Tips & Trik

Cara Menghilangkan Komedo Secara Cepat Dengan Bahan Alami

Bagi sebagian orang memiliki wajah mulus dan bersih sangat penting, terlebih lagi dengan wajah yang bersih ini akan menambah rasa percaya diri. Masalah kebersihan dan kesehatan wajah yang selalu dialami hampir semua orang adalah komedo.

Komedo ini bisa dikatakan dapat mengganggu penampilan karena akan terlihat tidak bersih pada satu area. Bagi kamu yang memang sering kali kesusahan mengatasi masalah komedo ini, mungkin cara menghilangkan komedo secara cepat dan juga aman. Yu mari disimak ulasan berikut ini.

Jenis-jenis Komedo Pada Wajah

Jenis-jenis Komedo

Sebelum mengetahui cara apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi komedo, kamu perlu tahu berbagai jenis komedo, karena penanganan untuk tiap untuk tiap komedo sedikit berbeda.

Jenis yang pertama adalah komedo hitam, di mana komedo ini biasanya memiliki cara yang lebih mudah untuk dibersihkan. Komedo yang menghitam ini disebabkan karena penyumbatan pada pori-pori yang tetap terbuka sehingga terkena angin dan kotoran. Disinilah yang membuat komedo menjadi berwarna hitam.

Ada juga komedo putih yang disebabkan karena penyumbatan pada pori-pori, namun berbeda dengan komedo hitam yang mana pada komedo putih ini terbilang lebih sulit dikeluarkan. Komedo putih sendiri biasanya akan meradang dan berubah menjadi jerawat, sehingga memerlukan penanganan khusus agar dapat membasmi komedo putih ini secara menyeluruh.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Cepat dan Alami

Setelah mengetahui berbagai jenis dari komedo, tentu saja memberikan pemahaman bahwa setiap komedo harus ditangani dengan cara yang berbeda. Tetapi kamu bisa mengatasi masalah komedo pada wajah dengan menggunakan berbagai bahan alami yang tentu saja

Kopi dan Gula

Menghilangkan Komedo Dengan Kopi dan Gula

Jika kamu penyuka kopi, tentu tidak akan menyangka bahwa bahan ini dapat digunakan untuk menghilangkan komedo dengan sangat cepat. Kamu hanya memerlukan kopi dan gula, di mana kedua bahan ini akan menjadi scrub yang mampu mengangkat kotoran yang menempel pada wajah.

Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya perlu 2 sendok makan kopi dengan 1 sendok gula pasir lalu aduk dan tambahkan sedikit air. Jangan terlalu banyak air, karena kamu membutuhkan teksture yang tepat untuk scrub.

Setelah tercampur rata, gosokan adonan scrub kopi pada permukaan wajah yang tentu saja sudah dibersihkan terlebih dahulu. Gosokan dengan lembut pada satu titik wajah yang ada komedonya selama kurang lebih satu menit.

Es Batu Jeruk Nipis

Menghilangkan Komedo Dengan Es BatuBagi kamu yang mengalami masalah komedo putih, cara yang satu ini patut kamu coba. Es batu jeruk nipis sangatlah mudah dibuat dan tentu saja bahannya juga tersedia di mana-mana. Kamu hanya perlu untuk merebus air perasan jeruk nipis hingga mendidih, lalu masukan ke dalam loyang ice cube dan diamkan dalam freezer hingga berubah menjadi es.

Jika air jeruk nipis ini sudah menjadi es batu, kamu hanya tinggal menekannya pada wajah yang terkena komedo putih dan meradang. Sebelumnya jangan lupa membersihkan wajah dengan menggunakan pembersih muka.

Tekanlah es batu secara perlahan di wajah, di mana dengan menggunakan cara ini maka komedo putih yang berubah menjadi jerawat dapat berkurang rasa nyeri dan juga cepat kering.

Masker Kunyit

Cara Menghilangkan Komedo Masker Kunyit

Kunyit menjadi salah satu bahan alami yang mampu membantu kamu untuk membasmi komedo putih. Dalam kunyit mengandung anti bakteri, anti radang dan anti jamur. Untuk menggunakan kunyit ini sendiri harus kamu jadikan masker terlebih dahulu.

