Tips & Trik

Lupa Password Wifi? Tak Perlu Khawatir, Lihat Passwordnya di PC dengan Cara Ini

PC atau perangkat komputer rasanya akan sangat tidak berguna tanpa kehadiran internet dalam penggunaanya. Tak heran jaringan internet melalui koneksi wifi merupakan kebutuhan yang sangat penting khususnya di era modern yang serba digital ini. Bukan hanya berguna untuk aspek komunikasi, namun koneksi dan jaringan internet sangat berperan penting untuk menunjang berbagai aspek lainnya seperti pendidikan, bisnis, hingga politik.

Penggunaan wifi saat ini memang sedang tren, adapun penggunaan wifi biasanya sangat dibutuhkan dalam menunjang kegiatan bekerja suatu perusahaan. Seperti yang kita ketahui, di era industri 4.0 ini kegiatan bisnis memang dirasa lebih efektif dan efisien apabila dilakukan secara online. Mulai dari kegiatan promosi hingga negosiasi antar perusahaan semua dapat dilakukan dengan cepat tanpa terkendala oleh jarak dan waktu.

Dalam penggunaan koneksi internet melalui wifi tentu saja tidak bisa langsung terhubung begitu saja, terdapat beberapa kode pengaman yang harus kita masukan ketika hendak menyambungkan koneksi internet pada perangkat PC yang sedang digunakan. Kode pengaman tersebut biasanya sering kita sebut dengan password. Meskipun dalam beberapa keadaan wifi bisa disambungkan pada PC melalui kabel router, namun beberapa orang masih konsisten menggunakan password yang dirasa lebih simpel dan praktis.

Namun terdapat beberapa kendala yang ternyata sering dialami seseorang ketika menggunakan wifi dan ia lupa password wifi tersebut. Nah, jika kasus ini terjadi pada kamu lalu apa yang akan dilakukan?? Apakah kamu akan langsung menghubungi teknisi jasa penyedia provider??

Saat kamu lupa akan password wifi, sebaiknya jangan panik dan langsung terburu-buru menghubungi penyedia jasa provider yang akan sangat merepotkan. Saat kamu lupa password wifi dan harus menunggu seorang teknisi dari penyedia provider untuk datang, pasti akan membutuhkan waktu yang lama sehingga kegiatan online yang akan dilakukan menjadi terhambat hingga menimbulkan kerugian.

Semua masalah tentu saja ada solusinya, begitu pun ketika kamu lupa akan password wifi. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan sangat simpel dan praktis. Tak perlu mengandalkan seorang teknisi jaringan. Penasaran bukan bagaimana melakukannya? Yuk langsung saja simak cara-caranya dibawah ini!!

5 Cara Melihat Password Wifi di PC

1. Buka Control Panel

Control Panel
Source via: itkb.csulb.edu

Cara melihat password wifi di PC sebenarnya sangat mudah dan praktis. Dalam setiap perangkat komputer pasti akan selalu dilengkapi dengan fitur control panel. Control panel merupakan sistem mutlak yang ada didalam setiap PC, di mana gunanya untuk mengatur, mengubah, dan menata sistem operasi perangkat yang kamu gunakan.

Menu ‘control panel’ juga berlaku untuk mengatur setiap hal yang berhubungan dengan koneksi internet dan jaringan. Maka hal pertama kali yang harus dilakukan untuk mengetahui password wifi yaitu dengan membukanya terlebih dahulu.

2. Masuk Ke Menu Network and Internet

Menu Network and Internet
source via: melsa.id

Setelah berhasil menemukan dan membuka menu ‘control panel’ yang ada di PC, maka kamu akan disuguhkan dengan beberapa opsi pilihan. Silahkan pilih dan masuk ke menu ‘network and internet’.

3. Pilih Network and Sharing Center

Network and Sharing Center
Source via: pintarkomputer.com

Pada menu ‘network and internet’ akan terdapat 3 opsi yang bisa kamu pilih, antara lain ‘network and sharing center’, ‘homegroup’, dan juga ‘internet options’, ketiga opsi pilihan menu tersebut akan menuntun kamu lebih spesifik terhadap masalah apa yang akan kamu perbaiki. Khusus untuk pengaturan yang berkaitan dengan wifi, kamu harus klik menu ‘network and sharing center’ yang posisinya berada di bagian paling atas.

