Inspirasi

8 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman budaya dan seni, beragam karya kerajinan diciptakan oleh suku-suku di Indonesia dan menjadi ciri khas yang menarik untuk dipelajari. Salah satunya adalah kerajinan alat musik di mana terdapat beragam alat musik tradisional Indonesia yang sudah mendunia.

Alat Musik Tradisional asal Indonesia

Ada banyak alat musik tradisional asal Indonesia yang terkenal di seluruh dunia, mari kita simak delapan alat musik tersebut:

1. Sasando

Sasando

Sasando merupakan alat musik yang berasal dari Pulau Rote yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sasando merupakan alat musik yang terbuat dari batang bambu dan daun lontar yang dikeringkan dimana bentuknya menyeruapi harpa dan dimainkan dengan cara dipetik.

Untuk melestarikannya ada beberapa pemain Sasando yang berinovasi untuk menciptakan Sasando listrik, alat musik ini pernah muncul di lembaran uang rupiah Rp5.000 tahun emisi 1992.

2. Gamelan

Gamelan

Gamelan merupakan alat musik ansambel yang berasal dari Jawa, Sunda, dan Bali. Gamelan biasanya terdiri dari beberapa alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, dipukul, dan digesek, alat-alat musik tersebut adalah alat musik Bonang, Gender, Gong, Kendhang, Kenong, Peking, Saron, Slenthem, Gambang, Siter, Kemanak, Seruling, dan Rebab.

Gamelan merupakan music yang digemari oleh musisi dunia  bahkan gamelan juga masuk sebagai mata pelajaran beberapa sekolah di Selandia Baru dan Amerika Serikat

3. Angklung

Angklung

Angklung merupakan alat musik khas dari Provinsi Jawa Barat dan Banten, angklung dibuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan, alat musik ini juga sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2010. Pada 2011, sebanyak 5.182 orang dari beragam negara memecahkan Rekor Dunia “Bermain Angklung Bersama”, acara ini dilangsungkan di Ibu Kota Amerika Serikat yaitu Washington D.C.

4. Tifa

Tifa

Tifa adalah alat musik tradisional khas yang berasal dari Indonesia bagian timur tepatnya dari Maluku dan Papua. Tifa merupakan alat musik yang terbuat dari kayu yang berbentuk tabung kosong dimana salah satu sisi tabung ditutupi dengan kulit.

Baca juga: 11 Desa Terindah di Dunia, diantaranya ada di Indonesia

Tifa dimainkan dengan cara dipukul, masyarakat biasanya menggunakan Tifa untuk mengiringi tarian perang. Tifa juga menjadi oleh-oleh khas yang bisa kalian bawa pulang ke rumah jika mengunjungi tanah papua atau maluku.

5. Gambus

Gambus

Gambus merupakan alat musik asal Pulau Sumatera tepatnya dari daerah Riau. Alat musik ini berbentuk seperti mandolin dan dimainkan dengan cara dipetik dan kental dengan irama melayu dan arab.

Beberapa musisi populer yang memainkan gambus adalah Orkes Gambus El Bass, Balasyik, Muhdar Alatas & Mustafa Abdullah.

6. Kacapi

Kacapi

Kacapi merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat, alat musik ini berbentuk kotak berongga yang memiliki lima senar, cara memainkannya adalah dengan memetiknya seperti bermain gitar.

7. Kolintang

Kolintang

Kolintang atau kulintang adalah alat musik yang berasal dari Sulawesi Selatan, alat musik perkusi ini terdiri dari deretan gong kecil yang disusun mendatar yang akan bersuara ketika dipukul.

Biasnaya alat musik ini dimainkan berdampingan dengan gong dan drum. Kolintang tidak hanya ditemukan di Indonesita tetapi juga di Malaysia dan Thailand.

8. Saluang

Saluang

Saluang merupakan alat musik yang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatera Barat. Saluang merupakan alat musik tiup yang berbentuk menyerupai suling, saluang hanya memiliki empat lubang karena itu alat musik ini lebih sederhana dibandingkan suling. Biasanya Saluang dibuat menggunakan bambu tipis.

Show More

Juragan

Portal Informasi Terbaru dan Kumpulan Kolega Bisnis Online Terpercaya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close