Campurkan 2 sendok bubuk kunyit asli dengan sedikit minyak kelapa atau air. Lebih baik jangan menggunakan kunyit yang terlalu banyak karena bisa membuat wajah menguning, serta penggunaan minyak kelapa sangat disarankan untuk membuat kulit semakin halus.

Campur kedua bahan hingga menjadi seperti pasta. Setelah jadi, maka oleskan masker kunyit kepada wajah yang terkena komedo selama 10 hingga 15 menit lalu bilas hingga bersih.

Masker Putih Telur

Cara Menghilangkan Komedo Masker Putih Telur

Putih telur memang dipercaya sangat baik untuk dapat menjaga kesehatan kulit wajah, termasuk untuk menghilangkan komedo hitam. Cara membuat masker putih telur sendiri sangatlah mudah dan juga cepat. Kamu hanya perlu menyediakan tisu dan telur pastinya.

Pertama adalah putih telur dikocok hingga berbusa, lalu oleskan pada hidung yang ada komedonya dan lapisi dengan tisu yang sudah dipotong.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Secara Alami

Setelah itu oleskan lagi putih telur di atas tisu yang sudah tertempel, lalu lapisi lagi dengan tisu lain. Tunggu hingga benar-benar kering sekitar 30 menit, kemudian tarik tisu dari bawah ke atas. Jika sudah cuci wajah hingga bersih, maka kamu akan lihat perbedaannya.

Masker Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Lidah Buaya

Lidah buaya memang sering kali digunakan untuk menjaga kesehatan rambut, tapi ternyata tanaman yang satu ini juga bisa digunakan sebagai masker untuk menghilangkan komedo. Lidah buaya mengandung vitamin E dan juga asam folat yang sangat baik untuk membantu kamu mendapatkan kulit wajah yang sehat.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu bisa memisahkan daging buaya dari kulitnya lalu mengoleskan pada wajah secara merata. Sebelumnya bersihkan terlebih dahulu wajahmu. Tunggu hingga mengering lalu bilas dengan air hangat.

Tips Mencegah Komedo Muncul Kembali Setelah Dibersihkan

Tips Mencegah Komedo Muncul Kembali

Setelah mengetahui cara menghilangkan komedo secara cepat dengan menggunakan bahan alami, kamu juga harus tahu bagaimana cara agar komedo tidak muncul kembali. Berikut ini adalah adalah informasinya :

1. Bersihkan make up secara rutin dan teliti

Jika kamu termasuk pengguna make up setiap hari, kamu harus selalu membersihkannya secara rutin dan teliti. Make up bisa menjadi penyebab munculnya komedo karena tidak dibersihkan ataupun saat membersihkannya kurang bersih.

Wajah yang terkena make up sudah pasti akan meninggalkan sisa kotoran dari produk make up itu sendiri ataupun kotoran akibat polusi. Maka dari pada itu pastikan kamu selalu membersihkan wajah dengan benar dan bersih.

2. Jangan pernah memencet komedo

Ketika wajah sedang mengalami masalah komedo, ada baiknya kamu jangan pernah memencetnya. Hal ini dapat membuat luka pada kulit dan membekas serta muncul flek hitam.

Lebih baik kamu langsung melakukan perawatan secara alami ataupun menggunakan obat yang sudah melalui resep dokter agar dapat mencegah komedo tumbuh lagi.

3. Gunakan tabir surya

Penggunaan tabir surya ternyata ampuh untuk dapat mencegah komedo muncul. Tabir surya mampu menutup pori-pori wajah dengan rapat sehingga kotoran tidak masuk. Gunakan produk tabir surya yang terpercaya dan berkualitas, di mana hal ini sangat penting agar kulit tetap dalam keadaan yang sehat.

Komedo memang masalah wajah yang sering kali mengganggu dan terkadang tidak mudah untuk dihilangkan. Namun dengan cara menghilangkan komedo secara cepat dengan bahan alami dan juga tips mencegah komedo muncul lagi, diharapkan mampu membantu kamu untuk mendapatkan wajah yang bersih serta sehat. Jadi, tidak usah bingung jika terserang komedo, karena banyak cara alami dan mudah yang bisa kamu gunakan.

Show More

HelloMello

Menulis dengan passion

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close