PropertiTips & Trik

Sangat Praktis, Ini Dia 5 Cara Memasang Wallpaper Dinding yang Sudah Ada Lemnya

Penggunaan wallpaper dinding dalam interior ruangan kini semakin populer di kalangan masyarakat. Bukan tanpa alasan, wallpaper digunakan karena memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan. Tidak hanya berfungsi sebagai pelapis dinding, namun kehadirannya mampu menjadikan ruangan tampak terlihat lebih indah dan menarik.

Uniknya lagi, wallpaper dinding biasanya akan didesain dengan tampilan yang sangat unik dan beragam sehingga mampu disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing orang. Jika Anda memiliki konsep ruangan bergaya feminim maka wallpaper yang bisa digunakan adalah motif bunga dengan warna lembut seperti pink ataupun ungu.

cara memasang wallpaper dinding

Apapun itu jenis desainnya, dalam proses pemasangan diperlukan keahlian khusus agar hasilnya  bisa memuaskan. Dalam metode pemasangannya pun tidak boleh dilakukan secara asal karena dapat menimbulkan kerugian. Meskipun saat ini memasang wallpaper dapat dilakukan dengan sangat mudah tanpa harus mengenakan lem secara manual, namun jika terdapat kesalahan maka akan berakibat sangat fatal.

Hadirnya wallpaper yang sudah dilengkapi dengan lem perekat memang seperti angin segar bagi sebagian orang. Pemasangan wallpaper pun akan menjadi lebih mudah dan praktis hingga siapapun bisa melakukannya. Meski hal tersebut mudah untuk dilakukan, namun sama halnya seperti pemasangan wallpaper tanpa lem semua ada tata cara dan tahapan yang harus dilakukan agar hasilnya bisa memuaskan.

Penasaran bukan, bagaimana cara memasang wallpaper dinding yang sudah ada lemnya?? Dan ini dia penjelasannya!

5 Cara Memasang Wallpaper yang Sudah Ada Lemnya

Cara memasang wallpaper dinding yang sudah ada lemnya tentu sedikit berbeda dengan cara yang biasa dilakukan dalam pemasangan wallpaper tanpa lem. Wallpaper tanpa lem biasanya mengharuskan seseorang untuk bekerja lebih ekstra dan hati-hati terutama pada saat mengoleskan cairan lem pada dinding secara manual.

Memasang wallpaper dinding yang sudah dilengkapi dengan lem tetap harus dilakukan dengan tata cara yang baik dan benar. Dan cara-cara yang harus dilakukan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kosongkan Area Dinding yang Akan Dipasangi Wallpaper

Cara memasang wallpaper dinding yang sudah ada lemnya tidak jauh berbeda dengan yang tanpa lem. Hal pertama kali yang harus Anda lakukan adalah mengosongkan area dinding yang akan dipasangi wallpaper dari segala perabotan yang ada disekitarnya. Hal ini penting dilakukan agar pada proses pemasangan, Anda tidak akan terganggu dan bisa bekerja dengan lebih leluasa.

2. Persiapkan Dinding dengan Cermat

Setelah mengosongkan area dinding dari berbagai perabotan, cara selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan dinding dengan teliti dan cermat. Anda harus memastikan bahwa dinding yang akan dipasangi wallpaper benar-benar berada dalam kondisi yang siap. Jika Anda menemukan permukaan dinding yang tidak rata seperti berlubang bekas paku, maka usahakan untuk membuatnya menjadi rata dengan melakukan penyumbatan diarea tersebut.

Hal lain yang harus diingat, pastikan bahwa dinding yang akan dipasangi wallpaper terbebas dari rembesan air atau kebocoran. Jenis wallpaper yang dilengkapi dengan lem perekat biasanya akan mudah mengelupas jika terkena air.

3. Lakukan Proses Pengukuran

Pengukuran pada dinding

Setelah dinding benar-benar berada dalam kondisi siap, cara memasang wallpaper dinding yang sudah ada lemnya perlu dilakukan proses pengukuran dengan tepat dan akurat. Pengukuran pada dinding dan juga wallpaper sangat penting dilakukan guna meminimalisir resiko kesalahan dalam pemasangan. Bila sampai salah ukuran, maka wallpaper yang sudah dilengkapi dengan lem tidak bisa dicopot dan dipasang kembali seperti halnya wallpaper tanpa lem.

