Teknologi

Pentingnya Memahami Lebih Jauh Apa Itu RAM Komputer

Kini perangkat teknologi sudah serba canggih. Dari mulai handphone hingga komputer, kehadirannya sangat membantu aktivitas kita sehari-hari, bahkan membuat kita cukup tergantung dengan perangkat teknologi ini. Bisa dibilang, gadget maupun komputer sudah berfungsi semacam asisten pribadi yang kita andalkan.

Dari mulai membantu pekerjaan di kantor hingga membantu mengingatkan kita akan jadwal jogging di akhir pekan, semua kita gantungkan pada komputer dan smartphone. Pekerjaan dan aktivitas kita bisa jadi lebih ringan dengan kehadiran segala perangkat andalan ini.

Perlukah Kita Mengetahui Apa Itu RAM Komputer?

RAM Komputer

Istilah RAM tentu sering kita dengar, terutama saat sedang berjalan-jalan ke toko handphone. Awalnya mungkin kamu bertanya-tanya, adakah pentingnya mengetahui lebih jauh tentang RAM komputer ini. Selain pengetahuan tentang hal tersebut yang sangat teknis, kamu mungkin ragu kalau memahaminya dan akan membuat dahi mengkerut atau dengan kata lain, akan sangat membingungkan.

Sebenarnya, cara bekerja komponen penting yang berbentuk menyerupai chip ini bisa dimengerti secara sederhana. Selain itu, dengan banyaknya ukuran kapasitas RAM yang tersedia pada HP maupun laptop membuat kita mau tidak mau harus mencari tahu apa itu RAM komputer. Sebab, besarnya kapasitas RAM telah menjadi salah satu spesifikasi penting saat kita ingin membeli suatu gadget atau komputer.

Paling tidak saat kamu mau membeli handphone atau laptop baru, kamu tahu harus membeli perangkat dengan RAM sebesar apa, agar bisa mengakomodasi kebutuhan kamu tanpa musti terjadi hal-hal yang dapat mengecewakan.

Random Access Memory (RAM) adalah sejenis memori pada perangkat HP atau komputer, yang bertugas menyimpan data. Namun fungsi penyimpanan ini sifatnya sementara, yaitu hanya saat perangkat dalam keadaan hidup. Dengan kata lain bila smartphone atau komputer dimatikan maka data yang tersimpan pada RAM akan hilang.

Jadi, RAM menyediakan tempat sementara untuk menyimpan data saat program sedang berjalan. Oleh sebab itu tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Kekurangannya, adalah tempat penyimpanan data yang disediakan oleh RAM tidak besar atau terbatas. Selain itu karena data yang disimpan hanya bersifat sementara, maka bila terdapat data-data yang penting, jangan lupa untuk lakukan proses penyimpanan secara permanen.

Kelebihannya adalah, karena penyimpanan pada RAM bersifat sementara, maka data yang ada mudah untuk diakses, ditemukan dan ditampilkan. Berbeda dengan hard disk, yaitu tempat penyimpanan data dalam kapasitas besar dan permanen. Kekurangan hard disk adalah akan memerlukan waktu yang lama untuk menemukan data yang telah tersimpan tersebut.

RAM Alias Meja Kerja Dalam Komputer Kita

Untuk mempermudah penggambaran tentang apa itu RAM komputer, mari kita ibaratkan saja RAM sebagai sebuah meja kerja. Bila kita sedang bekerja, biasanya segala file maupun data yang sedang kita kerjakan akan diletakan dahulu di atas meja kerja sebelum dimasukan ke dalam filing cabinet. Dalam hal ini filing cabinet adalah hard disk, yaitu tempat penyimpanan file atau data yang sifatnya lebih permanen.

Baca juga: Cara Mudah Atasi Koneksi Internet Tidak Stabil

Nah untuk berbagai file maupun data-data yang berada di atas meja, tentu kita letakan di situ untuk sementara saja. Karena masih diletakan di atas meja itu pula, kita akan dengan mudah dan cepat menemukan data-data yang kita perlukan. Sifatnya yang hanya sementara, tentu area penyimpanan data hanya terbatas sebesar meja kerja kita.

