Inspirasi

Beragam Cara Membuat Kerajinan dari Barang Bekas Supaya Bermanfaat

Barang bekas memang sering kali menjadi sampah yang tidak berguna. Tapi jangan salah, karena barang bekas bisa jadi lebih bermanfaat jika kamu bisa menyulapnya menjadi kerajinan tangan.

Tidak hanya menjadi barang bisa memiliki kegunaan lain, memanfaatkan barang bekas juga mampu mengurangi jumlah sampah yang kian hari kian mengkhawatirkan.

Membuat kerajinan barang bekas juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan lebih, karena tidak sedikit barang bekas yang disulap menjadi sebuah kerajinan mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Kreativitas dalam membuat kerajinan dari jenis barang tersebut sangat diperlukan, di mana kamu juga perlu mengetahui berbagai cara membuat kerajinan dari barang bekas.

Jenis Barang Bekas yang Dapat Dijadikan Kerajinan

kerajinan dari barang bekas

Jika kita bisa melihat sekeliling, sebenarnya banyak sekali barang bekas yang bisa dijadikan sebagai kerajinan. Tentu saja tetap harus memilah barang bekas mana saja yang memang masih bisa dapat digunakan.

Salah satu jenis barang bekas yang dapat digunakan menjadi kerajinan adalah kardus. Kardus adalah bahan yang sering kali digunakan untuk menyimpan makanan ataupun barang lain, di mana jumlahnya sangatlah banyak.

Tidak hanya kardus, botol plastik ataupun botol kaca ternyata mampu menjadi jenis barang bekas yang bisa kamu sulap menjadi sebuah benda yang bernilai tinggi.

Sampah plastik pun bisa dibuat menjadi barang yang lebih bermanfaat ketika kamu tahu bagaimana cara membuatnya dengan benar.

Bahkan, sedotan pun bisa kamu jadikan kerajinan tangan yang mampu memberikan kegunaan yang lebih baik dari aslinya.

Cara Membuat Kerajinan Dari Barang Bekas Berbagai Bahan

Setelah mengenali barang bekas apa saja yang mampu dijadikan kerajinan, hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana cara membuatnya.

Di bawah ini sendiri akan dijelaskan berbagai cara membuat kerajinan dari barang bekas dengan menggunakan bermacam bahan. Yuk, kita lihat sama-sama.

Cara membuat kerajinan dari kardus bekas

Bahan bekas pertama yang paling umum adalah kardus bekas. Selain mudah didapatkan, kardus termasuk bahan yang sangat mudah dibentuk.

Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat membuat berbagai benda bermanfaat dari kardus ini dengan cepat. Berikut mediapenulis.com berikan caranya:

1. Kursi dari kardus bekas

Kursi dari kardus bekas

Untuk membuat kursi dari kardus bekas ini kamu hanya memerlukan sedikit bahan, di mana kardus yang menjadi bahan utama dipilih yang berbahan karton, tebal dan lebar. Selanjutnya siapkan cutter, lem, dan spidol.

Langkah pertama adalah kamu perlu menggambar pola kursi di kardus. Jika sudah, maka selanjutnya adalah memotong pola menjadi bagian-bagian yang dibutuhkan.

Untuk merakitnya kamu bisa menggunakan lem sebagai perekat atau tali agar lebih kuat. Pada saat pemasangan ini perhatikan semua bagian apakah sudah terpasang dengan erat atau belum. Apabila lem sudah mengering maka kursi dari kardus bekas siap digunakan.

2. Lampu hias dari kardus bekas

Lampu hias dari kardus bekas

Ingin membuat dekorasi pada rumah lebih unik? Lampu hias dari bahan kardus bekas bisa menjadi solusi yang tepat.

Walaupun tidak bisa menyaingi jenis lampu gantung lain, tapi jika kamu dapat memaksimalkan kreativitasmu tentu saja lampu gantung dari kardus ini dapat terlihat keren.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan kardus, cutter, dan tali sepatu. Langkah pertama adalah potong kardus menjadi segi empat sama sisi, di mana ukurannya sesuai dengan yang kamu inginkan.

Baca juga: Referensi Model Baju Batik Terbaru Untuk Wanita

Lalu pada setiap sisi kardus kamu gambarkan sebuah pola, semisalnya pola emoji senyum.Jika sudah selanjutnya potong pola dengan menggunakan cutter.

