Tips & Trik

Cara Membuka Control Panel Pada Windows 10

Perangkat komputer yang kita gunakan biasanya menggunakan sistem yang dibuat oleh Windows. Windows sendiri sudah mengeluarkan beberapa seri, dimana Windows 10 adalah seri yang saat ini paling banyak digunakan.

Di dalam windows 10 terdapat fitur yang bernama Control Panel, dimana Control Panel ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk sistem komputer. Nah, berikut ada pembahasan singkat serta cara membuka Control Panel di Windows 10. Mari disimak baik-baik berbagai informasinya.

Pengertian Control Panel

Control Panel

Sebenarnya apa itu Control Panel? Control Panel bisa dikatakan sebagai management tools pada Windows, tujuannya untuk membantu pengguna untuk mengatur atau memodifikasi pengaturan yang ada pada perangkat keras ataupun perangkat lunak.

Ada beberapa pengaturan yang ada pada Control Panel, seperti Display untuk masalah brightness, pengaturan keyboard, mouse, hingga masalah printer. Kamu juga bisa mengatur waktu seperti tanggal, jam, mengatur font, hingga pengaturan user atau pengguna.

Untuk Control Panel sendiri memang sudah ada dari versi Windows 2.0, dimana pada setiap versinya mempunyai tampilan applet yang berbeda dan telah diperbaharui. Untuk versi Windows 10, pengaturan Control Panel ini sudah dibagi menjadi dua, yaitu pengaturan Control Panel Klasik yang sudah ada dari awal sistem ini ada dan juga PC settings dengan tampilan lebih modern. Cara membuka Control Panel dari Windows sangat mudah dan berikut informasinya.

Cara Membuka Control Panel Pada Windows 10

Sebenarnya membuka Control Panel tidak membutuhkan aplikasi apapun. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika ingin membuka Control Panel, berikut ini adalah caranya.

1. Dari Desktop

Cara pertama untuk membuka Control Panel adalah dari Desktop. Kamu hanya perlu mengklik kanan bagian mana saja di layar desktop, lalu pilih menu Personalize.

membuka Control Panel

Setelah itu akan muncul Personilize windows, lalu kamu tinggal pilih menu Control Panel Home.

membuka Control Panel 2

Dan kamu pun sudah berhasil membuka Control Panel.

membuka Control Panel 3

2. Dari Start

Untuk cara yang kedua ini mungkin lebih cepat, di mana kamu hanya perlu membuka Control Panel dari Start di Menu Taskbar.

membuka Control Panel 4

Pertama klik Start, lalu akan ada tabel Search. Disitu kamu hanya tinggal perlu mengisi “Control Panel” kemudian pilih menu Control Panel yang muncul.

3. Command Prompt

Untuk cara yang satu ini biasanya dilakukan ketika kamu ingin membuka Control Panel tanpa As Administrator. Pertama buka Command Prompt, lalu kamu hanya perlu mengetikan perintah Control Panel, maka secara otomatis jendela fitur ini akan terbuka.

membuka Control Panel 5

4. Windows Run

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan Windows Run, tentu saja cara ini juga termasuk cara yang cepat untuk membuka Control Panel. Caranya tekan tombol pada keyboard yang mempunyai gambar windows yang disebut Winkey. Tekan tombol WinKey dan R secara bersamaan.

Kemudian akan muncul tab baru, lalu kamu tinggal mengetik Control Panel pada bagian tabel kosong dan tekan enter atau klik OK.

membuka Control Panel 7

Itu adalah pengertian dan beberapa cara membuka Control Panel Windows 10. Untuk mengetahui fungsi Control Panel yang lebih jelas, mari kita lihat di bawah ini.

Baca juga: Cara Memunculkan IDM di Youtube Yang Hilang Tiba-tiba

Fungsi Menu yang Ada di Control Panel

Fungsi Menu Control Panel

Dalam Control Panel ada 8 menu yang tersedia dan tentu saja setiap menu mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Nah, di bawah ini adalah beberapa menu yang ada di Control Panel :

1. System dan Security

Pada menu ini kamu akan bisa mengatur sistem, administrasi, dan tugas-tugas yang berhubungan dengan keamanan. Nah, berikut ini beberapa menu tambahan yang ada di System dan Security:

  • Security dan Maintance

Pada menu ini sendiri biasanya digunakan untuk mengatur masalah keamanan dan maintance untuk melakukan User Access Control. Tugas utamanya untuk menambah keamanan ketika Anda ingin menginstallasi sebuah program tambahan serta notifikasi. Selain itu juga untuk melakukan Troubleshooting dan Recovery.

