TeknologiTips & Trik

Cara Memunculkan IDM di Youtube Yang Hilang Tiba-tiba

Di era yang serba digital ini, bagi pengguna internet menonton video di Youtube suatu keharusan bahkan bisa jadi Anda ingin mengunduhnya (download). Memang cara download video di Youtube mudah saja tinggal menggunakan IDM.

Namun, bagaimana jika tiba-tiba tombol IDM di laptop Anda tidak muncul dan menghilang tiba-tiba? Anda tidak perlu khawatir karena ada cara memunculkan IDM di Youtube. Penasaran dengan caranya? Simak dengan saksama penjelasan mediapenulis.com berikut ini.

Arti IDM yang Perlu Anda Ketahui

Arti IDM

Banyak orang mengenal IDM, namun belum tahu pasti apa sebenarnya pengertian IDM itu? IDM atau internet download manager adalah suatu software yang memiliki fungsi sebagai pemercepat proses download.

Artinya dengan menggunakan IDM, proses download video atau apapun yang Anda lakukan akan lebih cepat. Software yang banyak digunakan pengguna Windows ini diproduksi oleh Tonec Inc., developer asal New York, Amerika Serikat.

Cara Kerja IDM

Cara Kerja IDM

Salah satu alasan mengapa pengguna Windows banyak menggunakan IDM adalah karena software yang satu ini disebut-sebut sebagai software yang user interface, artinya mudah dalam proses pengoperasian dan memiliki efek grafis yang menarik bagi penggunanya.

Adapun cara kerja IDM adalah dengan cara membagi data yang sedang diunduh secara otomatis sehingga proses pengunduhan menjadi maksimal.

Baca juga: Cara Membuat Antena Penguat Sinyal HP

Melihat dari cara kerja IDM yang seperti itu, jika ada hambatan saat proses download, IDM secara otomatis dapat membagi kecepatan download, sehingga data yang diunduh tidak akan hilang atau terputus.

Itulah cara kerja IDM, tentu saja jika dilihat dari cara kerjanya banyak orang sangat membutuhkan software ini. Namun, bagaimana jika IDM tidak muncul? Kemungkinan IDM tidak muncul memang bisa saja terjadi, apalagi terjadi pada saat Anda akan melakukan download video di Youtube.

Adapun alasan IDM tidak muncul di Youtube adalah sebagai berikut.

  1. Gangguan kompabilitas yang mungkin terjadi, baik dari versi browser maupun versi IDM yang digunakan. Hal tersebut terjadi karena pada saat kita up date web browser atau IDM kemungkinan terjadi bentrok sehingga menjadi tidak kompatibel.
  2. Ekstensi software menjadi nonaktif secara tidak sengaja hingga akhirnya IDM tidak muncul lagi.

Nah, jika Anda mengalami IDM yang tidak muncul di Youtube, Anda tidak perlu panik karena ada cara memunculkan IDM di Youtube.

 

3 Cara Memunculkan IDM di Youtube yang Wajib Anda Tahu

Bagi Anda pengguna IDM, saat terjadi IDM di Youtube tidak muncul tidak perlu khawatir karena Anda dapat menggunakan 3 cara memunculkan IDM di Youtube berikut ini.

1. Cara memunculkan IDM di Youtube dengan Cara Install Ulang Software

Cara memunculkan IDM

Salah satu penyebab IDM di Youtube tidak muncul bisa jadi karena belum up date software terbaru. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan install ulang IDM. Adapun caranya sebagai berikut.

  • Download software IDM versi terbaru.
  • Jika sudah download, pastikan ada File.exe, kemudian Klik 2 kali File.exe tersebut maka akan tampil Internet Download Manage Instalation Wizard. Untuk melakukan proses install Klik Next.
  • Langkah selanjutnya, pastikan dulu, di mana IDM akan Anda install dengan cara melakukan pengaturan default. Anda juga dapat memilih akan menampilkan IDM pada shortcut desktop di proses ini, kemudian Klik Next.
  • Sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya, pastikan dulu, di mana IDM akan Anda install dengan cara melakukan pengaturan default. Anda juga dapat memilih akan menampilkan IDM pada shortcut desktop di proses ini. Kemudian Klik Next.
  • Selanjutnya akan ditampilkan jendela Start Installation of Internet Download Manager. Nah, di sinilah Anda akan memulai proses instalasi dengan cara Klik tab Next.
  • Tunggulah sampai proses instalasi selesai, kemudian Klik Finish.

Selesai sudah proses instalasi ulang IDM, langkah selanjutnya adalah mengecek apakah instalasi IDM sudah berjalan sempurna atau belum. Jika sudah, lanjutkan ke proses integrasi IDM ke dalam browser Mozilla Firefox atau Google Chrome sesuai dengan browser pilihan Anda.

