Bisnis OnlineTips & Trik

Ingin Jualan di Instagram Laris Manis?? Ini Dia Caranya!

Teknologi berbasis internet kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Selain untuk berkomunikasi dan mencari infomasi, kini internet sudah banyak dimanfaatkan dalam keperluan bisnis dan menjadi ladang penghasilan.

Cara yang dilakukan pun sangatlah beragam, seperti yang sedang tren belakangan ini yaitu sebagai seorang youtuber.

Bagi para pengusaha, internet menjadi hal yang sangat penting dalam menunjang kelancaran bisnisnya. Berjualan menggunakan internet pun dirasa lebih efektif dan efisien daripada berjualan secara offline.

Kegiatan berbisnis kini semakin mudah dengan maraknya situs dan aplikasi jual beli online yang bisa digunakan secara gratis.

Selain menggunakan situs dan aplikasi khusus online shop, kegiatan berbisnis pun tak cukup sampai disitu. Eksistensi media sosial pun kini sudah banyak dimanfaatkan sebagai sarana untuk berjualan.

Seperti yang kita tahu, media sosial merupakan platform jejaring sosial yang dirancang sebagai media interaksi antara satu orang dengan orang lainnya tanpa adanya batasan waktu dan jarak.

Popularitas media sosial pun menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengusaha untuk menjadikan bisnisnya semakin laris dan laku terjual. Salah satu media sosial yang kini banyak dimanfaatkan untuk berjualan yaitu adalah Instagram.

Hampir setiap orang didunia pasti memiliki akun instagram sebagai media interaksinya, konsep yang simpel dan kekinian menjadikannya begitu digemari oleh banyak orang terutama kalangan milenial.

Hal itulah yang akhirnya membuat instagram banyak dimanfaatkan sebagai sarana untuk berjualan meski notabennya instagram bukan termasuk aplikasi jual beli online.

Meskipun cara berjualan di instagram tampak mudah, namun ada hal-hal yang harus kamu lakukan supaya jualanmu bisa laku keras. Nah, penasaran bukan bagaimana caranya? Yuk simak urainannya di bawah ini!

5 Cara Jitu Agar Jualan di Instagram Laris Manis

Cara berjualan di instagram memang sangat penting untuk diketahui dan ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisnis berjalan lancar. Nah, agar jualan kami sukses cobalah berbagai cara jitu di bawah ini!

1. Membuat Akun Bisnis

cara berjualan di instagram dengan akun bisnis

Semakin banyak orang yang memanfaatkan instagram untuk berbisnis, dan akhirnya pihak instagram pun kini sudah menyediakan akun bisnis agar setiap orang yang berjualan menjadi semakin mudah.

Akun tersebut berbeda dengan akun pribadi yang biasa orang gunakan, dalam fitur akun bisnis kamu bisa melihat siapa saja yang mengunjungi profil setiap harinya. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah menganalisa target pasar secara keseluruhan.

Selain lebih menguntungkan, menggunakan akun bisnis juga akan meningkatkan kredibilitas alias kepercayaan seseorang. Akun jualan kamu akan terlihat lebih profesional.

2. Perbanyak Followers

cara berjualan di instagram dengan perbanyak followers

Cara berjualan di instagram agar laris manis salah satunya yaitu, kamu harus memperbanyak followers. Followers atau pengikut akun kamu harus tepat sesuai target pasar, misalnya jika kamu menjual produk kecantikan, maka usahakan agar para pengikut akun kamu didominasi oleh kalangan wanita-wanita muda yang juga menyukai produk kecantikan. Hal ini sangat penting agar target pasar lebih spesifik dan berpeluang untuk dibeli banyak orang.

Cara memperbanyak followers pun tidak sulit, pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan follow terlebih dahulu terhadap pengguna instagram yang kamu anggap potensial, follow sebanyak 50 sampai 100 akun setiap harinya.

Setelah melakukan follow, kemudian lakukan privasi atau privat akun kamu agar orang-orang merasa penasaran dan tertarik untuk follow back.

Jika kamu tidak ingin pusing, ada juga cara yang lebih simpel untuk memperbanyak followers, caranya dengan membeli followers dari seseorang. Meskipun cara ini sebenarnya illegal alias tidak dibenarkan oleh instagram, namun sudah banyak akun bisnis yang membeli followers dan akhirnya jualannya semakin laris terjual.

