Teknologi

Ini Dia Berbagai Aplikasi Pembersih Sampah PC yang Wajib Diketahui!

Kehadiran komputer di era digital saat ini menjadi bagian yang sangat penting. Komputer membantu kita menyelesaikan banyak pekerjaan, sekaligus memenuhi kebutuhan kita akan hiburan.

Dari mulai main game, membuat daftar belanja, berkomunikasi dengan orang-orang terdekat, hingga menyelesaikan berbagai macam pekerjaan kantor, kita bergantung pada ‘jasa’ komputer. Komputer kini sudah berfungsi bukan hanya sebagai alat bantu, namun sudah seperti asisten pribadi saja.

Untuk PC atau Personal Computer, biasanya paling sering digunakan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan administrasi, pekerjaan design, atau pekerjaan kantor lainnya.

Oleh sebab itu, apabila PC milik kita tiba-tiba ngadat atau lambat kinerjanya, penyelesaian pekerjaan akan terganggu. Akibatnya, berbagai urusan kita pun tertunda. Kalau hal ini sampai terjadi, sungguh mengesalkan, bukan?

Permasalahan Pada Kinerja Komputer

Aplikasi Pembersih Sampah

Banyak hal yang bisa membuat kinerja PC menjadi lamban atau istilah populernya, ‘lemot’, salah satu karena banyaknya file ‘sampah’ yang memenuhi sistem di perangkat PC kita. Agar PC kembali ‘ngebut’ maka yang harus dilakukan tentu adalah mengenyahkan sampah tersebut dari sistem komputer.

Apa yang disebut sebagai file sampah antara lain adalah berbagai riwayat download, file kembar, cache, dan lain sebagainya. Sampah-sampah inilah ternyata yang menjadi salah satu ‘biang kerok’ yang memperlambat kinerja PC kita.

Sayangnya, kebanyakan dari sampah ini tanpa terhindari akan dihasilkan setiap kali kita menggunakan komputer, sebab, memang begitulah cara bekerja komputer dimana sistem akan menyimpan file sementara, setiap kali kita melakukan browsing atau berbagai aktivitas lainnya pada komputer.

Dengan demikian solusinya adalah mau tidak mau kita harus secara aktif melakukan maintenance berupa pembersihan sampah pada sistem secara rutin, agar kinerja PC tidak sempat lemot dan mengganggu kelancaran bekerja.

Berbagai Aplikasi Pembersih Sampah PC

Aplikasi Pembersih Sistem PC

Terdapat beberapa cara untuk membuang file-file sampah, salah satunya adalah dengan menggunakan software berupa aplikasi yang bisa diinstall, atau yang versi portable (tanpa diinstall).

Berbagai aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mari kita lihat beberapa diantaranya, yang manakah yang paling sesuai untuk Anda gunakan?

1. CCleaner

Aplikasi Pembersih Sampah PC CCleaner

CCleaner merupakan software ‘pembersih’ yang populer untuk Sistem Operasi Windows. Software ini simpel untuk digunakan, bisa membersihkan file-file sampah secara cepat, dan bisa bekerja secara otomatis begitu Anda menyalakan komputer. Dari mulai menghapus junk, cookies, history dan sebagainya.

Terutama cache yang ditinggalkan oleh browser yang sudah menumpuk. Bukan itu saja, software ini juga dapat melakukan uninstall aplikasi dalam sistem operasi.

Karena penggunaannya yang mudah dimengerti, maka software ini cocok digunakan oleh pengguna PC pemula hingga yang advanced. Terdapat 4 fitur dari CCleaner yaitu: Cleaner, Registry, Tools dan Options.

CCleaner akan melakukan scanning terlebih dahulu dulu terhadap semua sampah (termasuk cookies pada browser) yang harus dibersihkan, kemudian mempersilakan Anda untuk memilih mana yang ingin dibuang dan mana yang tidak. Setelah Anda tentukan, baru CCleaner akan membersihkannya.

2. Glary Utilities

Aplikasi Pembersih Sampah PC Glary Utilities

Kelebihan dari software ini adalah bahwa dia tidak hanya bisa membersihkan sampah dari PC, namun sekaligus melakukan perawatan sistem operasi.

Terdapat opsi One-Click Maintenance dimana berbagai proses pembersihan dan perawatan sistem akan langsung berjalan hanya dengan satu kali menekan tombol. Sehingga untuk melakukan maintenance rutin menjadi begitu mudah.

Tentu bila Anda ingin menggunakan maintenance tools tersebut satu persatu (tidak sekaligus dalam sekali tekan), hal tersebut tetap bisa dilakukan. Terdapat 5 fitur yang merupakan kelebihan dari software ini, yaitu: Clean & Repair, Optimize & Improve, Privacy & Security, Files & Folders, System tools.

