Tips & Trik

Cara Mengatur Resolusi Layar di Laptop atau Komputer

Saat sedang menggunakan komputer, baik untuk keperluan bekerja atau sedang melakukan aktivitas online, biasanya mata kita akan menatap cukup lama ke layar monitor.

Terlalu lama menatap layar komputer bisa menyebabkan mata lelah atau bahkan sakit, terutama bila mata kita harus bekerja ekstra menangkap gambar atau teks di layar. Itu sebabnya sangat penting untuk mengatur tampilan pada layar monitor PC atau laptop senyaman mungkin, agar mata tak cepat lelah.

Salah satu hal yang membuat tampilan layar monitor nyaman di mata, adalah mengatur besarnya resolusi layar sebaik mungkin. Jangan sampai objek yang tampil di layar terlihat buram, atau teks tulisan tidak jelas terbaca.

Apabila resolusi layar sudah berada pada ukuran ideal, tampilan objek dan tulisan di layar akan mudah tertangkap mata. Dengan demikian kita bisa nyaman menatap layar dan beraktivitas menggunakan komputer hingga berjam-jam lamanya.

Kenali Berbagai Istilah Untuk Layar Komputer

Jadi, apakah sebenarnya yang disebut dengan resolusi layar monitor? Resolusi merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan ukuran jumlah piksel pada layar monitor Anda.

Makin tinggi resolusi layar monitor, teks dan objek pada layar tampak semakin kecil, namun tampilan pada layar makin tajam. Sebaliknya, makin rendah resolusi maka teks dan objek pada layar tampak semakin besar, serta tampilan di layar jadi makin pudar.

Biasanya ukuran resolusi dituliskan dengan angka-angka, seperti : 1920px (piksel) X 1080px (piksel). Angka-angka tersebut menunjukan angka resolusi Lebar X Tinggi. Piksel atau pixel merupakan titik-titik kecil cahaya dalam monitor komputer kita, dimana gabungan titik-titik inilah yang membentuk tampilan gambar pada monitor.

Piksel dapat berubah warna, mengikuti gambar yang akan tampil. Semakin besar angka piksel yang tertera, menunjukan bahwa gambar terlihat semakin tajam.

Resolusi asli (native resolution) merupakan resolusi yang disarankan untuk suatu layar komputer, karena dianggap akan memberikan tampilan terbaik dari layar komputer tersebut. Resolusi asli ini ukurannya bisa berbeda-beda, tergantung ukuran layar monitor komputernya.

Oleh karena itu untuk mendapatkan tampilan yang maksimal pada layar, kita harus bisa menemukan resolusi asli untuk komputer kita.

Bagi Anda yang menggunakan Windows 7, 8, dan 10, akan mudah menemukan resolusi asli karena biasanya tertulis di komputer. Begitu juga bagi yang menggunakan Mac versi OS X, biasanya resolusi asli tercantum di komputer.

Untuk monitor dengan layar yang lebar, biasanya resolusi yang disarankan adalah 1920 x 1080, 2560 x 1440 dan 3440 x 1440. Resolusi untuk monitor laptop yang standar adalah 1366 x 768, namun ada juga yang resolusi aslinya 1280 x 800, 1600 x 900, atau 1920 x 1080.

Bila Anda menggunakan MacBook Pro 13 inci produksi tahun 2012 atau lebih baru, resolusi yang disarankan adalah 2560 x 1600. Sedangkan untuk MacBook Pro dengan Retina Display, resolusi yang disarankan adalah 2880 x 1800.

Cara Mengatur Resolusi Layar Komputer

Cara Mengatur Resolusi Layar Komputer

Walaupun resolusi asli sudah diketahui, bukan berarti Anda tidak boleh mengatur sendiri resolusi layar komputer Anda sesuai dengan yang diinginkan, sebab yang terpenting adalah menemukan resolusi yang paling sesuai untuk Anda, sehingga bisa nyaman beraktivitas menggunakan komputer. Berikut adalah cara mengatur resolusi layar monitor komputer.

Baca juga: Ini Dia Berbagai Aplikasi Pembersih Sampah PC yang Wajib Diketahui!

Windows 7 dan Windows 8

Bagi Anda yang menggunakan Windows 7 dan 8, berikut adalah cara menyesuaikan resolusi layar monitor Anda.

Cara Mengatur Resolusi Layar Komputer dan Laptop

  1. Pada desktop, arahkan cursor ke layar kosong lalu klik kanan. Cari dan pilih fitur Screen resolution.
  2. Setelah menu terbuka, cari fitur Resolution. Disitu tertera resolusi yang dianjurkan (recommended), namun bila Anda ingin mengubahnya, tinggal menggeser tombol yang ada, dan lanjutkan memilih resolusi yang diinginkan.
  3. Setelah Anda menetapkan resolusi yang diinginkan, ketik Apply.
  4. Pada Windows 7, ada tambahan hal yang harus Anda lakukan, yaitu klik Keep agar apa yang telah Anda ubah tidak hilang.

Windows 10

Untuk Windows 10, pengaturan resolusi juga masih simpel untuk dilakukan.

Mengatur Resolusi Layar di Laptop atau Komputer

  1. Pada desktop, arahkan cursor ke layar kosong lalu klik kanan. Cari dan pilih fitur Display settings.
  2. Selanjutnya akan terbuka jendela baru. Scroll ke bawah menggunakan cursor dan temukan Display resolution. Di situ akan tertera resolusi yang dianjurkan (recommended) versi layar komputer Anda. Bila Anda menginginkan pengaturan yang berbeda, Anda bisa mengaturnya dengan memilih salah satu pilihan resolusi yang ada di situ.

Mac OS X

Untuk Mac OS X tentu akan berbeda cara pengaturannya dibandingkan dengan Windows.

Cara Mengatur Resolusi Layar di Laptop

  1. Pertama-tama klik menu Apple kemudian pilihlah System Preferences.
  2. Setelah jendela terbuka, selanjutnya klik Displays dan kemudian pilihlah menu
  3. Selanjutnya klik Scaled, lalu Anda pun akan melihat berbagai pilihan resolusi yang ada. Pilih salah satu yang Anda inginkan.
  4. Terakhir, Anda tutup kembali jendela System Preferences, maka resolusi layar berubah sesuai dengan keinginan Anda.
Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close