3. Gunakan Hastag dalam Setiap Postingan

cara berjualan di instagram dengan hashtags

Hastag atau tanda pagar (#) merupakan kata kunci yang bersifat link hidup sehingga memudahkan seseorang untuk mencari hal-hal yang ingin diketahuinya secara lebih spesifik. Hastag ini merupakan salah satu cara berjualan di instagram yang tidak boleh sampai terlewatkan.

Semakin sering kamu memberikan hastag pada setiap postingan, maka semakin banyak juga peluang agar produk kamu dilihat banyak orang. Misalnya jika kamu berjulan jaket wanita, maka kamu bisa menuliskan #jaketwanita #jaketwanitamurah di akhir caption.

4. Upload Foto Produk dan Caption yang Menarik

cara berjualan di instagram dengan upload foto dan caption

Gambar merupakan visual yang menjadi daya tarik paling utama saat kamu berjualan secara online. Pastikan bahwa foto produk yang kamu upload di instagram memiliki kualitas gambar yang baik dan sangat menarik.

Hindari untuk mengambil gambar milik orang lain karena hal itu hanya akan menimbulkan kerugian. Selain melanggar hak cipta, mengambil gambar milik orang lain akan menghilangkan kepercayaan calon pembeli.

Maka pastikan untuk menjunjung tinggi keaslian gambar dalam setiap produk yang dijual. Selain foto produk, kamu juga harus kreatif dalam membuat caption. Gunakan kata-kata yang persuasif alias mampu mempengaruhi orang lain untuk tertarik membeli.

5. Upload Testimoni

cara berjualan di instagram dengan testimoni

Cara terakhir yang tidak boleh kamu lupakan yaitu mengupload testimoni dari para pembeli sebelumnya. Testimoni bisa berupa gambar screenshoot hasil percakapan kamu dengan customer yang merasa puas, atau kamu juga bisa meminta kepada pembeli agar memberikan testimoninya.

Cara berjualan di instagram yang satu ini sudah sangat umum dilakukan. Semakin banyak testimoni yang kamu tampilkan, maka banyak calon pembeli yang percaya dan akhirnya tertarik untuk ikut membeli.

Nah, itu tadi rahasia yang harus kamu lakukan agar berjualan di instagram bisa laris manis. Bagaimana, cukup mudah bukan?? Selain berbagai cara di atas, kamu juga bisa menggunakan tools marketing atau aplikasi tambahan agar kegiatan bisnis kamu di instagram semakin berjalan lancar. Dan ini dia rekomendasinya untuk kamu!

3 Rekomendasi Aplikasi Marketing Tools untuk Instagram

1. Schedugram

Schedugram

Aplikasi marketing tools untuk yang satu ini akan membantu kamu dalam mengelola akun bisnis di instagram. Dengan menggunakan Schedugram kamu akan memiliki serangkaian rencana jualan yang sudah terjadwal, mulai dari promosi, upload gambar, hingga posting iklan semua sudah terarah kapan waktu yang tepat untuk kamu melakukannya.

2.  Crowdfire

Crowdfire

Jika Schedugram memiliki keunggulan untuk mengatur dan mengelola akun instagram kamu secara terjadwal, lain halnya dengan Crowdfire yang akan memberikan kamu kemudahan dalam menganalisa target pasar.

Crowdfire memungkinkan kamu untuk mengetahui akun mana saja yang berhenti mengikuti kamu tanpa harus repot mencarinya secara manual satu-persatu.

Selain itu kamu juga bisa mengetahui akun-akun yang sudah tidak aktif dan kamu bisa mengirim pesan secara otomatis ke pengikutmu.

3. Iconosquare

Iconosquare

Aplikasi yang satu ini cukup populer dikalangan para penjual online di instagram. Iconosquare bahkan tidak hanya populer untuk menunjang kegiatan jualan saja, namun para artis juga banyak yang mengelola akun pribadinya menggunakan tools yang satu ini.

Selain bisa mengelola followers, Iconosquare akan membantu kamu dalam mengatur jadwal posting produk dan juga iklan. Uniknya kamu juga bisa langsung menanggapi komentar orang lain tanpa harus membuka instagram terlebih dahulu.

Show More

srirejeki

Writing can explain anything without having to say too much, its Cool !!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close