Wisata

Jangan Asal Packing! Inilah Barang yang Tidak Boleh Dibawa di Bagasi Pesawat

Saat musim liburan tiba banyak orang melakukan perjalanan wisata ke berbagai tempat, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Saat melakukan perjalanan wisata ke tempat yang cukup jauh, maka seseorang membutuhkan alat transportasi udara yang praktis dan efisien agar perjalanan wisata tidak memakan waktu yang lama.

Sebagai alat transportasi udara, pesawat selalu menjadi pilihan utama bagi seseorang yang akan melakukan perjalanan ke luar pulau atau ke luar negeri. Namun dalam menggunakan transportasi canggih ini sepertinya masih banyak orang yang belum mengetahui tentang berbagai peraturan dasar yang harus dilakukan, seperti halnya tentang barang-barang yang tidak diperbolehkan untuk dibawa saat dalam perjalanan.

Meskipun peraturan tersebut terdengar simpel dan sepele, namun masih saja banyak orang yang melanggarnya. Adanya sortir terhadap barang bawaan, tentu saja bukan dimaksudkan untuk merugikan penumpang, hal itu jelas dilakukan guna menjaga keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.

Seperti yang kita tahu, perjalanan menggunakan transportasi udara sangat rawan dan rentan terjadi kecelakaan. Maka ada baiknya sebelum Anda menggunakan transportasi pesawat, pastikanlah bawa barang yang dibawa termasuk barang yang aman dan tidak mengandung unsur berbahaya.

Lalu apa saja sih barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat?? Yuk simak uraian mediapenulis.com dibawah ini!

6 Barang yang Tidak Boleh Dibawa di Bagasi Pesawat

1. Produk yang Terbuat dari Hewan

Produk yang Terbuat dari Hewan

Maskapai penerbangan Indonesia melarang para penumpang untuk membawa produk yang terbuat dari hewan karena dianggap berbahaya. Barang yang terbuat dari hewan akan mengandung banyak bakteri pathogen yang akan membuat seseorang menjadi terinfeksi.

Produk-produk yang terbuat dari hewan antara lain, susu segar, daging, dan juga keju.

2. Bahan Peledak dan Senjata Api

Bahan Peledak

Kalau barang yang satu ini pasti sudah sangat jelas bahwa termasuk jenis barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat karena dapat menjadi ancaman dan bahaya besar bagi orang-orang dalam pesawat. Tidak bisa dibayangkan bukan, apa jadinya jika terdapat bahan peledak atau senjata api pada badan pesawat saat berada diudara?? Benar-benar sangar mengerikan!!

Selain dilarang di pesawat, membawa senjata api atau bahan peledak memang sejatinya mutlak tidak boleh dibawa sembarangan orang. Bahkan aksi tersebut dapat menjadi pelanggaran khusus yang dapat membahayakan keselamatan seseorang.

3. Zat Cair Lebih dari 100 ML

produk kecantikan yang dikemas dalam botol

Jika Anda memiliki produk kecantikan yang dikemas dalam botol berukuran lebih dari 100 ML sebaiknya jangan dibawa saat akan menggunakan pesawat. Hal itu karena zat cair yang lebih dari 100 ML menjadi salah satu barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat secara mutlak.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bandung

Bagi Anda yang memiliki bayi atau memiliki penyakit tertentu yang mengharuskan Anda mengonsumsi obat, maka hal itu diperbolehkan.

4. Benda Berbahan Gas

Benda Berbahan Gas

Setiap barang yang memiliki kandungan gas akan sangat dilarang keras oleh maskapai penerbangan Indonesia. Adapun barang yang mengandung gas tersebut antara lain oksigen, cat semprot, oksigen dan lain sebagainya. Barang yang memiliki kandungan gas akan menjadi ancaman dan benda berbahaya yang bisa memicu adanya ledakan.

5. Alat Tumpul yang Menyebabkan Cedera

tongkat baseball

Alat tumpul seperti tongkat baseball, kail pancing, alat dayung, pentungan dan sejenisnya sangat mutlak tidak diperbolehkan untuk dibawa dibagasi pesawat. Barang-barang tersebut dilarang karena berpotensi bisa membahayakan orang lain di dalam pesawat. Meskipun bukan benda yang tajam dan dapat menusuk, namun tetap saja benda tumpul dapat dikategorikan sebagai alat yang dapat membuat seseorang menjadi cedera.