4. Pilih Manage Wireless Networks

source via: nandikun.blogspot.com

Langkah selanjutnya kamu harus memilih menu ‘manage wireless network’, di mana menu ini memang sudah sangat spesifik untuk memudahkan setiap pengguna PC dalam mengatur dan mengontrol aktivitas jalannya wireless network pada saat sedang digunakan.

5. Klik Jaringan Wifi yang Ingin Diketahui Passwordnya

Pada menu ‘manage wireless network’ kamu akan melihat banyak pilihan jaringan wifi yang sudah pernah kamu gunakan sebelumnya. Namun untuk bisa melihat password wifi yang sedang digunakan, kamu hanya perlu memilih nama wifi tersebut. Klik tepat di bagian yang tertulis nama wifi, kemudian pilih atau klik ‘securuty’, dan pada menu itulah password wifi akan terlihat dengan jelas.

 

2 Alternatif Melihat Password Wifi Melalui Router yang Digunakan

Setelah mengetahui cara melihat password wifi di PC, terdapat 2 alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mengetahuinya. Alternatif ini diperlukan apabila berbagai cara yang dilakukan di atas tidak cukup berhasil. Dan tidak jauh berbeda dengan cara melihat password wifi melalui PC, cara alternatif di bawah ini juga sangat mudah dan tidak ribet, kamu hanya perlu mengeceknya langsung melalui router yang digunakan. Yuk langsung saja simak uraiannya!!

1. Cek Keterangan di Bagian Belakang Router

Jika sebelumnya cara melihat password wifi di PC dilakukan dalam menu control panel yang ada di dalam sistem, maka cara yang satu ini sangatlah mudah dan praktis. Kamu hanya perlu melihat keterangan pada router di bagian belakangnya, biasanya setiap wifi router akan terdapat label di bagian belakang di mana akan tertulis keterangan SSID dan password.

Jika kamu tidak menemukan keterangan tersebut, maka bisa dilihat kembali pada boks router  saat pertama kali kamu membelinya. Pada boks tersebut, pasti akan terdapat banyak keterangan produk dan serangkaian nomor key, dan itulah password wifi kamu.

Baca juga: Cara Cek Keaslian iPhone Dengan Mudah

2. Reset Router

Jika beragam cara di atas sudah dilakukan namun tidak berhasil, maka terdapat cara lain yang dijamin ampuh untuk kamu lakukan. Caranya yaitu dengan mereset router yang sedang digunakan. Meskipun cara ini terbilang mudah, namun harus berhati-hati dalam melakukan tahapannya agar tidak terjadi eror atau kerusakan lain yang tidak diinginkan.

Selain itu sebelum mereset router pastikan setiap perangkat yang sedang terhubung dengan jaringan internet berada dalam kondisi yang siap, hal ini diperlukan untuk mencegah adanya kehilangan data atau apapun file yang belum tersimpan sebelumnya. Ingat ya, mereset router otomatis akan membuat setiap perangkat PC yang terhubung menjadi disconect atau terputus koneksinya secara tiba-tiba.

Langkah-langkah untuk mereset router antara lain adalah sebagai berikut:

  • Periksa router pada bagian belakang
  • Klik tombol bulat atau dengan bentuk lain yang biasanya berukuran kecil tanpa label
  • Tekan tombol tersebut kurang lebih selama 30 detik sampai lampu router terlihat berkedip dan mati
  • Lihat keterangan SSID dan key dibelakang router
  • Sambungkan perangkan PC kembali dengan wifi router tersebut menggunakan password baru (key)

Setelah mengetahui berbagai cara melihat password wifi ternyata sangat mudah dan praktis bukan? Bahkan cara melihat password wifi di PC tidaklah sesulit yang dibayangkan, hanya masuk ke dalam menu control panel dengan mengikuti alurnya kemudian password pun akan dapat diketahui dengan sangat mudah dan praktis. Selamat mencoba!!

Show More

srirejeki

Writing can explain anything without having to say too much, its Cool !!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close