematian dini. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya pola hidup yang sehat serta jumlah minyak yang dikonsumsi lebih banyak, maka kemungkinan terkena kematian di usia muda sangatlah besar. Penyebab utama kebanyakan dari serangan jantung.

Itu adalah efek makan gorengan yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Dengan adanya hal tersebut bisa menjadi pengingat bagi kita untuk selalu menjalankan pola hidup yang sehat. Memakan gorengan memang tidak dilarang, namun alangkah baiknya untuk tidak berlebihan.

Show More

HelloMello

Menulis dengan passion

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close