Tips & Trik

Menghitung Persen Bisa Dilakukan Dengan Cepat Dan Mudah

Berhitung mungkin merupakan salah satu kegiatan yang sering dianggap sulit. Sehingga tidak banyak orang yang mau mengatakan bahwa berhitung adalah salah satu kegiatan favoritnya.

Padahal, berhitung hanya merupakan suatu prosedur yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dalam bilangan. Jadi, mengetahui tentang cara berhitung sebenarnya mempelajari bagaimana menyelesaikan permasalahan, yang berhubungan dengan angka atau bilangan.

Salah satu permasalahan yang berhubungan dengan bilangan yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari adalah menghitung persen.

Saat belanja di mall dan mau berburu diskon, pasti sebelum memborong kita hitung-hitungan dulu, kira-kira berapa harga barang setelah potongan diskon tersebut. Nah gimana ya, caranya agar bisa dengan cepat menghitung persen?

Rumus Menghitung Persen

Hal yang perlu diingat, bahwa persen/persentase adalah sebutan untuk per seratus. Kita menggunakan persen untuk memberi gambaran dengan cara menyajikan data dalam bentuk persentase.

Sebagai contoh, angka 20% itu artinya 20/100. Demikian juga 50% adalah 50/100. Apabila data yang tersedia bukan dalam pecahan seratus, maka kita dapat mengolah bilangan tersebut agar dapat dibandingkan dengan seratus.

Seperti yang telah kita ketahui, rumus untuk menghitung persen adalah :

Jumlah bagian/jumlah keseluruan X 100% = Besar persentase(%)

Contohnya, dari seluruh anak yang bermain di taman, 7 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Maka persentase anak laki-laki yang bermain di taman adalah 7 dari 10 yaitu (7/10) X 100% = 70% (atau 70/100). Sedangkan anak perempuan adalah 3 dari 10 atau (3/10) X 100% = 30/100 = 30%.

Terkadang informasi yang tersedia adalah persentase dan jumlah keseluruhan. Dengan kata lain kita perlu mengetahui jumlah bagiannya. Maka rumusnya adalah :

Jumlah bagian = persentase(%) X jumlah keseluruhan

Contohnya, 80% dari anak yang bermain di taman adalah balita. Jika ada 10 anak yang bermain di taman, maka anak yang balita adalah 80% X 10 = 8

Apabila informasi yang tersedia adalah persentase dan jumlah bagian, tentu rumus untuk mengetahui jumlah keseluruhan adalah:

Jumlah keseluruhan = jumlah bagian / persentase(%) X 100%

Contohnya, diketahui terdapat 60% dari anak yang bermain di taman ditemani oleh ibunya. Jika terdapat 6 orang anak yang ditemani ibunya bermain, maka total anak yang bermain di taman adalah 6 / 60% X 100% yaitu 10 orang anak.

Rumus Menghitung Persen

Menghitung Persen Dalam Situasi Sehari-Hari

Pada kejadian sehari-hari, mungkin situasinya sedikit berbeda, sehingga menghitung persen bisa jadi terkesan sedikit lebih rumit dari contoh soal yang disebutkan di atas. Namun bila diperhatikan, sebenarnya tidak rumit juga, asalkan kita memahami perhitungannya.

Misalnya saja saat sedang ke toko atau swalayan pada saat musim diskon, sangat sering kita temukan situasi-situasi dimana kita harus melakukan perhitungan persen dengan cepat karena harus berebut agar tak kehabisan barang. Atau saat menjelang hari besar maka harga barang naik, dan kita ingin memperkirakan kenaikan harga barang dalam persentase.

Berikut ini beberapa situasi yang umum ditemukan dalam kejadian sehari-hari dimana kita harus melakukan perhitungan persen dengan cepat.

Menghitung Persen

1. Saat memperkirakan kenaikan harga dalam persen

Misalnya kita sedang pergi ke suatu toko untuk membeli barang yang biasa kita beli dengan harga 100 ribu. Namun suatu ketika saat membeli barang yang sama di toko yang sama, tagihan sudah naik menjadi 120 ribu. Nah berapa persen kenaikan harga dari barang tersebut?

Kenaikan 20 ribu dari harga 100 ribu tersebut kita cari dengan cara:

(20.000/100.000) X 100% = 20%

Dengan demikian kenaikan harga barang tersebut adalah 20%

cara cepat menghitung persen

2. Saat memperkirakan diskon atau potongan harga

Kadang kita melihat promosi di sebuah mall dengan tulisan, diskon 25%. Apabila harga barang yang kita inginkan jumlahnya cukup banyak, misalnya 200.000 rupiah, mungkin cukup membingungkan untuk membayangkan rumus pertama untuk menghitung diskon dengan cepat.

Baca juga: Ini Dia Perhitungan Lengkap Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah

Cara lain agar bisa dengan cepat menghitung persen adalah dengan mengubah angka 25% menjadi ¼. Sebab seperti yang kita ketahui, persentase adalah sebutan untuk per seratus, dan 25 dari 100 sama dengan ¼. Demikan juga halnya untuk angka 50% adalah 50 dari seratus atau ½, atau 20% adalah 20 dari seratus atau 1/5.

Maka diskon 25% dari 200.000 ribu adalah:

¼ X 200.000 = 50.000

Atau dengan kata lain potongan harga yang didapatkan dari barang yang kita inginkan adalah 50 ribu.

Sedangkan bila harga potongan tersebut dicari dengan rumus pertama maka akan seperti ini:

200.000 X 25/100 = 50.000

Salah satu cara menghitung persen dengan cepat adalah dengan membiasakannya. Dengan demikian, cobalah dari sekarang menerapkan rumus-rumus di atas untuk menghitung persen pada kejadian sehari-hari.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close