Dengan demikian semakin besar meja kerja kita tentu semakin banyak file yang kita bisa letakan di atasnya. Atau dengan kata lain, besarnya RAM akan menentukan seberapa banyak file atau data yang bisa kita letakan di atas ‘meja kerja’ kita.

fungsi RAM pada komputer

Apa itu RAM komputer kurang lebih telah kita ketahui. Bisa dikatakan bahwa fungsi RAM pada gadget dan komputer adalah sebagai tempat penyimpanan sementara, serta mempercepat kinerja komputer. Dimana RAM dapat menyediakan dan memanggil dengan cepat data yang dibutuhkan oleh prosesor.

Selain itu RAM akan membantu pekerjaan multitasking dalam komputer atau gadget. Bila gadget atau komputer mempunyai RAM dengan kapasitas yang cukup besar, kamu bisa mengharapkan gadget atau komputer kamu dapat mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu dengan lancar.

Itu sebabnya besar kapasitas RAM yang ada pada smartphone maupun komputer kini sudah  sangat variatif. Dari mulai RAM 2 GB, 4 GB hingga 64 GB. Semakin besar kapasitas RAM maka pekerjaan yang bisa dilakukan oleh komputer atau gadget kita bisa semakin banyak, tanpa mengalami lag.

Contoh kejadian yang kita alami adalah saat kamu bisa membuka banyak aplikasi pada smartphone tanpa hang, maka itu berarti besarnya ukuran RAM HP kamu cukup memadai.

Dynamic Random Access Memory (DRAM) Dan Static Random Access Memory (SRAM)

Terdapat dua tipe utama dari RAM yaitu Dynamic Random Access Memory (DRAM) dan Static Random Access Memory (SRAM). RAM yang pada umumnya digunakan pada PC adalah jenis Dynamic RAM atau DRAM. Salah satu alasannya adalah karena Dynamic RAM ini harganya jauh lebih murah daripada Static RAM (SRAM).

Selain itu DRAM juga lebih cocok untuk berbagai pekerjaan yang membutuhkan memory yang besar. Dynamic RAM (DRAM) memerlukan refreshing atau penyegaran ulang secara periodik, agar data yang tersimpan tidak lenyap karena hilangnya muatan kapasitor.

Baca juga: 4 Notebook Murah Dan Berkualitas Dengan Harga Rp 1 Jutaan!

DRAM juga lebih sederhana dan tidak memerlukan ruang yang terlalu banyak pada board. Bila dibandingkan dengan SRAM maka untuk jumlah memory yang sama, SRAM membutuhkan ruang hingga empat kali lebih besar daripada DRAM.

Sedangkan Static RAM atau SRAM lebih sering digunakan sebagai cache memory karena pada umumnya Static RAM jauh lebih cepat daripada Dynamic RAM. Perbedaan lain di antara keduanya adalah, Static RAM tidak memerlukan refreshing seperti halnya Dynamic RAM.

Sesuaikan Ukuran Kapasitas RAM Dengan Kebutuhan

kapasitas RAM Komputer

Besarnya kapasitas RAM akan menaikkan harga jual gadget atau laptop. Setelah mengetahui apa itu RAM komputer kita juga perlu memahami bahwa sebaiknya kapasitas RAM pada gadget atau computer yang dipilih adalah yang mencukupi kebutuhan.

Dengan demikian tidak ada rupiah yang terbuang percuma saat membeli smartphone atau laptop demi RAM kapasitas besar, yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Misalnya kebutuhan RAM yang besar baik pada smartphone maupun laptop biasanya karena adanya kebutuhan untuk bermain game. Sebab dibutuhkan RAM sebesar 6-8 GB agar desain game terlihat bagus dan permainan game berjalan lancar.

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah aktivitas desain grafis pada komputer, karena aktivitas ini memerlukan komputer dengan kapasitas RAM yang besar. Semakin besar kapasitas RAM maka proses desain dan editing akan semakin cepat.

Salah satu penyebabnya adalah software desain grafis akan menghabiskan banyak memori pada PC. Oleh karena itu komputer dengan kapasitas minimal 8 GB yang setidaknya dipilih untuk melakukan berbagai tugas desain grafis pada komputer.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close