6. Senjata dan Benda Tajam

Senjata dan Benda Tajam

Bukan hanya pisau, segala hal yang berbentuk senjata dan bersifat tajam dapat menjadi barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat. Sebaiknya hindari untuk membawa alat-alat seperti pedang, senapan, ketapel, gunting, gunting kuku dan apapun itu yang berbau tajam dan nampak seperti senjata maka sangat mutlak hukumnya untuk tidak dibawa.

Hal tersebut jelas tidak diperbolehkan karena merupakan benda yang dapat berbahaya dan menimbulkan berbagai ancaman selama berada di dalam pesawat.

Nah, itu tadi berbagai barang yang tidak diperbolehkan untuk dibawa ke pesawat. Selain mempersiapkan barang bawaan, Anda pun tidak boleh ketinggalan untuk mempersiapkan hal-hal penting lainnya agar perjalanan menjadi aman, nyaman dan menyenangkan. Dan berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan,yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Tips Melakukan Perjalanan Menggunakan Pesawat Agar Tetap Aman dan Menyenangkan

Selain mengetahui barang yang tidak boleh dibawa ke pesawat, Anda juga harus paham tentang apa saja yang harus disiapkan untuk menghadapi perjalanan selama di udara. Ingat ya, melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara akan berbeda dengan via darat seperti mobil atau bus. Terdapat banyak hal yang harus Anda persiapkan, dan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Lakukan Check In Secara Online

Untuk menghemat waktu, maka lakukanlah pembelian tiket secara online jauh sebelum jadwal keberangkatan Anda. Di era modern ini check in online lebih banyak disukai daripada membeli tiket secara langsung atau pada penjual calo. Hal itu jelas lebih praktis dan mudah untuk dilakukan, Anda bisa bebas memilih sendiri posisi tempat duduk, waktu keberangkatan, dan jenis pesawat yang digunakan.

Selain itu, melakukan check in secara online dapat memberi keuntungan karena biasanya akan terdapat banyak diskon dan promo khususnya pada momen-momen liburan.

2. Siapkan Stamina dan Kesehatan

Saat akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat maka sangat penting agar Anda menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Pastikan bahwa Anda berada dalam kondisi yang fit dan bugar sehingga perjalanan akan terasa lebih menyenangkan.

3. Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Membawa Jaket

Bukan hanya di pesawat saja, pakaian yang nyaman dan sopan sebaiknya Anda gunakan kemana pun Anda berada. Untuk perjalanan yang nyaman dan leluasa maka gunakanlah pakaian yang tertutup, jangan lupa untuk membawa jaket karena bisa saja Anda merasa kedinginan saat berada dalam perjalanan.

Baca juga: 11 Desa Terindah di Dunia

4. Hindari Mengonsumsi Kafein Atau Alkohol Berlebih

Minuman yang mengandung kafein atau alkohol sebaiknya dihindari saat akan bepergian menggunakan pesawat. Pengaruh dari kafein dan alkohol yang berlebih biasanya akan memengaruhi kesehatan seseorang. Jika Anda sangat ketergantungan dengan kopi atau minuman jenis alkohol maka bisa alihkan sementara minuman tersebut dengan mengonsumsi teh, orange jus dan minuman lainnya.

5. Membawa Obat Umum

Saat berada di pesawat kita tidak bisa menemukan toko atau apotek yang menjual obat seperti halnya berkendara menggunakan transportasi darat. Kesehatan seseorang saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat kadang tidak bisa diprediksi sehingga terkadang rasa pusing, mual, atau masuk angin bisa saja terjadi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka ada baiknya jika Anda membawa obat-obatan umum seperti obat pereda rasa nyeri, pereda pusing, atau obat penghilang masuk angin. Apapun itu jenisnya, bawalah obat yang biasa Anda konsumsi sehingga keluhan sakit yang Anda alami bisa segera terobati.

Show More

srirejeki

Writing can explain anything without having to say too much, its Cool !!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close