Properti

3 Keunikan Folding Door Yang Buat Kamu Langsung Tertarik

Bagai centernya sebuah bangunan, pintu selalu mendapatkan perhatian sejak pertama kali bangunan berdiri. Pada sejumlah bangunan bahkan pintu menjadi daya tarik. Misalnya pintu seribu di Lawang Sewu. Penggunaan pintu di masyarakat kita ternyata masih menggunakan desain yang general dan sangat sederhana. Dengan bentuk persegi panjang, pintu biasanya memiliki satu atau dua daun pintu. Padahal sebenarnya pintu termasuk salah satu aksen yang bisa dimodifikasi dan mampu menambah nilai keindahan suatu bangunan.

Dengan penggunaan material yang tepat, pintu tidak hanya sebagai pengantar satu ruang ke ruang lainnya. Namun juga menjadi pemanis ruangan. Misalnya saja folding door atau pintu lipat yang terbuat dari perpaduan kayu dan kaca. Sepertiga material pintu diisi oleh kayu sebagai bingkai serta bagian bawah, sementara untuk bagian atas pintu diisi dengan material kaca. Jenis pintu yang demikian cocok sekali untuk diterapkan di rumah-rumah bergaya minimalis atau pun bangunan komersil seperti restoran dan kafe.

Bernilai Seni, Ini Dia 3 Keunikan Folding Door

Meski sering ditemukan pada sejumlah rumah dan bangunan, namun penggunaan pintu lipat masih terbatas pada gudang, pertokoan atau pun garasi. Padahal seperti contoh yang sudah kami berikan sebelumnya, jenis pintu yang satu ini mampu memberikan nilai seni dan estetik yang tidak main-main. Selain itu pintu lipat juga ramah untuk dipadukan dengan sejumlah gaya rumah. Katakan saja minimalis, modern dan rustik. Dengan penggunaan material yang tepat, bukan tidak mungkin kamu menemukan inovasi baru.

Berikut ini telah kami rangkumkan tiga keunikan folding door yang mampu membuat kamu tertarik untuk menerapkannya. Simak ulasan di bawah ini.

1. Dimensi Besar Namun Tidak Merusak Tema

folding door kaca

Konsep pintu yang satu ini memang makan tempat. Karena didesain untuk memenuhi sisi bangunan dari satu ujung ke ujung lainnya. Namun kamu tidak perlu khawatir ukurannya yang besar akan makan tempat dan merusak nilai estetik yang berusaha kamu bangun. Sebab pintu lipat didesain memanjang dengan panel-panel berukuran lebih kecil yang dapat dilipat dan didorong ke sisi-sisi bangunan. Dengan demikian, kehadiran pintu lipat ini tidak akan merusak tema yang kamu bangun alih-alih memberikan keleluasaan yang tidak bisa kamu dapat dari pintu jenis biasa.

2. Lebih Sulit Dibobol, Keamanan Terkendali

folding door

Pernah tidak kamu berpikir kenapa pintu lipat kebanyakan digunakan di garasi atau pun halaman muka pertokoan? Yang mana keduanya adalah bagian-bagian terluar dari konstruksi bangunan. Bukan sembarang pakai, namun folding door dipasang di muka bangunan sebab memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena lebih sulit untuk dibobol. Sehingga keamanan barang-barang dan para penghuni di baliknya pun semakin tinggi.

3. Panel Berukuran Mini Mudah Dimodifikasi

folding door mini

Salah satu kekhawatiran saat membuat pintu dengan ukuran besar adalah penggunaan material yang akan mendominasi. Sehingga kesan monoton dan bosan lebih terlihat menguasai ruangan. Selain itu ruangan pun akan terasa lebih statis dan kaku. Dengan panel berukuran mini dan jumlah yang banyak, folding door memiliki keunggulan dalam hal modifikasi desain.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa pintu jenis ini lebih ramah dalam hal penggunaan material. Kamu bisa memadukan sejumlah material seperti kaca dengan kerangka aluminium, kaca bening dengan kayu, kayu dengan kaca patri, frozen glass dengan kayu atau pun full kaca seperti pada pintu kantor dan mall. Kamu bahkan bisa memberikan motif yang berkesinambungan antara satu panel dengan panel lainnya.

Show More

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close