3. SlimCleaner

Aplikasi Pembersih Sampah PC SlimCleaner

Salah satu kelebihan dari SlimCleaner adalah user friendly, sehingga pengguna pemula akan cepat merasa nyaman dengan software ini. SlimCleaner akan membantu Anda menghapus segala sampah pada sistem, termasuk melakukan uninstall program-program yang tidak kita inginkan.

Terdapat fitur Autoclean, dimana SlimCleaner akan melakukan deteksi atau scanning sebelum membersihkan sistem. Sayangnya Anda tidak bisa melakukan review dari hasil scanning, sebelum ‘sampah’ tersebut dihapuskan.

Selain itu ada fitur-fitur lain yaitu Optimization tools, Disk Tools, Windows tools. Salah satu fiturnya yang sangat fungsional adalah fitur Startup Manager, dimana Anda bisa mengatur program atau aplikasi mana saja pada komputer yang akan berjalan secara otomatis, saat startup.

4. nCleaner

Aplikasi Pembersih Sampah PC nCleaner

Software pembersih ini disukai salah satunya karena kemampuannya untuk mengenali dan menganalisa lebih dari 90 software atau aplikasi yang terpasang pada komputer.

Baca juga: 15 Cara Ampuh Mengatasi Laptop yang Lemot

Sehingga bagi Anda yang sering melakukan pasang dan hapus aplikasi, ini merupakan software pembersih sistem yang Anda butuhkan. Selain itu, software tersebut juga bisa melacak duplicate file, serta Anda bisa melakukan scanning terhadap file-file sampah sebelum dihapuskan.

5. ToolWiz Care

Aplikasi Pembersih Sampah PC ToolWiz Care

Ini merupakan software pembersih all in one, yang memiliki banyak fitur menarik. Antara lain adalah System Check-up, System Clean-up, System Speed-up, System Back-up serta masih banyak lagi. Salah satu kelebihannya adalah bahwa software ini benar-benar gratis, alias tidak ada versi berbayar sama sekali. Dengan demikian semua fitur yang ada bisa digunakan secara gratis.

6. Kingsoft PC Doctor

Kingsoft PC Doctor

Kingsoft PC Doctor tidak hanya akan membersihkan sistem komputer Anda, namun juga memiliki anti malware. Hasilnya, software ini bukan hanya membantu meningkatkan kinerja PC Anda dengan membersihkan sampah, namun juga melindunginya dari serangan malware. Fitur-fitur menarik yang dimiliki antara lain: pembersih junk, registry cleaner, selain anti trojan dan virus.

7. BleachBit

Aplikasi Pembersih Sampah PC BleachBit

BleachBit cocok bagi Anda yang mencari software pembersih sistem PC yang benar-benar gratis untuk pemakaian dalam setting profesional. Dengan demikian, apabila Anda pengguna PC aktif untuk keperluan kerja (profesional), maka BleachBit lebih cocok untuk Anda dibandingkan dengan pengguna PC pemula atau non professional.

8. Wise Disk

Aplikasi Pembersih Sampah PC Wise Disk

Wise Disk cukup unik karena merupakan softwear pembersih yang portable, dimana aplikasi ini bisa dijalankan dengan menggunakan flash disk atau SD card. Ketika menjalankan fungsinya sebagai software pembersih file sampah, Wise Disk akan melakukan cleaning yang didahului dengan scanning sebelumnya.

Apabila Anda masih ragu dengan file-file yang akan dibuang, ada pilihan untuk memindahkan berbagai file tersebut ke Recycle Bin terlebih dahulu sehingga tidak langsung hilang dari PC.

Baca juga: 4 Cara Mudah Atasi Koneksi Internet Tidak Stabil

Program pada software ini cukup customized, dimana Anda dapat mengatur agar pembersihan dilakukan lebih selektif, atau tidak terlalu banyak file yang dibuang. Uniknya, pada aplikasi ini Anda bisa mengatur atau membuat jadwal pembersihan tersebut.

9. O&O CleverCache

O&O CleverCache

Bila Anda membutuhkan aplikasi cleanser atau pembersih yang bisa bergerak cepat, O&O CleverCache adalah yang Anda butuhkan. O&O CleverCache akan membersihkan sistem komputer Anda tanpa komputer harus direstart terlebih dahulu. Software ini memonitor PC saat masih menyala, dan ketika dia menangkap adanya sampah yang harus dibersihkan, software ini akan langsung melakukannya.

Dengan demikian software pembersih ini akan sangat membantu dengan meringankan beban komputer Anda ketika sedang digunakan untuk beberapa pekerjaan berat sekaligus. Tanpa harus bolak balik merestart, saat Anda sedang bekerja membuat design misalnya, software ini pun bekerja memperlancar pekerjaan Anda.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close