2. Cara Memunculkan IDM di Youtube Bagi Pengguna Mozilla Firefox

Cara Memunculkan IDM di Youtube Mozilla Firefox

Salah satu browser yang banyak dipakai orang untuk berselancar di internet adalah Mozila Firefox. Memang browser yang satu ini dianggap user friendly. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan ekstensi IDM di browser yang satu ini.

Baca juga: Cara Mudah Atasi Koneksi Internet Tidak Stabil

Namun, bagaimana caranya jika IDM tidak muncul di Mozilla firefox? Mudah saja, Anda tinggal ikuti cara memunculkan IDM di Youtube bagi pengguna Mozilla Firefox berikut ini.

  • Buka browser Mozilla Firefox di laptop kesayangan Anda.

Cara Memunculkan IDM di Youtube Mozilla Firefox 1

  • Klik tanda titik strip tiga yang terletak di bagian kanan atas aplikasi ini. Lalu, klik menu Add – ons. Di menu Add – ons ini, Klik tanda setting yang berlogo Gear. Kemudian pilih menu Install Add – ons From File.

Cara Memunculkan IDM di Youtube Mozilla Firefox 2

  • Untuk mengecek apakah Add – ons sudah ter-up date atau belum? Bukalah direktori instalasi IDM di laptop Anda. Apabila Anda menggunakan IDM versi 32 bit maka direktori tersebut akan ada di C: \ Program File (x86)\Internet Download Manager. Jika menggunakan IDM versi 64 bit maka direktori tersebut akan ada di C:\Program File\Internet        Download Manager. Anda perlu mengeceknya dengan saksama supaya up date software ini menjadi kompatibel.

Cara Memunculkan IDM di Youtube Mozilla Firefox 3

  • Setelah Anda menemukan file tersebut, pilih type file dengan nama idmmzee.xpi, kemudian klik Open. Tunggu beberapa saat sampai dengan pemasangan ekstensi tersebut selesai.
  • Jika proses pemasangan ekstensi selesai maka yang perlu dilakukan adalah restart aplikasi Mozilla Firefox.

Informasi tersebut adalah cara memunculkan IDM di Youtube pada Mozilla Firefox. Nah, untuk mengecek apakah IDM sudah terpasang di browser, buka tab Youtube. Jika tombol IDM otomatis muncul, artinya Anda berhasil.

3. Cara Memunculkan IDM di Youtube Bagi Pengguna Google Chrome

Cara Memunculkan IDM di Youtube Google Chrome

Tentunya Anda sudah mengenal browser yang satu ini karena Google Chrome merupakan browser favorit yang banyak digunakan para peselancar internet.

Bagaimana jika saat Anda akan mengunduh video Youtube di Google Chrome, tiba-tiba IDM di browser Anda tidak muncul? Mungkin Anda akan kesal. Namun ada cara memunculkan IDM di Youtube untuk browser Google Chrome berikut ini.

  • Buka software Google Chrome di laptop Anda.
  • Klik menu titik tiga yang terletak di bagian kanan atas software Google Chrome. Kemudian buka pilih More Tools atau Fitur Lainnya dan klik Extensions atau Ekstensi.

Cara Memunculkan IDM di Youtube Google Chrome 1

  • Di menu Extensions atau Ekstensi ini, temukan IDM Integration Module. Jika Anda sudah menemukannya, langkah selanjutnya klik Remove. Artinya Anda akan menghapus IDM Integration Module yang telah terinstall sebelumnya.
  • Kemudian buka Windows Explorer, buka menu Local Disk (C:). Nah, di sini Anda akan diminta menentukan versi bit IDM, menggunakan Program Files (x86) atau versi lainnya tergantung dari IDM yang Anda gunakan.

Cara Memunculkan IDM di Youtube Google Chrome 2

  • Jika Anda sudah menentukan versi bit IDM, cari Folder IDM dengan nama IDMGCExt.crx. Klik dan tahan menu File tersebut, kemudian diseret ke software Google Chrome yang sudah terinstall.
  • Selanjutnya akan muncul Pop up Window, kemudian pilih Add Extension. Tujuannya adalah menambahkan ekstensi IDM di software Google Chrome Anda.
  • Jika proses tersebut berhasil, maka akan ditampilkan halaman IDM dengan tampilan Pop up Internet Download Manager Extension for Google Chrome Has been Installed.

Untuk lebih memantapkan hati, apakah IDM sudah muncul atau belum, Anda dapat melakukan cek di software Google Chrome. Buka software tersebut dan lakukan pengecekan dengan membuka Youtube di Google Chrome.

Berbagai hal diatas adalah cara memunculkan IDM di Youtube. Dengan cara tersebut secara otomatis IDM akan muncul saat Anda membuka Youtube. Jadi, Anda bisa langsung download video di Youtube. Selamat mencoba.

Show More

Riza Dwi Aningtyas

Seorang jobseeker yang mencoba keberuntungan dengan menulis

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close