Perhatikan detailnya agar terlihat rapi, jangan lupa buat lubang pada sisi kanan kiri serta bawah kardus.

Kemudian siapkan tali sepatu dan masukan melalui lubang yang dibuat dan ikat menjadi satu. Lampu dari kardus pun siap untuk digunakan.

3. Celengan dari kardus bekas

Celengan dari kardus bekas

Membuat celengan dengan bahan kardus bekas ternyata bisa menjadi salah satu cara yang baik untuk memanfaatkan bahan ini menjadi kerajinan yang bermanfaat.

Untuk membuatnya sendiri sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyediakan kardus, lem dan cutter.

Pertama kamu potong terlebih dahulu kardus sesuai bentuk yang kamu inginkan. Lalu gabungkan dengan menggunakan lem agar bentuknya semakin rapi dan rekat dengan erat.

Potong bagian atas kardus, jangan terlalu besar cukup untuk memasukan uang.

Jadi deh sebuah celengan bekas dari kardus. Agar tampilan tidak membosankan kamu bisa menghias kardus dengan berbagai cara dari menggambarnya atau menempelkan kancing bekas.

Cara Membuat Kerajinan Dari Botol Bekas

Bahan bekas selanjutnya yang mudah untuk didapatkan adalah botol, baik dari botol plastik ataupun botol kaca.

Kedua jenis botol ini sendiri termasuk barang bekas yang sangat banyak sekali jumlahnya dan dapat menjadi kerajinan yang bermacam-macam.

Berikut ini adalah beberapa cara membuat kerajinan dari botol bekas :

1. Pot bunga dari botol plastik

Pot bunga dari botol plastik

Botol plastik bekas adalah jenis bahan yang jika sudah menjadi sampah tidak dapat diuraikan oleh alam, sehingga cara satu-satunya adalah dengan mendaur ulang menjadi botol kembali ataupun menjadi kerajinan.

Cara sederhana untuk dapat memanfaatkan botol ini menjadi kerajinan yang bermanfaat adalah dengan menjadikan sebagai pot bunga.

Langkah pertama adalah kamu perlu menyiapkan botol plastik bekas, cutter dan juga cat.

Pertama potonglah terlebih dahulu botol pada bagian samping hingga terbuka dan cukup untuk dimasuki tanah.

Jika sudah kamu potong, selanjutnya kamu bisa memberikan hiasan dengan menggambarnya dengan menggunakan cat agar tampilannya menjadi lebih cantik. Setelah itu ciptakan lubang agar bisa dimasuki tali agar pot bisa digantung.

2. Vas bunga dari botol kaca bekas

Vas bunga dari botol kaca bekas

Jika kamu ingin menambah dekorasi pada rumah yang lebih ramah lingkungan, vas bunga dari botol kaca bekas ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

Bahan yang diperlukan hanyalah botol kaca bekas berbagai bentuk, lem, benang aneka warna, dan kuas cat.

Langkah pertama adalah dengan membersihkan terlebih dahulu botol kaca bekas hingga bersih, jika telah kering kamu bisa mengoleskan lem dengan menggunakan kuas cat pada bagian yang ingin ditempelkan benang.

Setelah rata, kamu dapat melilitkan benang rajut sesuai dengan selera pada botol. Nah, jika sudah kering maka kamu akan mendapatkan vas bunga cantik yang bisa dijadikan dekorasi rumah yang unik.

3. Figura foto dari botol kaca bekas

Figura foto dari botol kaca bekas

Siapa yang menyangka jika botol kaca bekas dapat kamu manfaatkan untuk dijadikan figura foto yang unik.

Caranya sendiri sangatlah mudah, di mana kamu hanya perlu menyiapkan botol kaca bekas dari berbagai bentuk dan pasir pantai.

Langkah pertama adalah kamu harus membersihkan botol hingga bersih, setelah botol kering dari air, kamu bisa memasukan pasir pantai ke dalam botol.

Lalu selanjutnya kamu bisa memasukan foto yang ingin kamu pajang. Dan jadilah figura dari botol bekas yang unik dan cantik.

Bagaimana? Cara membuat kerajinan dari barang bekas berbagai bahan ternyata cukup mudah bukan? Terlebih lagi kamu bisa mendapatkan barang yang memiliki fungsi lebih baik dan mampu memberikan nilai lebih pada barang bekas tersebut. Jadi, selamat mencoba.

Show More

HelloMello

Menulis dengan passion

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close