Baca juga: Inspirasi Desain Interior SD Untuk Murid Tetap Semangat Belajar

4. Potong Wallpaper Dinding Sesuai dengan Ukuran

pemotongan wallpaper dinding

Setelah menemukan ukuran yang pas, maka lakukanlah proses pemotongan wallpaper dengan benar. Cara ini juga penting dan tidak boleh sampai salah karena wallpaper yang dilengkapi dengan lem bersifat lebih sensitif sehingga kesalahan dalam proses pemotongan bisa membuat wallpaper menjadi tidak bisa terpakai akibat lemnya yang rusak.

5. Lakukan Proses Pemasangan Secara Perlahan

memasang wallpaper dinding

Cara terakhir yang harus Anda lakukan yaitu mulai memasang wallpaper secara perlahan. Berbeda dari pemasangan wallpaper tanpa lem yang mengharuskan Anda untuk mengoleskan lem terlebih dahulu pada dinding, wallpaper yang dilengkapi lem membuat Anda menjadi lebih simpel dan praktis.

Anda hanya perlu membuka bagian perekat dibelakang wallpaper secara perlahan, pada saat bersamaan Anda harus mulai menempelkan wallpaper pada dinding secara perlahan dengan membuka perekat. Lakukan proses ini secara perlahan dengan posisi memanjang dari atas ke bawah.

Nah, itulah tadi cara memasang wallpaper yang sudah dilengkapi dengan lem perekat. Sangat mudah dan praktis bukan??

Setelah mengetahui tata cara pemasangan wallpaper di atas, maka Anda juga harus tahu mengapa menggunakan wallpaper di dalam ruangan sangat penting untuk dilakukan. Dan manfaat yang akan Anda dapatkan dari penggunaan wallpaper antara lain adalah sebagai berikut!!

Manfaat Menggunakan Wallpaper Dinding

1. Menambah Estetika Ruangan

Wallpaper bukanlah material wajib yang harus digunakan dalam setiap hunian. Bagi sebagian orang, penggunaan wallpaper dirasa tidak diperlukan karena dianggap kurang memiliki manfaat yang berarti. Namun jangan selalu terpaku pada asumsi tersebut karena faktanya ruangan yang dipasangi wallpaper akan terlihat menjadi lebih hidup dan memesonakan dibandingkan ruangan yang tidak dipasangi wallpaper.

Wallpaper dinding kini sudah tersedia dengan berbagai pilihan desain dan motif yang menarik. Beragam pilihan desain pun dapat Anda sesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Jika ruangan Anda menggunakan konsep berbau klasik maka bisa menggunakan wallpaper dengan motif abstrak berwarna cream, atau jika ruangan Anda memiliki konsep yang feminim maka Anda bisa memilih wallpaper dengan motif bunga yang berwarna merah muda. Apapun konsep ruangan yang Anda miliki, maka ruangan akan terlihat lebih indah dan hidup dengan menggunakan wallpaper.

Baca juga: 7 Inspirasi Warna Cat Dinding Kamar Tidur 

2. Wallpaper Berguna Sebagai Pelapis yang Akan Melindungi Dinding

Bukan hanya berguna untuk menambah estetika ruangan, wallpaper benar-benar sangat bermanfaat untuk melindungi dinding dari segala ancaman kerusakan. Dalam beraktivitas, seseorang pasti seringkali melakukan kegiatan yang tanpa sengaja merusak permukaan dinding. Tak jarang kita pun sering melihat dinding terlihat sangat kumuh dan rusak seperti banyaknya goresan atau kotoran.

Saat menggunakan wallpaper, dinding akan selalu terlindungi dari berbagai kerusakan. Hal ini terjadi karena saat sesuatu mengenai dinding, maka wallpaper akan melindunginya dari segala ancaman kerusakan. Seperti yang kita tahu, wallpaper merupakan material yang aman dan bersifat fleksibel sehingga kita bisa mengganti atau melepasnya dari dinding kapan pun kita mau.

3. Menjadikan Ruangan Terasa Lebih Hangat dan Nyaman

Ruangan yang dipasangi wallpaper akan terasa lebih hangat dan nyaman. Bahkan pada musim hujan tiba, Anda tidak perlu menggunakan penghangat ruangan untuk menghilangkan udara yang dingin, secara otomatis wallpaper akan bekerja untuk meredam udara dingin dari luar masuk kedalam ruangan. Anda bersama keluarga pasti akan merasa sangat nyaman berada di ruangan tersebut. Tak heran saat ini wallpaper banyak digunakan pada ruangan utama seperti ruang tamu atau ruang keluarga.

Show More

srirejeki

Writing can explain anything without having to say too much, its Cool !!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close