Teknologi

Sinyal Lemah? Berikut Berbagai Cara Membuat Antena Penguat Sinyal HP Yang Bisa Anda Coba!

Pada masa digital ini, HP atau smartphone adalah benda yang bukan hanya penting, namun wajib dibawa setiap hari. Pengguna HP kini bukan hanya orang-orang dewasa yang sibuk bekerja, namun pelajar sekolah dan anak-anak pun kini merupakan pengguna HP yang aktif. Hal ini terjadi karena kehidupan kota besar yang sibuk, dan kita memiliki kebutuhan untuk selalu terhubung atau berkomunikasi dengan anggota keluarga maupun handai taulan.

cara membuat antena penguat sinyal hp
Source via: independent.co.id

Internet Telah Menjadi Kebutuhan Pokok

Handphone tentu harus terkoneksi dengan internet agar berfungsi. Bukan hanya itu, sinyal yang kuat dan stabil sangat penting agar fungsi HP sebagai alat komunikasi bisa maksimal. Sebab saat sinyal tak stabil maka internet yang sudah menjadi kebutuhan ini tidak bisa dimanfaatkan dengan baik yang berakibat tak berfungsinya HP sebagai alat penghubung atau komunikasi.

Tentu bila koneksi internet tidak stabil akibat sinyal lemot akan sangat mengesalkan kita sebagai pengguna smartphone. Jangankan untuk browsing atau membuka media sosial, untuk chatting atau menerima telepon saja sulit dilakukan. Ada beberapa alasan lain mengapa sinyal HP sebaiknya selalu stabil, yaitu:

  • Apabila sinyal kuat dan stabil maka diharapkan akan menghemat baterai. Sebab bila sinyal lemah atau naik turun akan mengakibatkan baterai HP cepat sekali melemah.
  • Membantu agar HP tidak cepat panas. Sinyal yang naik turun membuat handphone ‘bekerja keras’ sehingga menjadi cepat panas.

Namun jangan khawatir bila hal itu terjadi pada Anda maka kini sudah ada trik agar sinyal HP Anda tidak lagi lemot atau lambat, yaitu dengan mengunduh aplikasi penguat sinyal HP yang tersedia. Namun terkadang banyaknya aplikasi yang ada di handphone mengganggu kinerja HP itu sendiri sehingga kita tak ingin menambah aplikasi pada smartphone kita. Lalu apa yang bisa kita lakukan?

Cara lain adalah menggunakan antena penguat sinyal. Bila tak ingin membeli tambahan alat untuk perangkat Anda, jangan khawatir karena ada cara membuat antena penguat sinyal HP yang mudah sehingga bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

cara membuat antena penguat sinyal hp
source via slate.com

Beberapa Cara Membuat Antena Penguat Sinyal HP Yang Mudah Dan Hemat

Membuat antena penguat sinyal ini tidak sulit dan menggunakan berbagai alat yang sehari-hari ada di rumah. Bila Anda harus membelinya pun berbagai alat tersebut tidak berharga mahal dan cukup mudah Anda temukan.

1. Menggunakan besi tipis (bisa silet, potongan kaleng atau besi lainnya) serta alumunium foil

cara membuat antena penguat sinyal hp
Source via: hoo-tronik.com
  • Langkah pertama adalah Anda harus membuat agar besi tipis yang digunakan memiliki atau mengandung daya magnet. Lakukan hal ini dengan cara menggosokan magnet berulang-ulang ke besi tersebut. Besi yang digunakan bisa apa saja (Anda bisa gunakan silet), yang penting besi tersebut bersih dan tidak berkarat.
  • Setelah digosok, pastikan besi tersebut telah mengandung magnet. Untuk memastikannya bisa Anda lakukan tes terlebih dahulu yaitu dengan menempelkannya dengan besi lain, apakah bisa menempel atau tidak.
  • Potonglah kertas alumunium foil hingga kurang lebih seukuran HP yang akan digunakan.
  • Letakan besi/silet dalam alumunium foil dan lipat kertas alumunium foil tersebut hingga besi/silet terbungkus rapi.
  • Tempel besi/silet yang terbungkus alumunium foil tersebut di bagian belakang luar HP.
  • Jangan meletakan besi/silet yang terbungkus tersebut di bagian dalam HP, dan jangan menggunakan alat tersebut dalam pesawat. Meletakan besi/silet di bagian dalam HP bisa membuat HP korslet hingga terbakar.