  • Windows Farewall

Menu yang satu ini untuk mengatur keamanan pada Sistem Operasi Windows. Pada dasarnya menu tersebut untuk melindungi komputer dari serangan internet. Dengan adanya hal tersebut dapat membuat menjadi lebih aman saat berselancar di internet.

  • System

Sedangkan untuk menu System ini biasanya akan digunakan untuk mengetahui informasi tentang spesifikasi komputer dari Windows sistem dan hardware apa yang digunakan.

  • Backup dan Restore

Untuk menu Backup dan Restore digunakan untuk memback up data yang ada pada sistem. Biasanya akan digunakan untuk mengembalikan sistem yang masih dalam keadaan sehat dan membuat sistem kembali berjalan seperti sebelumnya. Biasanya ini disebut “Restore Image Data”.

2. Network dan Internet

Untuk menu Network dan Internet ini ditujukan untuk mengatur konfigurasi jaringan internet, berbagi file dan komputer serta lainnya. Dalam menu Network ada beberapa submenu lainnya, berikut ini penjelasannya:

  • Network and Sharing Center

Pada menu ini kamu dapat melihat status jaringan, menyambungkan koneksi internet, melihat perangkat yang menghubungkan dalam jaringan dan juga Wireless.

  • Home Group

Menu ini untuk mengatur jaringan peer-to-peer yang didesian untuk memudahkan user melakukan konfigurasi ke network.

  • Internet Options

Internet Options berfungsi untuk mengatur masalah browser Internet Explorer.

Baca juga: Lupa Password Wifi? Tak Perlu Khawatir, Lihat Passwordnya di PC dengan Cara Ini

3. Hardware and Sound

Menu yang satu ini difungsikan untuk mengatur masalah hardware yang terhubung dengan perangkat, seperti printer ataupun speaker tambahan. Kamu juga bisa mengatur masalah sistem perubahan suara dan drive di menu ini juga. Jika kamu ingin mengatur display atau tampilan pada perangkat seperti resolusi layar, wallpaper, mengatur pencahayaan dan lain sebagainya dapat dilakukan di menu ini.

4. Program

Untuk menu yang satu ini digunakan untuk meng-uninstall program atau fitur Windows, mengatur masalah gadget dan masih banyak lagi. Adapun beberapa submenu lainnya, berikut ini adalah penjelasannya:

  • Programs and Features

Menu ini difungsikan sebagai menginstall dan meng-uninstall program pada Windows.

  • Default Programs

Fungsi dari menu ini adalah untuk mengembalikan sebuah program aplikasi di Windows kembali semula.

  • Desktop Gadget

Menu Desktop Gadget untuk mengelola gadget pada desktop, serta menghapus dan menambah gadget pada desktop.

5. User Controls

Untuk menu yang satu ini digunakan untuk mengatur masalah password dan akun pada perangkat, pengaturan orang tua, mengelola identitas dan lain sebagainya. Untuk Parental Control sendiri bisa digunakan untuk mengatur perangkat hanya membuka program-program tertentu, sehingga anak tetap dengan aman menggunakannya.

Baca juga: 4 Cara Mudah Atasi Koneksi Internet Tidak Stabil

6. Appearance and Personalization

Dalam menu ini, kamu dapat mengatur segala tampilan pada perangkat, seperti mengubah wallpaper, screen saver, menyesuaikan menu yang ada pada Taskbar dan Start Menu, mengatur bentuk dan besar kecil huruf pada tampilan, serta masih banyak lainnya.

7. Clock, Language and Region

Untuk menu yang satu ini digunakan bagi kamu yang ingin mengatur waktu, seperti tanggal dan jam, bahasa, mata uang, serta format waktu.

8. Ease of Access Center

Menu terakhir yang ada pada Control Panel adalah Ease of Access Center. Menu yang satu ini berfungsi untuk mengatur penglihatan, pendengaran, mobilitas dan juga konfigurasi suara agar bisa mengontrol komputer.

Nah, itulah beberapa serba serbi yang berhubungan dengan Control Panel di Windows 10 termasuk pengertian, cara membuka serta fungsinya. Semoga artikel ini bisa membantu kamu semua,ya.

Show More

HelloMello

Menulis dengan passion

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close