Teknologi

Cara Print File di Microsoft Word Versi Lengkap

Microsof word adalah program pengetikan atau alat kerja yang termasuk dalam microsoft office. Program ini benar-benar sangat populer, khususnya di Indonesia hampir setiap orang membuat dokumen menggunakan program ini, mulai dari membuat makalah untuk tugas kuliah, menulis cerpen, membuat proposal, membuat artikel, atau membuat surat.

Di era modern ini, tentu saja sudah tidak zamanya lagi membuat suatu tulisan menggunakan tangan. Sebenarnya sah-sah saja jika tulisan tangan terlihat rapi dan jelas untuk dibaca.

Namun, jika tulisan terlihat tidak rapi dan berantakan tentu saja seseorang tidak akan bisa memahami apa yang kamu tulis. Untuk itu, sebagai solusinya alangkah lebih baik jika setiap tulisan diketik menggunakan komputer dalam program Microsoft Word sebagai alatnya.

Setelah pengetikan selesai, program Microsoft Word akan menyajikan 2 opsi pilihan penyimpanan, yakni dalam bentuk softcopy dan hardcopy.

Softcopy adalah penyimpanan bentuk file dalam hardisk atau flashdisk, sedangkan hardcopy adalah penyimpanan dalam bentuk printout atau cetak.

Melakukan printout atau cetak file sebenarnya bukanlah hal yang sulit karena semua opsi perintah sudah tersedia dengan lengkap di Microsoft Word.

Namun, bagi kamu yang belum mengetahui caranya dengan tepat maka akan terasa sangat membingungkan. Jika kamu tidak melakukannya dengan benar, maka hasil cetak yang keluar akan tidak sesuai dengan dokumen yang sudah kamu buat. Tulisan bisa terpotong atau bahkan bentuknya menjadi miring.

Nah, untuk dapat melakukan print file dengan tepat simaklah cara-caranya di bawah ini!

Cara Print File di Microsoft Word 2010, 2013, dan 2016

Cara Print File di Microsoft Word 2

1. Buka Dokumen Microsoft Word yang Akan di Print

Pertama kali yang harus kamu lakukan untuk print file di Microsoft Word yaitu dengan membuka file yang akan diprint.

2. Pilih Menu “File”, Lalu Klik Menu “Print”

Cara Print File di Microsoft Word 3

Selanjutnya kamu harus mencari menu “File“, biasanya dalam Microsoft Word menu ini akan berada diposisi pojok atas sebelah kiri. Namun ada cara lain yang lebih cepat, yaitu dengan menakan tombol Ctrl+P pada keyboard. Setelahnya pasti akan muncul tampilan “print

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menu print :

Cara Print File di Microsoft Word 4

 

  • Copies : jika kamu meliat tools ini, maka itu adalah tampilan yang menyatakan jumlah cetakan yang akan kamu print dalam satu halaman, misalnya 1 halaman surat akan kamu cetak sebanyak 3 lembar, maka masukan angka 3 pada copies.
  • Printer : ini adalah tools untuk jenis mesin printer yang akan digunakan untuk mencetak, pastikan disana terlutis “ready” saat akan mencetak dokumen.
  • Settings : Tools ini digunakan untuk memudahkan kamu mencetak halaman yang kamu inginkan. Disana akan terdapat 3 opsi, yaitu “print all pages” artinya kamu akan mencetak semua lembar halaman, “print curent page” artinya hanya halaman tertentu yang kamu pilih, dan yang terakhir “print custom range” yaitu halaman yang dipilih bisa lebih dari 1, misalnya: print page 1, 5,7, 10
  • Kertas dan Margin : Tools ini digunakan untuk memudahkan kamu mengatur ukuran kertas dan juga tata letak tulisan di dalam kertas. Biasanya akan terdapat opsi pilihan ukuran kertas A4, F4, Legal dan lain sebagainya.

Baca juga: Lupa Password Wifi? Tak Perlu Khawatir, Lihat Passwordnya di PC dengan Cara Ini

Cara Print File di Microsoft Word 2007

1. Buka Dokumen yang Akan di Print

Print file di microsoft 2007 caranya hampir sama dengan Microsoft 2010, 2013, dan 2016. Silahkan kamu langsung buka dokumen yang akan kamu print.

2. Pilih Menu “File”, Lalu Klik Menu “Print”

Cara Print File di Microsoft Word 5

Setelah terbuka jendela print, maka kamu akan dihadapkan dengan beberapa tools di dalamnya. Adapun tools yang harus kamu perhatikan sebelum mencetak adalah:

Cara Print File di Microsoft Word 6

  • Printer name: tools ini merupakan nama mesin printer yang akan kamu gunakan untuk mencetak. Jangan lupa untuk memilih nama printer dengan tepat
  • Page Range : Ini artinya pengaturan untuk kamu menentukan halaman yang akan dicetak. All artinya semua halaman, current page artinya halaman yang dipilih saja, pages artinya halaman tertentu yang akan kamu print
  • Copies : Jumlah lembaran yang akan kamu print
  • Properties : tools ini untuk mengatur ukuran kertas, tata letak halaman, dan pengaturan lainnya terkait penataan tulisan sebelum cetak
  • Ok : artinya tombol untuk perintah mulainya proses cetak

Cara Print File Microsoft Word Lebih dari 1 File Secara Bersamaan

Cara Print File Microsoft Word

Dalam beberapa kondisi, seseorang pasti menginginkan cara yang lebih praktis dan cepat untuk print file di Microsoft Word.

Jika kamu sedang terburu-buru dan ingin langsung print file dengan jumlah yang banyak secara bersamaan, maka hal itu sangat mungkin untuk dilakukan. Caranya antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pastikan file Microsoft Word yang akan diprint berada dalam 1 folder
  • Pilih beberapa file Microsoft Word yang akan di cetak dengan cara : Klik file sambil tekan tombol Ctrl, atau bisa langsung memblok semua file yang akan dicetak dengan tombol Ctrl+a kemudian klik kanan hingga tampil beberapa tools.
  • Setelah klik kanan, maka pilihlah tools yang bertuliskan “print“, maka kamu bisa langsung memproses untuk mencetak file Microsoft Word yang tadi sudah dipilih sebelumnya.

Nah, itu tadi cara print file di microsoft word dengan berbagai versi, tanpa ribet dan tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Coba dan praktekan sendiri kemudahannya!

Show More

srirejeki

Writing can explain anything without having to say too much, its Cool !!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close