2. Menggunakan kawat tembaga

Alat yang diperlukan adalah kawat tembaga yang panjangnya kurang lebih 20-30 cm. Sediakan alat pemotong kawat, bisa gunting atau cutter.

Cara membuat antena penguat sinyal HP menggunakan kawat tembaga:

  • Lilitkan kawat tembaga pada HP Anda. Anda bisa lilitkan kawat tersebut hingga beberapa kali.
  • Sisakan ujung kawat tembaga kurang lebih sepanjang 5-10 cm
  • Ujung kawat yang tersisa tersebut dibengkokan menghadap ke atas hingga menyerupai antena
  • Anda bisa tes dimana sinyal HP akan menguat menggunakan antena ini

3. Menggunakan klip kertas ataupun hanger tembaga

cara membuat antena penguat sinyal hp
Source via: armanks.blogspot.com
  • Luruskan ujung klip kertas, lalu kemudian tekuk ujung klip sepanjang kurang lebih 0,5 cm dan arahkan kira-kira 90 derajat dari klip tersebut
  • Tempel ujung klip tadi ke socket antena HP
  • Rekatkan klip pada HP Anda
  • Untuk mendapatkan antena yang lebih besar, klip kertas dapat diganti dengan hanger tembaga. Sebab semakin besar antena tentu hasilnya kan semakin baik

4. Menggunakan antena radio bekas

Siapa tahu di rumah ada radio yang sudah rusak atau tidak dipakai lagi, namun antenanya masih dalam keadaan baik. Anda bisa manfaatkan antena radio tersebut untuk membantu agar sinyal HP Anda menjadi lebih kuat. Cara membuat antena penguat sinyal HP menggunakan antena yang ‘sudah jadi’ tentu lebih mudah, dimana Anda tinggal menghubungkan antena bekas tersebut dengan socket antena HP.

5. Menggunakan kaleng soda bekas

Siapa sangka kaleng soda bekas ternyata dapat sedikit menolong memperkuat sinyal HP, paling tidak untuk sementara waktu. Cara ini memang tidak akan memperkuat sinyal HP hingga berkali-kali lipat, namun cara ini memang sangat mudah dan sederhana sehingga pantas dicoba. Anda hanya memerlukan satu buah kaleng soda bersih yang sudah tak dipakai. Caranya yaitu belah dua kaleng tersebut dengan arah memanjang, dan letakan HP Anda di dalamnya. Ini akan menolong agar Anda masih bisa dihubungi walaupun sedang berada di area yang susah sinyal.

Bila Antena Penguat Sinyal Kurang Efektif

Setelah menggunakan antena penguat sinyal, kadang efek yang diinginkan yaitu membaiknya sinyal internet belum juga didapatkan. Hal ini memang mengesalkan. Namun ada baiknya bila Anda coba hal-hal berikut di bawah ini untuk membantu agar sinyal HP bisa membaik, paling tidak untuk sementara waktu.

1. Restart HP Anda atau ubah ke Airplane mode

Restart HP atau pindahkan ke Airplane mode untuk beberapa menit. Begitu HP menyala kembali, HP akan merefresh pencarian sinyal dan kemungkinan bisa mendapatkan jaringan baru yang lebih kuat dari sebelumnya.

2. Lepas SIM card

Karena SIM card adalah penghubung dengan jaringan operator maka sebaiknya lakukan pemeriksaan terhadap SIM card. Periksa apakah ada masalah pada SIM card serta lakukan cek terhadap masa aktif SIM card Anda.

3. Pilih setting otomatis

Ubah setting ke otomotis agar HP bisa memilih sendiri jaringan (2G, 3G maupun 4G). Hal ini akan membantu handphone mendapatkan jaringan yang terbaik.

4. Terlalu banyak aplikasi

Bila sinyal pada smartphone Anda sering lemot, ada baiknya dicek banyaknya aplikasi yang Anda simpan dalam HP. Sebab aplikasi yang terlalu banyak bisa membuat sinyal HP terus menerus  lemah. Coba kurangi jumlah aplikasi dalam smartphone, sebab  apapun cara membuat antena penguat sinyal HP yang Anda coba bisa tak ada gunanya bila aplikasi dalam smartphone melebihi kapasitas.

5. Terdapat Malware dalam smartphone

Software jahat atau malware ternyata juga bisa membuat sinyal handphone menjadi buruk. Penyebabnya adalah aktivitas dari malware tersebut yang akan ‘menghabiskan’ sinyal pada smartphone Anda. Oleh karena itu sebaiknya Anda pastikan bahwa smartphone Anda terbebas dari kehadiran malware ini.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close