Internet

Cara Download Game Minecraft Resmi Gratis di PC dan Android

Karena video game kini bisa dinikmati di mana dan kapan saja, maka penggemar permainan ini pun semakin banyak. Bukan hanya anak-anak sekolah atau gamer saja yang tertarik mencoba-coba game baru atau yang sedang hits. Kini ramai orang ingin mengoleksi software game pada gadget atau PC mereka. Hal tersebut dilakukan untuk membunuh rasa bosan atau mencari hiburan semata.

Game yang populer untuk banyak orang tentu adalah game yang mudah dimainkan, seperti peraturan yang simple dan cara main yang mudah. Salah satu game yang memenuhi syarat-syarat tersebut dan tentunya sangat digemari hingga saat ini adalah game Minecraft.

Mengenal Game Minecraft Lebih Dekat

Game Minecraft

Game Minecraft diciptakan oleh seorang video programmer dan designer berkebangsaan Swedia bernama Markus Persson ‘Notch’. Game ini begitu populer hingga Notch menciptakan perusahaan pengembang game bernama Mojang yang mengembangkan dan merilis Minecraft secara resmi tahun 2011.

Pada tahun 2014 Mojang dan juga Minecraft dibeli oleh Microsoft. Lalu game ini dinobatkan sebagai bestselling video game sepanjang sejarah hingga pada tahun 2019. Bukan hanya populer, Minecraft dianggap sangat berpengaruh, serta memenangkan beberapa penghargaan.

Minecraft adalah permainan yang memungkinkan kamu mewujudkan imajinasimu dalam suatu dunia 3D. Jadi, dalam permainan ini kamu akan mengeksplor, menemukan berbagai material. Hal itu digunakan untuk membangun, merakit serta bertahan hidup, atau bahkan melawan penjahat.

Semua tergantung dari mode game yang kamu pilih, yaitu Creative mode atau Survival mode. Game ini juga merupakan game interaktif. Di mana kamu bisa bermain dan bekerja sama atau berkompetisi dengan pemain lain secara online.

Supaya bisa main game ini tentu harus memiliki software game Minecraft, atau mengunduh launcher resmi Minecraft yang berbayar. Tentu ini berarti kamu harus mengeluarkan uang untuk dapat memainkan game Minecraft.

Seperti layaknya membeli suatu barang, kamu mungkin ingin mencobanya terlebih dahulu agar tak menyesal nantinya. Nah, agar penyesalan tak terjadi kemudian, maka bisa coba beberapa versi game Minecraft resmi secara gratis. Dan lihat apakah game ini memang sesuai untuk kamu atau tidak.

Cara Mendownload Minecraft Secara Gratis

Minecraft Classic Untuk PC

Cara Download Minecraft

Pertama kali game ini dirilis adalah pada tanggal 17 Mei 2009. Kemudian versi ini dikenal dengan Minecraft Classic. Game ini terus dikembangkan secara perlahan namun pasti. Hingga setelah pengembangan yang cukup signifikan, dirilis kembali tanggal 28 Juni 2010.

Pada versi ini mulai dikenalkan mode Survival (Survival mode) selain mode Creative yang telah ada, dan berbagai penyempurnaan lain dari game versi awal Minecraft.

Pada Minecraft Classic masih banyak kekurangan bila dibandingkan dengan Minecraft versi baru. Sebab beberapa fitur utama seperti crafting, inventory serta dynamic lightning belum ada. Penyempurnaan serta penambahan fitur game Minecraft oleh Mojang memang berjalan setahap demi setahap. Walaupun demikian, Minecraft versi Classic ini masih cukup populer dan digemari hingga sekarang.

Minecraft Classic sempat bisa dimainkan secara gratis pada situs resmi Minecraft, yaitu minecraft.net. Selain itu juga dapat dimainkan secara single player maupun multiplayer. Pada game Minecraft Classic di situs ini  terdapat mode tambahan seperti Lava Survival, The Flag, atau Zombies.

Link game versi Classic ini sempat dihapus pada 8 Agustus 2012. Namun karena banyak penggemarnya yang melancarkan protes, akhirnya game tersebut sempat dimunculkan kembali.

Baca juga: Pentingnya Memahami Lebih Jauh Apa Itu RAM Komputer

Pada tanggal 1 Juli 2013, game versi Classic sudah bisa dimainkan melalui launcher Minecraft yang baru. Oleh sebab itu link game gratis yang sempat dimunculkan sebelumnya kembali dihapus.

Dengan demikian, kini Minecraft versi Classic hanya bisa dimainkan dari launcher Minecraft resmi yang berbayar. Namun apabila kamu ingin tetap memainkan Minecraft Classic versi multiplayer secara gratis, maka tak perlu kecewa. Sebab untuk bermain game Minecraft versi Classic masih bisa dilakukan melalui classicube.net.

ClassiCube adalah situs game yang terinspirasi Minecraft Classic namun tidak berafiliasi dengan Mojang. Perlu diketahui bahwa game ini hanya bisa dimainkan melalui PC.

Minecraft Demo Untuk PC, Mac dan Console

minecraft ps4

Mungkin Minecraft versi Classic terasa terlalu kuno buat sebagian orang, mengingat telah banyak update serta tambahan fitur pada Minecraft versi terbaru. Bila kamu termasuk yang ingin memiliki game Minecraft versi terbaru, maka bisa mencoba game resminya secara gratis.

Hal ini bisa dilakukan karena ada Minecraft gratis versi demo. Kalau kamu tertarik memainkan Minecraft terbaru versi demo ini, maka harus mendaftar serta memiliki akun Mojang terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar dapat login pada Minecraft launcher.

Baca juga: Tanpa Ribet, Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Terbaik di Android

Versi demo ini tersedia untuk dimainkan pada PC dan Mac. Selain itu, Minecraft demo juga tersedia untuk console, yaitu Xbox one dan Xbox 360 yang bisa ditemukan pada Xbox store. Serta untuk PS4, PS3 dan PS Vita yang bisa didapatkan melalui PlayStation store.

Karena versi demo, maka game ini hanya bisa dimainkan secara gratis untuk 5 hari in-game atau sekitar 100 menit saja. Minecraft demo merupakan game tutorial, sehingga permainan kamu tak dapat di save.

Gunakan waktu ini sebaik-baiknya untuk mengeksplor permainan ini sekaligus menguji coba komputer kamu. Setelah puas mencoba, tentu nantinya kamu bisa memutuskan untuk membeli game ini atau tidak.

Minecraft Trial Untuk Android dan iOS (Juga PC)

Cara Download Minecraft

Kalau kamu ingin memiliki permainan Minecraft yang bisa dimainkan melalui smartphone, tentu bisa mencoba Minecraft Trial. Versi trial ini bisa dimainkan baik pada smartphone Android maupun IOS. Agar game ini bisa dimainkan melalui PC dan laptop, maka harus memainkannya melalui emulator Android, yaitu MEmu, Nox, atau Bluestack yang harus kamu unduh terlebih dahulu.

Kelebihan dari Minecraft versi trial ini adalah adanya beberapa fitur menarik. Misalnya paket tekstur yang dibuat oleh komunitas Minecraft, fitur memanggil kerumunan orang, mengubah waktu, serta banyak lainnya.

Baca juga: Ini Dia Berbagai Aplikasi Pembersih Sampah PC yang Wajib Diketahui!

Hal menarik lainnya adalah mode multiplayer. Kamu bisa bermain dengan hingga 10 orang pemain. Di mana masing-masing pemain dapat bermain pada platform yang berbeda, tanpa terikat tempat.

Namun karena ini adalah versi Trial maka ada keterbatasan, yaitu adanya time limit atau waktu bermain yang dibatasi (sekitar 90 menit). Selain itu akses bermain hanya untuk Survival mode. Apabila ingin bermain full version dan secara tak terbatas, kamu bisa mendaftar dan mengunduh launcher Minecraft resmi di https://www.minecraft.net/en-us/download/.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close